Dampak Media Berbasis Gestur pada Pembelajaran Interaksi Manusia dan Komputer

  • Muhammad Afif Effindi Universitas Trunojoyo Madura
  • Wanda Ramansyah Universitas Trunojoyo Madura
  • Laili Cahyani Program Studi Pendidikan Informatika,Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Indonesia
  • Prita Dellia Program Studi Pendidikan Informatika,Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Indonesia
Keywords: Media Pembelajaran, Kinect

Abstract

Teknologi saat ini telah menawarkan beberapa perangkat lunak yang mendukung proses pembelajaran. Interaksi manusia dan komputer merupakan salah satu mata kuliah di program studi pendidikan informatika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunjoyo Madura yang tidak didukung oleh adanya mata kuliah praktikum. Selain itu, terdapat keterbatasan media dalam pembelajaran mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Maka, diusulkan pengembangan sebuah media pembelajaran berbasis gestur tubuh menggunakan “kinect sensor” pada mata kuliah interaksi manusia dan komputer. Melalui media ini, diharapkan pembelajaran secara inovatif dapat diterapkan selama perkuliahan. Sehingga, mahasiswa terbantu dalam memahami materi melalui contoh nyata. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE. Tahap awal yang dilakukan adalah survey dan analisis kebutuhan data dari kondisi di lapangan, yaitu pada mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer di lingkungan Program Studi Pendidikan Informatika. Tahap kedua adalah rancangan desain media pembelajaran. Tahap ketiga yaitu pengembangan media berbasis gestur tubuh menggunakan Kinect. Tahap keempat adalah implementasi kepada pengguna. Tahap terakhir yaitu evaluasi terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa dari 9 pertanyaan dengan 21 orang pengguna memberikan hasil respon rata-rata 80% dari jumlah maksimal. Hal tersebut berarti media pembelajaran berbasis gestur tubuh menggunakan “kinect sensor” pada mata kuliah interaksi manusia dan komputer ini dapat membantu memudahkan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

J. Urquiza-Fuentes and M. Paredes-Velasco, “Investigating the Effect of Realistic Projects on Students’ Motivation, the Case of Human-Computer Interaction Course,” Comput. Hum. Behav., 2016.

S. Saha, B. Ganguly, and A. Konar, “Gesture Based Improved Human-Computer Interaction Using Microsoft’s Kinect Sensor,” presented at the 2016 International Conference on Microelectronics, Computing, and Communications (MicroCom), Durgapur, India, 2016. doi: https://doi.org/10.1109/MicroCom.2016.7522582.

S. Saha, R. Lahiri, A. Konar, B. Banerjee, and A. K. Nagar, “HMM-based Gesture Recognition System Using Kinect Sensor for Improvised Human-Computer Interaction,” presented at the 2017 International Joint Conference on Neural Networks (IJCNN), Anchorage, AK, USA, 2017. doi: https://doi.org/10.1109/IJCNN.2017.7966198.

W. Zhi-heng, C. Jiang-tao, L. Jin-guo, and Z. Zi-qi, “Design of human-computer interaction control system based on hand-gesture recognition,” presented at the 2017 32nd Youth Academic Annual Conference of Chinese Association of Automation (YAC), 19-21 May 2017, Hefei, China, 2017. doi: https://doi.org/10.1109/YAC.2017.7967394.

C.-C. Chung and S.-J. Lou, “Physical Computing Strategy to Support Students’ Coding Literacy: An Educational Experiment with Arduino Boards,” Appl. Sci., vol. 11, no. 1830, 2021, doi: https://doi.org/10.3390/app11041830.

A. Vasilchenko, M. Venn-Wycherley, M. Dyson, and F. R. Abegao, “Engaging Social and Engineering Students in Computing Education Through Learner-Created Videos and Physical Computing Tools,” presented at the ACM Computing Education Practice Conference (CEP’20), Durham, United Kingdom, 2020. doi: https://doi.org/10.1145/3372356.3372372.

G. J. Roumen and Y. Fernaeus, “Envisioning Arduino Action: A Collaboration Tool for Physical Computing in Educational Settings,” Int. J. Child-Comput. Interact., vol. 29, no. 2021, 2021, doi: https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2021.100277.

Heru Kurniawan Ramadani, & Walidini Syaihul Huda. (2020). Game Edukasi Aksara Jawa Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Explore IT! : Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknik Informatika, 12(2), 87-92. https://doi.org/10.35891/explorit.v12i2.2281

Published
2021-06-30
How to Cite
[1]
Muhammad Afif Effindi, W. Ramansyah, Laili Cahyani, and Prita Dellia, “Dampak Media Berbasis Gestur pada Pembelajaran Interaksi Manusia dan Komputer”, EXPLORIT, vol. 13, no. 1, pp. 15-21, Jun. 2021.