IMPLEMENTASI FIREBASE PADA SISTEM KENDALI LAMPU JARAK JAUH BERBASIS ANDROID

  • zainul abidin
  • Emil M. Bashofi

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih untuk dapat menyelesaikan kebutuhan manusia dari segala aspek. Listrik adalah salah satu kebutuhan manusia yang sangat berguna. Rendah atau tingginya pemakaian listrik tergantung pada tingkat kebutuhan manusia. Cara untuk membantu efisiensi anggaran biaya yang dikeluarkan akibat pemakaian listrik akibat. Lampu sebagai penerangan juga dapat terjadi pemborosan pemakaian listrik akibat nyala lampu terus menerus lupa dimatikan.

 

Pada peneltian sebelumnya penelitian yang mengembangkan teknologi sistem kendali On/Off lampu menggunakan koneksi bluetooth namun kendala pada penelitian tersebut adalah jarak jangkauan koneksi bluetooth berkurang jika jaraknya jauh. Maka penelitian ini mengusulkan metode firebase yang dapat mengirimkan data ke Esp8266(NodeMCU) untuk mengendalikan sistem On/Off  lampu.

 

Dengan sistem aplikasi Lamp Controller diharapkan mempermudah mengontrol lampu dari jarak jauh sehingga dapat menghemat pemakain listrik. Pada pengujian Responsif sisitem dengan keceptan bandwitch 1 Mbps menghasilkan waktu delay 3 detik dan jika kecepatan bandwitch 1,6 Mbps menghasilkan delay 1 detik, dengan ini meyatakan semaikin besar bandwitch semakin singkat delay yang terjadi. Pada pengujian kuisoner menyatakan sisitem aspek fungsional secara keseluruhan memiliki presaentase kalayakan 89,4 %. Hasil yang di dapatkan setelah membandingkan presntase kelayakan perangkat lunak  adalah disimpulkan kualitas fungsional sistem apliksi Lamp Controller memiliki kategori “sangat layak”.

 

Kata kunci: Lampu, firebase, esp8266(NodeMCU).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-09
How to Cite
[1]
zainul abidin and E. M. Bashofi, “IMPLEMENTASI FIREBASE PADA SISTEM KENDALI LAMPU JARAK JAUH BERBASIS ANDROID”, EXPLOIT, vol. 10, no. 2, pp. 50-62, Jan. 2019.
Section
Articles