Meningkatkan Partisipasi Relawan Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan dalam Perilaku Pendistribusian Hasil Ziswaf Melalui Pendekatan Appreciative Inquiry

  • Perdana Kusuma Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
  • Dianti Endang Kusumawardhani Program Studi Psikologi Terapan Intervensi Sosial, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Depok 16424, Indonesia
  • Sri Rochani Soesetio Program Studi Psikologi Terapan Intervensi Sosial, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Depok 16424, Indonesia
Keywords: partisipasi, relawan Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan, Appreciative Inquiry, Mustahik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi relawan Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan dalam perilaku pendistribusian hasil ZISWAF melalui pendekatan Appreciative Inquiry. Dengan menggunakan metode eksperimen static group comparison, peneliti membagi partisipan yang merupakan relawan Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan ke dalam dua kelompok secara acak untuk membandingkan partisipasi yang diberikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.  Sebagai dasar dari terwujudnya partisipasi, Penelusuran motivasi para relawan pun dilakukan menggunakan alat ukur volunteer function inventory untuk mengetahui motivasi dasar para relawan. Pengolahan data menggunakan SPSS 20 menunjukkan bahwa mayoritas relawan telah menjadikan value sebagai motivasi untuk bergabung menjadi relawan Dompet Dhuafa Sulsel. Hasil penelitian intervensi ini menunjukkan bahwa para relawan yang diberikan perlakuan Appreciative Inquiry mampu menunjukkan peningkatan partisipasi dengan menghasilkan program kegiatan kemanusiaan untuk para mustahik, mempersiapkan pelaksanaan kegiatan dan menunjukkan tingkat kehadiran yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol pada saat pelaksanaan kegiatan. 

References

Anggraeni, V. D. (2010) Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pengurangan resiko bencana banjir di RW 03 Cawang Jakarta Timur melalui tehnik appreciative inquiry. Tesis. Universitas Indonesia. Depok.

Clary, E. G., Snyder, M., Ridge, R. D., Copeland, J., Stukas, A. A., Haugen, J., et al. (1998). Understanding and assessing the motivations of volunteers: A functional approach. Journal of Personality and Social Psychology, 74(6), 1516-1530.

Cooperrider, D. L., & Whitney, D. (2005). Appreciative inquiry: A positive revolution in change. California: Berrett-Koehler Publishers, Inc.

Cooperrider, D. L., Whitney, D., & Stavros, J. M. (2008). Appreciative inquiry handbook: For leaders of change (2nd ed.). Ohio: Crown Custom Publishing, Inc.

Daftar lembaga keagamaan yang disahkan. (2016). Diperoleh 9 Agustus 2016, dari http://www.pajak.go.id/content/122211-daftar-lembaga-keagamaan-yang-disahkan.

Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan. (2016). Diperoleh 9 Agustus 2016, dari http://www.ddsulsel.org/.

Johnson, D.W., & Johnson, F. P. (2012). Joining together : Group theory and group skill. New York : Pearson Education Company.

Maslow, A. H. (1970). Motivation and Personality. (2nd ed.). New York: Harper & Row Publishers.

Siagian, S. P. (1989). Teori motivasi dan aplikasinya. Jakarta. Bina Aksara.

Tannenbaum, R., et al. (1992). Partisipasi dan dinamika kelompok. Semarang: Dahara Prize.

Published
2021-05-07
Section
Articles