Main Article Content

M. Jamhuri M. Jamhuri

Seorang muslim diharapkan rnarnpu membaca al-Qur’an sebagai modal dasar untuk dapat memahami apa yang terkandung didalamnya. Berkenaan dengan hal tersebut, maka seorang muslim sewajibnya dapat membaca al-Qur’an kemudian mengajarkannya kepada yang belum bisa karena sebaik-baik seorang muslim adalah yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya. Penggunaan metode drill yang diterapkan di SMK Dewantoro dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa bertujuan agar siswa memiliki ketangkasan atau keterampilan dalam sesuatu, misalnya dalam memahami huruf maupun suku kata dan membacanya.

Berangkat dari permasalahan di atas maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu apakah metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an siswa didi SMK Dewantoro Purwosari?

Jenis penelitian ini adalah  kualitatif, dengan hasil bahwa penggunaan metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an siswa. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana hasil pencapaian nilai hasil evaluasi yang diperoleh dari siswa-siswi tersebut dalam materi BTQ.

Abdul rahman & Sya’roni Mazmur.2006.Al-Qur’an Terjemah Bahasa Indonesia. Jakarta:Menara Kudus.
Anan, Asrul M.Pd dkk. Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Agama Islam. Universitas Yudharta Pasuruan
Arief Armai.2002.Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Arifin.2008.Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta:Bumi Aksara.
Arikunto Suharsimi.2006.Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: kalam mulia.
Channa liliek Aw.& Hidayat Syaiful.2011.Ulum al-Qur’an dan pembelajarannya. surabaya: Kopertais IV Pers.
Djamarah Syaiful B.&Zain Aswan.2010.Strategi BelajarMengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Drajat Zakiah, dkk.2001.Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Izzan Ahmad.2011.Ulumul Qur’an. Bandung: Tafakkur.
Moleong Lexy j. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad ali As-syabuny. 2003. Tibyan Fi Ulumul Qur’an. Jakarta: Darul Kitab Islamiyah.
Ramyulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.
Thoha Chabib, dkk. 2004. Metodologi Pengajaran Agama. Semarang: Pustaka Pelajar Offset.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.2008.Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Indonesia Legal Center Publising.
Usman Basyirudin. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Winarno Surachmad, 1999. Pengantar Penelitian Ilmu Dasar Metodik, Bandung: Tarsito.