Pengaruh Harga Diri Terhadap Sikap Penerimaan Guru Sekolah Inklusi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Intervening

  • Elisabeth Esti Rahayu Universitas Semarang
  • L. Rini Sugiarti Universitas Semarang
Keywords: harga diri, kepercayaan diri, sekolah inklusi, sikap penerimaan guru

Abstract

Beberapa Sekolah SD Negeri di Kota Palembang menampung 315 anak berkebutuhan khusus yang merupakan siswa pindahan dari Sekolah Luar Biasa. Prestasi yang dicapai diantaranya 100% anak berkebutuhan khusus yang lulus berhasil masuk ke SMP, anak berkebutuhan khusus juga memiliki prestasi seperti hafal Al-Qur’an 3 jus, memenangkan lomba story telling tingkat nasional, mereka bisa berbaur dengan siswa lainnya sehingga timbul rasa empati dan saling peduli dengan sesama. Fenomena tersebut menarik untuk dibuktikan pengaruh harga diri terhadap sikap penerimaan guru sekolah inklusi dengan kepercayaan diri sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan model regresi analisis jalur. Sampel yang diambil adalah 150 guru sekolah inklusi di 6 sekolah di Kota Palembang sebagai responden. Hasilnya didapatkan bahwa (1) harga diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan diri, (2) harga diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap penerimaan guru sekolah inklusi, (3) kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap penerimaan guru sekolah inklusi, (4) harga diri tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap penerimaan guru melalui kepercayaan diri di sekolah inklusi.

 

References

Abdullah, A. ., Herlina, M. I. ., & Baihaqi. (2021). Harga diri, dukungan sosial, dan penerimaan diri pada orang tua yang memiliki anak tunanetra 1. Jurnal Psikologi, 14(1), 102–112. https://doi.org/doi: https://doi.org/10.35760/psi.2021.v14i1.3672

Baron, A. ., & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial. Erlangga.

Bernard, M. E. (2014). The strength of self-acceptance: Theory, practice and research. Springer Science & Business Media, Melbourne.

Febriana, G. (2016). Hubugan Antara Harga Diri Dengan Kepercayaan Diri Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ghufron, & Risnawita. (2010). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Madia, Yogyakarta.

Husniati, N. (2012). Peran Positive Deviance Guru Dalam Meningkatkan Self-Esteem Anak Berkebutuhan Khusus. (Skripsi Tidak Diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Ismansyah, A. (2020). Hubungan Antara Harga Diri dengan Kepercayaan Diri Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Dalam Penggunaan Gadget Xiaomi.

Mahmudha, I. (2017). Hubungan Harga Diri dengan Kepercayaan Diri Pada Komunitas Cosplayer Medan (COSMED). Occupational Medicine, 53(4).

Nurista, F. (2021). Hubungan Penerimaan Diri dengan Kepercayaan Diri Pada Penyandang Disabilitas Fisik.

Oktaviani, M. . (2019). Hubungan Penerimaan Diri Dengan Harga Diri Pada Remaja Pengguna Instagram. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4), 549–556. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i4.4832

Piran, A. Y. A., Yuliwar, R., & Ka’arayeno, A. J. (2017). Hubungan antara penerimaan diri dengan kepercayaan diri dalam interaksi sosial pada remaja penyandang cacat fisik di Panti Asuhan Bhakti Luhur Kecamatan Sukun Malang. Nursing News, 2(1), 578–597.

Pratiwi, J. . (2015). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan UNS & ISPI Jawa Tengah . ISBN: 978-979-3456-52-2.

Rinmalae, M. ., Regaletha, T. A. ., & Benu, Y. M. . (2019). Harga Diri dan Penerimaan Diri Remaja Akhir di Panti Asuhan Sonaf Maneka Kelurahan Lasiana Kota Kupang. Journal of Health and Behavioral Science, 1(4), 199–206.

Sembiring, R. M. (2020). Harga diri vs Percaya diri, Kenali Bedanya dan Temukan Cara Meningkatkannya! Satu Persen Indonesian Life Shcool.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. Alfabeta.

Suharlina, Y., & Hidayat. (2010). Anak Berkebutuhan Khusus: Seri Bahan dan Media Pembelajaran Kelompok Bermain Bagi Calon Pelatih PAUD.

Suryani, A. . (2019). Hubungan Harga Diri dan Kepercayaan Diri Orang Tua Yang Mempunyai AnakTunarungu Di SLB Melati Aisyiyah Deli Serdang. (SkripsiTidak Diterbitkan). FakultasPsikologi Universitas Medan Area. Medan.

Syafitri, S. (2019). Pengaruh Harga Diri dan Kepercayaan Diri Dengan Aktualisasi Diri Pada Komunitas Modern Dance di Samarinda. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/3647

Tentama, F. (2012). Hubungan antara Berpikir Positif dengan Penerimaan Diri pada Remaja Penyandang Cacat Tubuh Akibat Kecelakaan. Jurnal Humanitas, 7(1), 66–75. http://eprints.uad.ac.id/94/1/Fatwa_Tentama_%28Hubungan_antara_Berpikir_Positif_dengan_Penerimaan_Diri_pada_Remaja%29.pdf

Published
2023-09-30
How to Cite
Rahayu, E. E., & Sugiarti, L. R. (2023). Pengaruh Harga Diri Terhadap Sikap Penerimaan Guru Sekolah Inklusi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Intervening . Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 10(2), 351-365. https://doi.org/10.35891/jip.v10i2.3002
Section
Articles