Author Guideline

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL BAGI PENULIS
JURNAL TEKNOLOGI PANGAN (ITP) UNIVERSITAS YUDHARTA

Lingkup Jurnal

Jurnal Teknologi Pangan merupakan media informasi dan komunikasi ilmiah Teknologi Pangan bertujuan untuk menampung dan mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian mahasiswa, dosen dan peneliti dibidang ilmu pangan, teknologi dan produk olahan pangan, kesehatan, agribisnis, dan bidang yang berkaitan perikanan, peternakan dan agroteknologi yang berhubumgan dengan bahan pangan.

Ketentuan Umum

  1. Penulis harus menjamin bahwa naskah yang dikirimkan adalah asli dan tidak pernah dipublikasikan di jurnal lainnya.
  2. Naskah yang akan dipublikasikan dapat berupa hasil penelitian, analisis kebijakan, pengabdian pada masyarakat, opini dan gagasan.

Syarat Penulisan Artikel

  1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia
  2. Naskah diketik dengan jarak 1 spasi
  3. Naskah diketik di atas kertas A4 dalam 2 kolom (jarak antar kolom 0,7 cm) Naskah diketik menggunakan program Microsoft Word, gambar menggunakan JPEG. Huruf standar yang digunakan untuk penulisan adalah Times New Roman 12 dengan margin : atas 2,6 cm, kiri 2,6 cm, bawah 2,5 cm, dan kanan 2,5 cm.
  4. Naskah disusun dengan urutan: judul, nama penulis, alamat lengkap instansi setiap penulis, alamat email, abstrak (Inggris dan Indonesia), pendahuluan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih (kalau ada) dan daftar pustaka.
  5. Tata nama latin binomial atau trinomial (italik) digunakan untuk tanaman, hewan, serangga dan penyakit

Tatacara Penulisan

  1. Naskah Judul.
  2. Judul harus singkat, spesifik dan informatif yang mencerminkan secara tepat isi naskah, dengan jumlah kata maksimal 15 kata ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  3. Judul diikuti dengan nama pengarang, institusi dan alamat, serta catatan kaki yang merujuk penulis yang bertanggungjawab untuk surat menyurat (corresponding author), lengkap dengan alamat surat, nomor telpon & faksimili serta alamat e-mail.
  4. Abstrak.
  5. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
  6. Abstrak terdiri dari 200- 250 kata dan ditulis dalam satu paragraf.
  7. Abstrak berisi intisari dari keseluruhan naskah, yakni latar belakang, tujuan, metode, hasil-hasil penting, pembahasan, dan kesimpulan. Hindari penggunaan singkatan kecuali yang telah umum digunakan. Kata kunci (keywords) ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, terdiri atas tiga hingga lima kata/frase, dan disusun berdasarkan kepentingan dan disajikan pada bagian akhir abstrak.
  1. Pendahuluan.

Pada bagian ini disajikan latar belakang yang didukung dengan intisari pustaka, tujuan dan apabila diperlukan ruang lingkup penelitian. Tinjauan pustaka sebaiknya diintegrasikan pada bagian pendahulan, metodologi, dan pembahasan. Pustaka yang digunakan relevan dan terbaru dengan penelitian yang dilakukan.

  1. Metode penelitian berisi tentang
  2. Bahan utama yang digunakan dijelaskan spesifikasi dan sumbernya.
  3. Peralatan utama dan spesifikasi dijelaskan secara jelas. Metode yang digunakan digambarkan secara jelas dan lengkap.
  4. Pelaksanaan penelitian
  5. Hasil dan Pembahasan.

Bagian ini menyajikan hasil penelitian, baik dalam bentuk teks, tabel, atau gambar.

  1. Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan ditulis secara ringkas tetapi menggambarkan substansi hasil penelitian yang diperoleh. Saran diberikan secara jelas untuk dapat ditindaklanjuti oleh pihak yang relevan.

  1. Ucapan Terima Kasih

Bagian ini dapat digunakan untuk mengapresiasi penyandang dana serta institusi dan personal yang membantu selama penelitian dan penyusunan naskah publikasi.

  1. Daftar Pustaka diperlukan untuk semua sitasi dan disusun berdasarkan urutan abjad.