TEKNOLOGI PENGOLAHAN KERUPUK SINGKONG RASA BALADO DARI PEMANFAATAN LIMBAH IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) DI DESA MOJOREJO BATU JAWA TIMUR

  • Ernawati Ernawati Universitas Yudharta Pasuruan
  • Hapsari Titi Palupi Universitas Yudharta Pasuruan
  • Eko Agus Alfianto Universitas Yudharta Pasuruan

Abstract

Limbah hasil perikanan biasanya dibuang begitu saja sehingga menjadi masalah bagi lingkungan berupa bau busuk, dan masalah estetika lingkungan. Pemanfaatan hasil limbah dapat meningkatkan nilai ekonomisnya dengan cara digunakan sebagai bumbu balado kerupuk singkong. Bumbu balado adalah cabe giling yang dicampur dengan beberapa bumbu lain kemudian ditambahkan jenis makanan tertentu antara lain teri, ikan dan lain-lain. Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kelompok usaha yang mandiri secara ekonomis dan mampu bersaing dalam era globalisasi, menerapkan teknologi pengolahan pangan tepat guna yang mempercepat proses usaha serta menurunkan biaya produksi. Selain itu juga untuk meningkatkan kreatifitas dalam diversifikasi olahan dan pemanfaatan limbah perikanan. Metode yang dgunakan adalah metode survei, metode pendekatan dengan Pemerintah Desa Mojorejo untuk mensinergiskan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan masalah peningkatan kualitas dan produktifitas kerupuk singkong, metode pelatihan dan penyuluhan terhadap mitra dan masyarakat sekitarnya, serta bimbingan pendampingan berkelanjutan. Berdasarkan hasil pelaksanaan program maka dapat disimpulkan bahwa secara umum kedua mitra sudah memiliki kemampuan membuat olahan kerupuk singkong berdasarkan pengalaman yang cukup lama. Pelatihan yang diberikan dapat diterima oleh mitra dan masyarakat berdasarkan hasil survey kepuasan yang didapat. Kedua mitra mampu memanfaatkan alat teknologi tepat guna yang diberikan, serta peningkatan pemahaman mengenai manajemen sumberdaya manusia, manajemen keuangan dan pemasaran.

Kata kunci : Balado, Kerupuk, Lele, Limbah, Singkong

References

BPS. (2018). Statistik Indonesia 2018 (Pertumbuhan Produk Domestik Bruto).

Buckle KA, RA Edwards, GH Fleet, M Wootton. (2009). Ilmu Pangan. Penerjemah H. Purnomo dan Adi-ono. UI-Press, Jakarta.

Desrosier NW. (1988). Teknologi Pengawetan Pangan. Diter-jemahkan oleh M. Muljohardjo, UI Press, Jakarta.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. (2018). Sebaran Penduduk Kota Batu. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Batu.

Ginting, P. (2007). Sistem Pengolahan Lingkungan dan Limbah Industri. Yrama Widya. Bandung.

Handajani H, SD Hastuti, Sujono. (2013). Penggunaan Berbagai Asam Or-ganik dan Bakteri Asam Laktat Terhadap Nilai Nutrisi Limbah Ikan. Depik, 2(3): 126-132.

Kajuna STAR, VCK Silayo, A Mkenda, PJJ Makungu. (2001). Thin- Layer Drying Of Diced Cassava Roots. African Journal of Science and Technology (AJST) Science and Engineering (2)2: 94-100.

Lidiasari, Eka, Merynda, Friska S. (2006). Pengaruh Perbedaan Suhu Pen-geringan Tepung Tapai Ubi Kayu Terhadap Mutu Fisik dan Kimia yang dihasilkan. Jurnal Ilmu Per-tanian Indonesia (8) 2: 141-146.

Maligan JH, Mochamad N, Teti E, Ella S, Elok Z. (2011). Keripik Umbi Infe-rior Aneka Rasa. Modul Pengabdian Masyarakat. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

Selvya. (2013). Studi Pemanfaatan Limbah Ikan Dari Tempat Pele-langan Ikan (TPI) Dan Pasar Tradisional Sibolga Sebagai Bahan Baku Kompos. Tesis. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Wardayani NIA, Irma S, Tita A, Atih SH. (2008). Potensi Umbi-umbian dan Serealia dalam Menunjang Diver-sifikasi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal. Jurnal Riset Industri (2)1: 35-43.

Published
2018-08-30
How to Cite
Ernawati, E., Palupi, H. T., & Alfianto, E. A. (2018). TEKNOLOGI PENGOLAHAN KERUPUK SINGKONG RASA BALADO DARI PEMANFAATAN LIMBAH IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) DI DESA MOJOREJO BATU JAWA TIMUR. AGROMIX, 9(2), 1-10. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/AGROMIX/article/view/1262
Section
Articles