Psikoedukasi Bullying untuk Meningkatkan Efikasi Guru SMA dalam Menangani Bullying

  • Shearen Yen Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Prima Indonesia
  • Bella Natascia Collent Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Prima Indonesia
  • Karen Karen Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Prima Indonesia
  • Sri Hartini Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Prima Indonesia
Keywords: efikasi diri, bullying, psikoedukasi

Abstract

Fenomena bullying merupakan suatu permasalahan umum yang dapat dijumpai di banyak tempat, salah satunya adalah di lingkungan sekolah. Namun terkadang pihak yang idealnya berperan penting untuk merespon dan mencegah tejadinya fenomena bullying di sekolah bersikap acuh tidak acuh, tidak memahami ataupun mampu untuk mengambil tindakan yang tepat. Program Psikoedukasi bullying diberikan kepada 20 guru di Sekolah Swasta Hang Kesturi Medan dengan harapan dapat meningkatkan efikasi guru dalam menghadapi bullying siswa-siswi di Sekolah Hang Kesturi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain One Group Pretest-Posttest. Hasil penelitian yag diperoleh adalah guru Hang Kesturi memiliki self-efficacy yang rendah dan adanya peningkatan self-efficacy setelah guru Sekolah Hang Kesturi diberi psikoedukasi tentang bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dan sesudah diberikan pelatihan adanya perbedaan self efficacy (t tabel ≤ t hitung = 2,101 ≤ 5,596; Sig (2-tailed)<0,05 = 0,000 < 0,05). Disarankan agar kegiatan psikoedukasi bullying dapat dilakukan secara berkala.

References

Arifin, M., Cahyono, S., Putranto, P, H. (2014). Hubungan kemampuan efikasi diri dan kemampuan kependidikan dengan kesiapan menjadi guru TIK mahasiswa pendidikan teknik informatika. Teknologi dan Kejuruan. 37, (2), 129-136.

Ahyani, L, N., Pramono, R, B., & Astuti, D., (2018). Empati efikasi diriguru terkait kegiatan belajar mengajar bebas bullying. JurnalPsikologi Ilmiah. 10, (2), 141-151.

Amawidyati, S, A, G. & Muhammad, A, H. (2017). Program psikoedukasi bullying untuk meningkatkan efikasi diri guru dalam menangani bullying di sekolah dasar. Jurnal Psikologi Ilmiah, 9, (3),258-266.

Marliani, R (2013). Psikologi Eksperimen. Bandung: Pustaka Setia.

Nugroho, S. & Adiyanti, M, G. (2011). Program psikoedukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalammenangani bullying. Jurnal Intervensi Psikologi, 3, (1), 25-48.

Oktalia, B., Tiarti, S., Mularsih, H., (2018). Efektivitas program psikoedukasi pengembangan self esteem untuk meningkatkanself esteemremaja kelas 1 di smp x. Jurnal Muara Ilmu Sosial,Humaniora, dan Seni. 2, (2), 769-778.

Rahayu, B, A. & Permana, I. (2019). Bullying di sekolah :kurangnya empati pelaku bullying dan pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa.7.(3).237-246.

Published
2021-09-08
Section
Articles