PERBEDAAN KONSEP DIRI NEGATIF ANTARA REMAJA YANG SEKOLAH DAN REMAJA YANG PUTUS SEKOLAH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan konsep diri negatif antara remaja yang sekolah dan remaja yang putus sekolah. Metode survei digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan skala konsep diri negatif. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja sekolah (N=30) dan remaja yang putus sekolah (N=30) di desa Bayeman. Hasil korelasi Product Moment dari Pearson menunjukkan signifikan bahwa remaja putus sekolah memiliki konsep diri negatif. Hasil analisis uji t-Antar kelompok menunjukkan bahwa remaja yang sekolah memiliki konsep diri lebih positif, sedangkan konsep diri negatif dimiliki oleh remaja yang putus sekolah.References
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik (Ed. Rev. VI). Jakarta : PT. Rineka Cipta
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik (Ed. Rev. VI). Jakarta : PT. Rineka Cipta
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Azwar, S. 2009. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. 2009. B. Tes Prestasi, Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar (Ed. 2). Yogyakarta : Pustaka Pelajar Arikunto, S. 1993. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta
Chaplin, J.P. 1981. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Hadi, S.1976 Metodologi Research, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGN Yogyakarta
Hurlock, E. 2001. Psikologi Perkembangan. Edisi 5. Jakarta : Erlangga.
Kelly, F, K. 2007. Psikologi Kepribadian 1. Tidak diterbitkan. Universitas Yudharta Pasuruan.
Kelly, F, K. 2007. Statistik I. Tidak diterbitlan. Universitas Yudharta Pasuruan.
Muhammad, A & Muhammad, A. 2005. Psikologi Remaja. Jakarta : Bumi Aksara
Ngalim, P. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Poerwadarminta, WJ.S.1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Riduwan. 2002. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: PT. Alfabeta.
Risnawita & Ghufron. 2010. Teori-Teori Psikologi. J0gjakarta : Ar-Ruzz Media
Sunarto & Hartono, A. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Santrock, J, W. 2007. Remaja. Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama
The author sends the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the author and retains publishing rights without restriction.
Copyright includes the non-exclusive right to reproduce and submit articles in all forms and media, including reprints, photographs, microfilm, and other similar reproductions, as well as translations. Reproduction of any part of this journal, its storage in the database, and its transmission by all forms of media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopying, recording, magnetic media, etc.