PENGEMBANGAN BACKGROUND DATAR MELENGKUNG PADA FILM ANIMASI PENDEK “IN THE PHONE”
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan metode untuk pembuatan background datar yang melengkung pada animasi untuk mengakomodasi pergerakan kamera yang lebih variatif dan leluasa. Background animasi adalah salah satu elemen yang sangat penting untuk memberikan kehidupan dan nuansa pada adegan animasi. Background datar 2d umumnya dapat dibuat dengan cara menggambar secara manual maupun digital melalui komputer. Penggunaan background animasi datar 2d memiliki keterbatasan dalam pembuatan pergerakan kamera yang kurang variatif dan leluasa pada produksi animasi karena terbatas pada sumbu koordinat x dan y. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif practice-based research dengan mengadopsi metode action research dengan studi kasus. Peneliti melibatkan diri secara langsung dalam penyelidikan aksi kemudian dari hasil yang didapatkan diterapkan dalam studi kasus berupa produksi film animasi pendek berjudul “In the Phone”. Hasil penelitian ini didapatkan sebuah prototipe background datar melengkung pada animasi yang memiliki fleksibilitas pergerakan kamera dengan basis rotasi. Dan hasil dari penerapan pada produksi film animasi pada scene yang memerlukan pergerakan kamera memutari sebuah objek sebagai sumbu tengah perputarannya. Dari hasil analisis oleh peneliti, teknik pembuatan background datar yang melengkung pada animasi dirasa cukup efektif dalam mengakomodasi kebutuhan pergerakan kamera memutar yang tidak terlalu kompleks.
References
Cowley, L.-B. (2022). Model, Print, Shoot, Repeat: an Investigation into the Impact of 3d Printing as a Tool In The Stop-Motion Animation Industries. [Disertation]. University of the West of England.
Ghertner, E. (2010). Layout and Composition for Animation. Focal Press.
Kar, B., & Tripathy, R. (2018). 2D Animation (S. Padhi, C. R. Mishra, P. Das, O. A. Munda, A. B. Bishnu, & S. Sahu, Eds.). Odisha State Open University; Commonwealth of Learning (COL).
O’Hailey, T. (2015). Hybrid Animation: Integrating 2D and 3D Assets (2nd ed.). Focal Press.
Oktaviani, D. D. (2019). Konsep Fantasi dalam Film. Rekam : Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 15(2), 125–136. https://doi.org/10.24821/REKAM.V15I2.3356
Rall, H. (2017). Animation From Concept to Production (1st ed.). CRC Press. https://doi.org/10.1201/b22170
Sahda, T. S., Budiman, A., & Mario, M. (2021). Perancangan Background Untuk Animasi 2d “menjaga Rinjani.” EProceedings of Art & Design, 8(3). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/16052/15763
Whitaker, H., & Halas, J. (2021). Timing for animation (3rd ed.). CRC Press.
White, T. (2006). Animation from pencils to pixels: classical techniques for digital animators. Focal.
Copyright (c) 2023 Alvindra Surya Wardana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors send the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the authors and retains publishing rights without restriction