PERBEDAAN KONSEP DIRI NEGATIF ANTARA REMAJA YANG SEKOLAH DAN REMAJA YANG PUTUS SEKOLAH

  • Nurul Uliyah
  • Abdul Amin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan konsep diri negatif antara remaja yang sekolah dan remaja yang putus sekolah. Metode survei digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan skala konsep diri negatif. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja sekolah (N=30) dan remaja yang putus sekolah (N=30) di desa Bayeman. Hasil korelasi Product Moment dari Pearson menunjukkan signifikan bahwa remaja putus sekolah memiliki konsep diri negatif. Hasil analisis uji t-Antar kelompok menunjukkan bahwa remaja yang sekolah memiliki konsep diri lebih positif, sedangkan konsep diri negatif dimiliki oleh remaja yang putus sekolah.

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik (Ed. Rev. VI). Jakarta : PT. Rineka Cipta

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik (Ed. Rev. VI). Jakarta : PT. Rineka Cipta

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Azwar, S. 2009. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. 2009. B. Tes Prestasi, Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar (Ed. 2). Yogyakarta : Pustaka Pelajar Arikunto, S. 1993. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Chaplin, J.P. 1981. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hadi, S.1976 Metodologi Research, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGN Yogyakarta

Hurlock, E. 2001. Psikologi Perkembangan. Edisi 5. Jakarta : Erlangga.

Kelly, F, K. 2007. Psikologi Kepribadian 1. Tidak diterbitkan. Universitas Yudharta Pasuruan.

Kelly, F, K. 2007. Statistik I. Tidak diterbitlan. Universitas Yudharta Pasuruan.

Muhammad, A & Muhammad, A. 2005. Psikologi Remaja. Jakarta : Bumi Aksara

Ngalim, P. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Poerwadarminta, WJ.S.1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Riduwan. 2002. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: PT. Alfabeta.

Risnawita & Ghufron. 2010. Teori-Teori Psikologi. J0gjakarta : Ar-Ruzz Media

Sunarto & Hartono, A. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Santrock, J, W. 2007. Remaja. Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama

Published
2014-09-01
How to Cite
Uliyah, N., & Amin, A. (2014). PERBEDAAN KONSEP DIRI NEGATIF ANTARA REMAJA YANG SEKOLAH DAN REMAJA YANG PUTUS SEKOLAH. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 2(2), 80-88. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/1071
Section
Articles