ISLAMISASI NUSANTARA DAN PROSES PEMBENTUKAN MASYARAKAT MUSLIM

  • Miftakhul Jannah Muhammad Nur Hadi

Abstract

Penyebaran Islam di Indonesia di indikasikan dibawa oleh para pedagang dari berbagai Negara, pertumbuhan komunitas Islam bermula diberbagai pelabuhan-pelabuhan penting di Sumatera, jawa, dan daerah-daerah pesisir lainnya. Kerajaan-kerajaan Islam yang pertama berdiri didaerah pesisir, seperti kerajaan samudra pasai, Aceh, Demak,Banten, dan Cirebon. Sejarah Islamisasi di nusantara juga tidak terlepas dari aspek kehidupan raja-raja terdahulunya yang telah memberikan banyak kebudayaan yangtetap kental dalam kehidupan masyarakat Indonesia, baik dalam penyebaran agama Islam itu sendiri. Adapun salah satu contoh peninggalan zaman kerajaan yang tetap berdiri kokoh sampai sekarang adalah dengan berdirinya masjid kudus yang merupakan kolaborasi kehidupan antara agama hindu dan Islam.

Author Biography

Miftakhul Jannah Muhammad Nur Hadi

Universitas Yudharta Pasuruan

References

M.C. Ricklefs, Sejarah Indonesia Modern (Yogyakarta:Gajah Mada University Press, 1991)

Azyumardi Azra, Islam Nusantara: Jaringan Global dan Lokal (Bandung: Mizan, 2002)

P.A. Hosein Djadjadiningrat, “Islam di Indonesia”, dalam Kennet Morgan, ed., Islam Djalan Mutlak, terj. Abu Salamah, ddk. (Djakarta : PT. Pembangunan, 1963).

Sumanto Alqurtuby, Arus Cina-Islam-Jawa (Yogyakarta: Inspeal Ahimsakarya Press dengan Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Jakarta, 2003).

Peter Carey, Orang Jawa dan Masyarakat Cina 1755-1825 (Jakarta: Pustaka Azet, 1985).

Mohamad Habib Mustopo, Kebudayaan Islam dijawa Timur: Kajian Beberapa Unsur Budaya Masa Peralihan (Yogyakarta: Jendela, 2001).

Mohamad Habib Mustopo, Kebudayaan Islam dijawa Timur: Kajian Beberapa Unsur Budaya Masa Peralihan (Yogyakarta: Jendela, 2001).

Hasan Muarif Ambary, Menemukan Peradaban.JejakArkeologis dan Historis Islam Indonesia(Jakarta: Logos, 1998).

A. Cortesao, (ed. & transl.).,The Suma Oriental of Tome Pires and The Book of Francisco Rodrigues, jilid.2, (London, The Hakluyt Society, 1944).

R.Soekmono,Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia,jilid kedua (Yogyakarta: Kanisius, 1973).

Sartono Kartodirjo,Pengantar Sejarah Indonesia Baru: 1500-1900, Dari Emporium Sampai Imperium, Jilid 1 (Jakarta: Gramedia, 1987).

H.J. De Graaf & TH. Pigeaud, Kerajaan Islam Pertama di Jawa, (Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti, 2001),

Mundzirin Yusuf, dkk., Sejarah Peradaban Islam di Indonesia, (Yogyakarta: Pustaka, 2006).

Published
2018-10-17
How to Cite
Muhammad Nur Hadi, Miftakhul Jannah. “ISLAMISASI NUSANTARA DAN PROSES PEMBENTUKAN MASYARAKAT MUSLIM”. Journal Multicultural of Islamic Education 2, no. 1 (October 17, 2018). Accessed March 29, 2024. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ims/article/view/1221.
Section
Artikel