Intensitas Bermedia Sosial dan Self Awareness Pada Remaja

  • Mafazatil Umami Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Aprillia Mega Rosdiana Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Intensitas Media Sosial, Self awareneses

Abstract

Penggunaan Media Sosial sangat berpengaruh terhadap self awareness individu dengan lingkungan sekitarnya. Ketika remaja mengakses media sosial dengan intensitas yang tinggi, maka interaksi bersifat tidak langsung yang akan mengakibatkan interaksi sosial secara langsung kurang dan kepekaan terhadap lingkungan cenderung rendah. Hal tersebut dapat dipengaruhi karena self-awareness dalam individu rendah atau hilangnya identitas self awareness. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan intensitas penggunaan media sosial terhadap self awareness pada remaja Lombok Timur. Penelitian ini memiliki sampel sebanyak 100 remaja yang ada di Lombok Timur. Sampel didapatkan melalui rumus Slovin dengan menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala intensitas penggunaan media sosial dan skala self awareness. Berdasarkan hasil perhitungan statistik di dapatkan bahwa intensitas penggunaan media sosial memiliki hubungan dengan self awareness dan terdapat hubungan negatif antara intensitas penggunaan media sosial terhadap self-awareness. Hal ini berarti bahwa rendahnya perilaku self-awareness berhubungan dengan tingginya intensitas penggunaan media sosial pada remaja.

References

Aprinta, & Errika. (2017). Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Tingkat Kepekaan Sosial di Usia Remaja. Jurnal The Messenger, 9(1), 65. https://doi.org/

26623/themessenger.v9i1.428

Efendi, A., Astuti P. I., & Rahayu, N. T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru terhadap Pola Interaksi Sosial Anak di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 2(18), 12–24.

Flurentin, M. (2001). Konseling Lintas Budaya. Malang: FIP UM.

Garner, E. (2012). Assertiveness Re-claim Your Assertive Birthright. Denmark: Ventus Publishing ApS. http://bookboon.com/en/assertiveness-ebook.

Goleman, & Daniel. (1996). Kecerdasan Emosi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Khairunnisa, H. (2017). Self Esteem, Self Awareness dan Perilaku Asertif pada Remaja. Universitas Muhammadiyah Malang.

Khodijah. (2006). Psikologi Belajar (1983rd ed.). Palembang: IAIN Raden Fatah Press Suriasumanti.

Kramer, A. D., Guillory, J. E., & Hancock, J. T. (2014). Experimental evidence of massive-scale emotional contagion through social networks. In Proceedings of the National Academy of Sciences, 111(24), 8788-8790.

Notoatmojo, S. (2003). Pengembangan Sumber Daya Menusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pratama, B. A. (2019). Hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan kecenderungan sikap apatis terhadap lingkungan sekitar pada siswa SMP N 1 Sukoharjo, Kec/Kab Sukoharjo, Jawa Tengah. Indonesian Journal on Medical Science, 6 (1), 51–56.

Primack, B. A., Shensa, A., Escobar-Viera, C. G., Barrett, E. L., Sidani, J. E., Colditz, J. B., & James, A. E. (2017). Use of multiple social media platforms and symptoms of depression and anxiety: A nationally-representative study among US young adults. Computers in human behavior, 69, 1-9. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.

013

Putri, W. S. ., Nurwati, R. ., & Budiarti, S. . (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Remaja. In Prosidang Ks:Riset & Pkm, 3 (1), 1–154.

Rahayu. (2015). Faktor yang Mempengaruhi Self Awarensess. http://eprints.walisongo.

ac.id/.pdf. Diakses 22/02/2017

Republika. (2014). Harapan Baru Polwan Berjilbab. Jakarta Selatan: REPUBLIKA.ID

Rizki, A. I. (2017). Hubungan antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dengan Harga Diri [Skripsi]. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sandya, A. P. (2016). Hubungan Intensitas Penggunaan Jejaring Sosial dan Faktor Pendorong Kehadiran Publik terhadap Partisipasi Politik dalam Perbincangan Publik Berbentuk Meme [Skripsi]. Semarang: Universitas Diponegoro.

Solso, R. (2007). Psikologi Kognitif (Edisi ke-8). Jakarta: Erlangga.

Sugiharto. (2016). Pengguna Internet di Indonesia Didominasi Anak Muda. CNN Indonesia.

Turkle, S. (2011). Alone Together: Why We Expect more from Technology and Less from Each Other. UK: Hachette UK.

Umar, H. (2007). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

We Are Social. (2016). Survey Penggunaan Media Sosial 2016. We Are Social. .

We Are Social. (2018). Survey Penggunaan Media Sosial 2018. We Are Social.

Published
2022-03-30
How to Cite
Umami, M., & Rosdiana, A. M. (2022). Intensitas Bermedia Sosial dan Self Awareness Pada Remaja. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 9(1), 133-145. https://doi.org/10.35891/jip.v9i1.2674
Section
Articles