ANALISIS KESIAPAN STKIP PGRI PASURUAN DALAM PENGEMBANGAN MENUJU UNIVERSITAS
Abstract
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, setiap Perguruan Tinggi mempunyai berbagai cara sendiri untuk mengoptimalkan perannya di dunia pendidikan. Peran STKIP PGRI Pasuruan akan berubah menjadi Universitas sejak tahun 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan perubahan bentuk STKIP PGRI Pasuruan menjadi Universitas; untuk mengetahui kesiapan STKIP PGRI Pasuruan yang diindikasikan dengan sumber daya manusia, infrastruktur dan program studi dan untuk mengetahui kendala dalam proses pengembangan STKIP PGRI Pasuruan menuju Universitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed methods.Metode mixed methods adalah metode penelitian yang menggabungkan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan cara mencampur kedua metode tersebut secara seimbang (50% metode kuantitatif dan 50% metode kualitatif). Hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, alasan perubahan bentuk STKIP PGRI Pasuruan menjadi Universitas: (a) Perubahan STKIP PGRI Pasuruan menjadi Universitas telah memberi kesempatan kepada masyarakat, khususnya lulusan dari SMA/MA/SMK calon mahasiswa untuk mendapatkan ilmu di bidang non pendidikan; (b) STKIP PGRI Pasuruan ingin mempertahankan eksistensi perguruan tinggi di tengah-tengah masyarakat yang semakin dinamis dan kompleks akan kebutuhan dunia kerja di bidang non pendidikan; (c) untuk meningkatkan pandangan masyarakat jika STKIP PGRI Pasuruan sudah berubah menjadi Universitas. Kedua, parameter SDM adalah kategori siap, parameter infrastruktur adalah kategori tidak siap dan parameter program studi adalah kategori tidak siap pada saat penelitian ini dilakukan. Ketiga, masalah kendala terkait perubahan bentuk STKIP PGRI Pasuruan dalam pengembangan menuju Universitas adalah proses perijinan dari Kementrian yang sampai saat ini masih belum turun.References
Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatwa, A.M. 2012. STKIP Sebagai Ladang Persemaian Guru Profesional. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), (http://edukasi. kompasiana.com/2012/07/ 10/stkip-sebagai-ladang-persemaian-guru-profesional-470433.html), diakses 21 Februari 2014.
Grigg, N. & Fontane G.D. 2000. Infrastructure System Management & Optimization. Internasional Seminar “Paradigm & Strategy of Infrastructure Management” Civil Engeenering Departement Dipononegoro University.
Muslimin, I. 2013. Studi Kepemimpinan Profesor Imam Suprayogo Dalam Mengimplementasikan Perubahan Kelembagaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi Nomor 234/U/2000.
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. 2010. Universitas Negeri Malang. Peraturan Pemerintah RI Nomor 12 Tahun 2010. Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Prastowo, A. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Sejarah Universitas Muhammdiyah Bengkulu. (Online), (http://umb.ac.id/v2/?page_id=495), diakses 8 Ma-ret 2014. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
STKIP PGRI Tulungagung Akan Menjadi Universitas. 2013. (Online),(http://ukmiklim. blogspot. com/2012/09/stkip-pgri-tulungagung-akanmenjadi.html), diakses 8 Maret 2014.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi Mixed Method. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunatha, F. 2001. Universitas Putra Indonesia (YPTK) Padang: Dari Akademi Menjadi Universitas. Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2013. Tentang Pendidikan Tinggi. Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
The author sends the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the author and retains publishing rights without restriction.
Copyright includes the non-exclusive right to reproduce and submit articles in all forms and media, including reprints, photographs, microfilm, and other similar reproductions, as well as translations. Reproduction of any part of this journal, its storage in the database, and its transmission by all forms of media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopying, recording, magnetic media, etc.