Grit Mahasiswa Tingkat Akhir Ditinjau Dari Self-Discipline dan Self-Control

  • Nathania Bayu Astrella Universitas Yudharta Pauruan
  • Nanik Kholifah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Arinal Chusnah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Putri Dewi Kurniawati Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Grit, Self Control, Self Discipline

Abstract

Kurangnya motivasi dan semangat menjadi salah satu penghambat mahasiswa akhir dalam mengerjakan skripsi,  hal itu disebabkan kemampuan grit yang rendah serta dipengaruhi oleh self discipline dan self control. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Grit mahasiswa akhir di Universitas ABC terhadap self discipline dan self  control dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan sampel 234 mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Pengambilan data menggunakan Skala Grit, Skala Self-Control, dan Skala Self-Discipline. Data analisis dengan menggunakan regresi berganda SPSS statistic 22. Hasil perhitungan menunjukkan nilai F sebesar 190,881 > F tabel 3,0345 dengan p = 0,00 (p < 0,05). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh simultan yang signifikan dari self discipline dan self control terhadap grit pada mahasiswa tingkat akhir, dengan sumbangan sebesar 62,7%.

Author Biography

Nathania Bayu Astrella, Universitas Yudharta Pauruan

 

 

 

References

Duckworth, A., & Gross, J. J. (2014). Self-control and grit: Related but separable determinants of success. Current Directions in Psychological Science, 23(5), 319–325.

Duckworth, A. (2016). Grit: The Power of Passion and Perseverance. New York: Scribner.

Duckworth, A. (2020). Grit: Kekuatan Passion dan Kegigihan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fatah, A. (2022). Hubungan Antara Growth Mindset dan Kontrol Diri dengan Great Akademik pada Mahasiswa yang Bekerja. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Ghufron, M.N., & Risnawita R. (2017). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Gorbunovs, A., Kapenieks, A., & Cakula, S. (2016). self-discipline as a key indicator to improve learning out comes in e-learning environtment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 231. 256-262.

Gunawan, L. N. (2017). Hubungan Antara Kontrol Diri dan Penyesuaian Diri Dengan Kedisiplinan Siswa MTs Sulaiman Yasin Samarinda. Psikoborneo, 5(1), 104-117.

Hagger, M.S., & Hamilton, K. (2018). Grit and self-discipline as predictors of effort and academic attainment. British Journal of Educational Psychology, 89(2). 324-432

Mutiara, R. (2021). Pengaruh Self Discipline Terhadap Grit Pada Remaja Panti Asuhan Di Kabupaten Pasuruan. (Skripsi, Universitas Yudharta Pasuruan).

Oktarina, D. C., & Adelina, I. (2020). Pengaruh Self-Control terhadap Grit pada Mahasiswa yang Menjadi Panitia Kegiatan. Humanitas (Jurnal Psikologi), 4(1), 15-26.

Widayat, D. P. (2017). Keefektifan Peer Support Untuk Meningkatkan Self Discipline Siswa SMP. Prosiding Bimbingan dan Konseling, 1(1), 125136

Published
2023-09-30
How to Cite
Astrella, N. B., Kholifah, N., Chusnah, A., & Kurniawati, P. D. (2023). Grit Mahasiswa Tingkat Akhir Ditinjau Dari Self-Discipline dan Self-Control . Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 10(2), 422-434. https://doi.org/10.35891/jip.v10i2.4348
Section
Articles