##plugins.themes.engagementTheme.article.main##

Rossa Ilma Silfiah
Septian Silviana Rossa

English Version
As for the policy regarding the imposition of fees at the market, it is regulated by local laws and regulations. One crucial aspect of market fee management is the government's responsibility in overseeing the collection, payment, and deposit processes of these fees. This research aims to understand how the management of market fees is carried out, particularly in the city of Pandaan, Pasuruan Regency, and how this management can contribute to increasing local revenue, aslong with the supporting and hindering factors. The research method used is qualitative, involving data collection through observation, interviews, and documentation. The research findings indicate that the management of market fees in Pandaan City has been effective, although there are still some challenges, especially in the planning phase, such as the formulation of regulations, determination of market facilities, and fee tariff setting. One prominent issue is the lack of consistency in determining market facilities. However, in the process of managing market fees, there are supporting factors that have made a significant contribution, such as the establishment of the HP3 organization (Association of Pandaan Market Traders). On the other hand, hindering factors in fee management include the lack of awareness among traders, the presence of supermarkets around the market leading to intense competition, and issues related to the organization of the market space that still require improvement.


Versi Indonesia
Adapun kebijakan mengenai pengenaan retribusi pada pasar diatur  oleh hukum dan peraturan setempat. Salah satu aspek penting dalam pengelolaan retribusi pasar adalah tanggung jawab pemerintah dalam mengawasi proses pemungutan, pembayaran, dan penyetoran retribusi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pengelolaan retribusi pasar dilakukan khususnya di kota Pandaan -  Kabupaten Pasuruan, dan bagaimana pengelolaan tersebut dapat meningkatkan pendapatan daerah. Beserta faktor-faktor yang mendukung atau menghambatnya. Metode penelitian yang di gunakan adalah kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan retribusi pasar di Kota Pandaan telah berjalan efektif, meskipun masih ada beberapa kendala yang dihadapi teruama dalam perencanaan seperti pembuatan peraturan, penentuan fasilitas pasar, dan penetapan tariff retribusi. Salah satu masalah yang mencolok adalah kurangnya keteraturan dalam penentuan fasilittas pasar. Namu, dalam proses pengelolaan retribusi pasar, terdapat faktor pendukung yang telah berkontribusi, yaitu pembentukan organisasi HP3 (Himpunan Pedagan Pasar Pandaan). Sementara itu, faktor penghambat pengelolaan retribusi yang ditemukan diantaranya meliputi kurangnya kesadaran dari pedagan, kehadiran supermarket di sekitar pasar yang memnyebabkan persaingan ketat dan masalah penataan tata ruang pasar yang masih perlu diperbaiki.


Keywords: Management Traditional Market Retribution

Ahmad Yani. 2008. Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat Dan Daerah Di Indonesia. 3rd ed. Jakarta: Grasindo.

Aminullah, Aminullah, and Nur Rohmad Nuzil. 2022. “Implementasi Good Corporate Governance Pada Badan Usaha Milik Desa.” SKETSA BISNIS. doi: 10.35891/jsb.v9i2.3289.

Amrullah, Abdul Malik, Yudin Citriadin, and Muhammad Thohri. 2023. “Manajemen Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Smkn 1 Narmada Kabupaten Lombok Barat.” Jurnal Ilmiah Mandala Education. doi: 10.58258/jime.v9i3.5897.

Atmosudirjo, P. 2005. Manajemen Dasar Pengertian Dan Masalah. Jakarta: Rineka Cipta.

Bogdan, Robert, and Steven Taylor. 1992. Pengantar Metode Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Emil. 2020. “6 Pasar Daerah Di Kabupaten Pasuruan Segera Terapkan E-Retribusi.” Pasuruankab.Go.Id. Retrieved (https://www.pasuruankab.go.id/isiberita/6-pasar-daerah-di-kabupaten-pasuruan-segera-terapkan-e-retribusi).

Enceng, Winarti, Nasir Mangasing, and Intam Kurnia. 2018. “Implementasi Kebijakan Retribusi Pasar Tradisional Modern Manonda Palu.” Publication.

Fitria, N., D. S. Munandar, and ... 2023. “Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam.” Edukasi Islami ….

Himmah, Lilik Faiqotul. 2021. “Efektivitas Penerimaan Retribusi Pasar Di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.” Efektivitas Penerimaan Retribusi Pasar Di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Husna, W., and P. S. Chandra. 2023. “PENGAWASAN PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL OLEH DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KOTA PEKANBARU (STUDI KASUS PASAR SIMPANG BARU PANAM).” Majalah Ilmiah Dinamika Administrasi (MIDA) 20(1):198–213.

Ikhwani Ratna, and Hamidah Silvi. 2023. “ANALISIS EFEKTIFITAS SISTEM PEMUNGUTAN RETRIBUSI PASAR DI PASAR RUMBIO KABUPATEN KAMPAR.” Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (JPMK). doi: 10.59832/jpmk.v3i2.209.

