PERBEDAAN KEMANDIRIAN ANAK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AREA DENGAN MODEL BERBASIS KLASIKAL DI USIA TAMAN KANAK-KANAK

  • Mulusi S.Psi
  • M. Wardianto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemandirian anak antara model pembelajaran berbasis area dengan model pembelajaran berbasis klasikal di usia Taman Kanak-kanak. Metode survey digunakan dalam penelitian ini, menggunakan skala kemandirian anak yang diisi oleh orangtua anak.Populasi penelitian ini 70 anak dengan pendidikan berbasis klasikal di PAUD Pratiwi Sukorejo, dan 67 anak denganpendidikan berbasis area di PAUD Ma’arif 01 Sukorejo.Pengambilan sampel tehnik Purporsive Non Random sampling.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t-antar kelompok. Hasil analisa data menunjukan ada perbedaan yang sangat signifikan rata-rata kemandirian anak antara model pembelajaran area dengan model pembelajaran klasikal (uji-t = 10,45844595 dengan t-tabel 1% = 2,660, t-hitung ≥ t-tabel 1%)

References

Arikunto, 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2008. Reliabilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka belajar.

Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2000. Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Anak Dini Usia: Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

_________. 2002. Acuan Menu Pembelajaran Anak Dini Usia (Menu Pembelajaran Generik). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

_________. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Kurikulum Hasil Belajar Rumpun Pelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

_________. 2003. Satndar Kompetensi Pendidikan Anak Dini Usia Taman Kanak-kanak dan Raudatul Athfal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

_________. 2004. Kurikulum TK dan RA Standar Kompetensi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dinpenkabpas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini. Pasuruan: Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan.

_________. 2011. Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Taman Kanak-kanak. Pasuruan: Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan.

Kelly, F.K. 2007.Statistik Psikologi.Diktat tidak diterbitkan Pasuruan:Universitas Yudharta Pasuruan.

Hadi, S. 2000. Bimbingan Menulis Skripsi Thesis Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Hasanah, I. 2011. Intregited learning system method. Surabaya: Indah Media.

Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kartawijaya, A dan Kuswanto, K ., 1996. Mendidikan anak Untuk Mandiri. Jakarta: Kencana Prenada Goup.

Liee, P. & Prasasti, S. 2004. 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Jakarta: Gramedia.

Mutiah, Diana. 2010. Piskologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Prianto, R.M. 2003.Perilaku Anak Usia Dini, Kasus dan Pemecahannya. Yogyakarta: Kanisius.

PADU. 2004. Potret Pengasuhan, Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rubiyanto, N. & Haryanto, D. 2010.Strategi Pembelajaran Holistik Di sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Santoso, G. 2007. Metode Penelitian. Jakarta: Pustaka Nasional.

Soenaryo, S.F. 2003.Refleksi Hari Pendidikan Nasional Taman Indria Versi Ki Hajar Dewantara. Malang: Cipta Indah.

Sukmadinata.2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, M. 2003. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Syah, M. 1999. Psikologi Belajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Yus, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Choiriah, H. 09 April 2011. Metode Pembelajaran Anak Usia Dini (http://anisachoeriah-paud.blogspot.com/2011/04/makalah-metode-belajar-bai-anak-usia.html)

Rifameutia, A. 11 Februari 2009. Pendidikan Kemandirian Anak Usia Dini (http://paud-usia-dini.blogspot.com/)

Yuna, A. 10 Juni 2009: Kemandirian (http://teori kemandirian.blogspot.com/)

Sumarno, A. 07 Januari 2009 (http://elearning.unesa.ac.id/ myblog/ alim-sumarno/pembelajaran-klasikal)

Published
2013-09-02
Section
Articles