IMPLEMENTASI METODE QUR’ANI SIDOGIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN DI MADIN NURUL HUDA LEBAKREJO

  • Mokhamad Rifa’i Universitas Yudharta Pasuruan
  • Syaifallah . Universitas Yudharta Pasuruan
  • Muhammad Yusuf Wijaya Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Metode Qur’ani Sidogiri, Kemampuan Membaca al Qur’an

Abstract

Kita sebagai umat Islam dituntut untuk selalu membaca dan mempelajari al Qur’an sesuai dengan SK yang telah dikeluarkan oleh mentri Agama RI yang mengharuskan setiap orang Islam untuk selalu meningkatkan kemampuan Membaca al Qur’annya.Untuk mencapai tujuan tersebut, maka pada saat ini banyak lembaga-lembaga pengkaji al Qur’an mencetuskan atau membuat metode pembelajaran al Qur’an yang bermacam-macam.

Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan dan menganalisis implementasi metode Qur’ani Sidogiri meningkatkan kemampuan membaca al Qur’an, (2) Mendeskripsikan dan menganalisis kelebihan dan kekurangan dari metode Qur’ani Sidogiri meningkatkan kemampuan membaca al Qur’an, (3) Mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat pada penggunaan metode Qur’ani Sidogiri meningkatkan kemampuan membaca al Qur’an.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif.Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Implementasi metode Qur’ani Sidogiri di Madrasah Diniyah Nurul Huda menggunakan pendekatan Student Center, (2) faktor pendukung dan penghambat yang terjadi pada penerapan metode berasal dari dalam (intern) dan juga dari luar (ekstern).

References

A. Sudarsono Munir, Ilmu Tajwid dan Seni Baca Al-Qur‟an.(Jakarta: PT. Rineka Cipta1994.)
WADUD ABD,Dkk, Qur’an Hadist kurikulum GBPP 1994 (Semarang,karya Toha Putra,1995)
Hermawan. Acep,,Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Jakarta: Remaja Rosda Karya, 2011)
Furchan, Arief,Pengantar Petode Penelitian Kualitatif. (Surabaya: usaha nasional,1992).
Bagong, Suyanto, Metode Penelitian Sosial. (Jakarta: fajar interpratama offset2006.)
Departemen Agama RI,Al-Qur’an Tajwid dan Tarjamah (Pondok Bambu Jakarta: Maghfirah Pustaka, 2006)
DEPDIKBUD RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka 1995a)
Dimyati dkk, Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: PT Rineka Cipta,2002)
Dimyati, Mahmud, Psikologi Pendidikan : suatu pendekatan terapan, (BPFE, 1990),
Djam’an Satori, dkk. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2010)
Documentsi Madin Nurul Huda Lebakrejo
Siregar, Evelin, dkk, Teori Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2010)
Faishol, Cara Mudah Belajar Ilmu Tajwid. (Malang: UIN-Maliki Press 2010),
Hamid, Farida, Kamus Ilmiah Populer ( Surabaya: Apollo),
Hadari, Nawawi, Kepemimpinan (1989),
Hernawan, H A dkk, Belajar dan Pembelajaran, (Bandung: Upi Press, 2007)
https://sidogiri.net/2014/10/mqs-lebih-tekankan-lagu-dan-etika/ Tanggal 10 Juli 2018
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2007. (Cetakan keempat. Jakarta:Balai Pustaka,2007)
Khanifatul, Pembelajaran Inovatif. (Yogjakarta: PT Ar-ruzz Media,2014)
Kurikulum Madrasah2013.Akidah Akhlak untuk MTs dan yang sederajat kelas
Moeloeng, lexy j, Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya,2002)
Wahyudi, Moh,Ilmu Tajwid Plus,(Surabaya: Halim jaya.Cetakan Ke-1,2007)
NazirMuh,Metode Penelitian. (Jakarta: Ghalia Indonesia 1993)
Said Muhammad, Pesan-Pesan Rosulullah Saw dalamMajelis Dzikir & Pikir ( Jakarta: Gema Insani, 2010),
Nasharuddin Baidan, Metode Penafsiran al-Qur’an ( Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998),
Novi Ardi Wijayani, Desain Pemelajaran Pendidikan : Tata Rancang pembelajaran menuju pencapaian (Yogyakarta : Ar-Ruzz Media 2014),
Panduan Pengajaran Metode Qur’ani sidogiri
Azwar Saifuddin, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997)
Samsu Somadayo,Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. (Yogyakarta: GRAHA ILM,2011)
Soedarso, Sistem Membaca Cepat Dan Efektif. (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama,2007).
Sugiono,Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif R & A. (Bandung: Alfabeta, .2006)
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian,(Jakarta: Bina Aksara,1998)
Supiana dan Karman, Ulumul Qur’an dan pengenalan metode tafsir (Bandung: Pustaka Islamika, 2002)
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, (Jakrta: Rajawali Pers, 1990)
Thohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2005).
Published
2019-01-27
Section
Artikel