Mirnasari, Tiar, and Yuliana Yamin. 2021. “ANALISIS PENGAWASAN PUNGUTAN RETRIBUSI PASAR TERHADAP KINERJA PEGAWAI RETRIBUSI.” Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS). doi: 10.24967/jmms.v5i1.1158.

Moekijat. 2000. Manajemen Pemasaran. Bandung: Mandar maju.

Murnir, Misbach. 2014. “Analisa Performance Atribut Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan.”

Mustanir, A., and J. Jusman. 2016. “IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN TERHADAP PENERIMAAN RETRIBUSI DI PASAR LANCIRANG KECAMATAN PITU RIAWA KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG.” AkMen JURNAL ILMIAH 13(3).

Nagut, S., D. N. Setyabudi, and M. Rakhmadian. 2023. “Analisis Retribusi Pasar Terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional Narang.” Economic and Education Journal (Ecoducation) 5(1):64–80.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Pamungkas, B. 2023. “Analisis Efektivitas Pengelolaan Retribusi Pasar Pada Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi Dan UKM Aceh Barat.” Jurnal Akuntansi Dan Keuangan/ / AKUA 2(1):12–18.

Parma, Z. 2023. “ANALISIS POTENSI PENERIMAAN RETRIBUSI JASA UMUM UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (STUDI PELAYANAN PASAR TRADISIONAL LIPAT KAIN SELATAN KECAMATAN KAMPAR KIRI.” JURNAL KEMUNTING 4(1):953–94.

Putra, Windhu. 2018. Tata Kelola Ekonomi Keuangan Daerah. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Revitasari, Evi. 2017. Pengelolaan Pasar Tradisional Oleh Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Di Kabupaten Lebak.

Rizkyatus Sholiha. 2019. “Evaluasi Sistem Dan Prosedur Penggajian Dan Pengupahan Untuk Meningkatkan Pengendalian Internal Perusahaan.” SKETSA BISNIS. doi: 10.35891/jsb.v5i1.1594.

Rorong, R. S., and N. S. Budiarso. 2021. “RETRIBUSI IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN DAN PERMASALAHANNYA STUDI PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU ….” JURNAL RISET AKUNTANSI DAN ….

Rosyidi, Khafizh. 2017. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI SUSU KENTAL MANIS PT. IDK PASURUAN.” SKETSA BISNIS. doi: 10.35891/jsb.v3i2.582.

Sahabuddin, R., D. I. Arief, A. A., Rauf, and A. F. Muhammad. 2023. “Kualitas Pelayanan Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Negeri Makassar Ditinjau Dari Kemampuan Manajerial Dan Kinerja Karyawan.” SKETSA BISNIS 10(2):214–35.

SELVIANTI, ISYE. 2017. “LAKSANAAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 3 TAHUN 2009 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) BIDANG PENDIDIKAN DALAM RANGKA GOOD GOVERNANCE.” SKETSA BISNIS. doi: 10.35891/jsb.v3i2.578.

Soemitro, Rochmat. 2004. Asas Dan Dasar Perpajakan 1 Dan 2. Bandung: PT Refika Aditama.

Strauss, Anselm, and Juliet Corbin. 1997. Basic of Qualitative Research; Grounded Theory Procedures and Techniques. Terjemahan Indonesia Oleh Djunaidi Ghony, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif; Prosedur, Teknik, Dan Teori Grounded. Surabaya: Bina Ilmu.

Suawa, Pascallino Julian, Novie R. Pioh, and Welly Waworundeng. 2021. “Manajemen Pengelolaan Dana Revitalisasi Danau Tondano Oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa(Studi Kasus Di Balai Wilayah Sungai Sulawesi).” Jurnal Governance.

Sunarto. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Amus.

Suryanata, I. P. A., and H. Felani. 2023. “Implementasi Kebijakan E-Retribusi Pasar Tradisional Dalam Rangka Pencegahan Kebocoran Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Tabanan.” JEKP (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Publik) 10(1):106–18.

Tampil, K., M. PANGKEY, and N. Palar. 2021. “PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL TOWOâ€TM E DI KECAMATAN TAHUNA KABUPATEN SANGIHE PADA PANDEMI COVID-19.” Jurnal Administrasi Publik 7(101).

Terry, George R. 2021. Dasar-Dasar Manajemen Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Ulfa, A., and D. Mashur. 2022. “Implementasi Kebijakan Tatakelola Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan Di Kota Pekanbaru.” Cross-Border.

Widad, W., Diana, N., and A. F. Sari. 2023. “Analisis Tingkat Efektivitas Dan Kontribusi Penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Pad) Kota Malang Periode 2018-2020 Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam.” El-Aswaq: Islamic Economics and Finance Journal 4(1).

Yuningsih, I. 2015. “Potensi Retribusi Pasar Di Pasar Petir Kabupaten Serang.” Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Undang-Undang No. 32 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang No. 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan No.7 Tahun 2012 Tentang Retribusi Pelayanan Pasar