PENGARUH HARGA DAN KUALITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BERAS BERSUBSIDI PERUM BULOG

  • Amma Fazizah

Abstract

Perum BULOG adalah merupakan Lembaga Pemerintah Non Departemen yang secara resmi berubah menjadi Perum BULOG sejak 20 Jahuari 2003 melalui Peraturan Pemerintah RI no. 7 tahun 2003. Dengan ditetapkanya Peraturan Pemerintah tersebut maka fungsi Perum BULOG tidak hanya berkisar pada menjaga kelangsungan produksi beras domestik, melindungi petani padi serta menjamin kecukupan beras bagi masyarakat agar dapat diakses baik secara ekonomi maupun fisik, akan tetapi Perum BULOG diharuskan berswadaya memantapkan diri dalam usaha–usaha yang berorientasi komersial.Berdasarkan cakupan kegiatannya usaha komersial Perum BULOG dibagi menadi tiga yaitu: Industri, Perdagangan, dan jasa.

Pada akhirnya perubahan ini membawah Perum BULOG kedalam persaingan bisnis komoditi nasional. Tidak dapat dipungkiri bahwa perdagangan komoditi merupakan aktifitas bisnis yang memiliki daya tarik pasar yang kuat. Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah pebisnis yang menggeluti bidang ini. Bagi Perum BULOG kompetensi dasar sudah dimiliki dari pengalaman pada masa masih merupakan Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND). Perbedaan yang signifikan hanya terletak pada aktifitas perdagangannya saat ini yang harus mampu menghasilkan laba dan nilai tambah bagi perusahaan.   

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh serta berapa besar pengaruh yang ada dari Harga dan Kualitas Terhadap Kepuasan Konsumen Beras Bersubsidi Perum BULOG. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Konsumen Produk Beras Bersubsidi Perum BULOG. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tiga teknik pengambilan sampel sekaligus yaitu: Area Probability Sample, Proportional Sample, dan Sampel Random. Ketiga teknik ini dipakai karena populasi berdomisili pada satu area (Desa) yang terbagi dalam sub-sub area (dusun), untuk memperoleh sampel yang representatif maka dari setiap sub-sub area diambil sampel yang sebanding (proporsional) dengan banyaknya subyek dalam masing-masing sub-sub area secara acak (random). Untuk memperoleh data yang lebih representatif maka dalam penelitian ini Peneliti menentukan besarnya sampel adalah 100 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan model  karena  variabel dependen berupa variabel probabilitas atau Dummy atau kategorik, yakni variabel yang nilainya hanya bisa berkisar antara 0 (tidak puas) hingga 1 (konsumen puas). Model logit memungkinkan estimasi persamaan regresi, yang dapat menjaga agar hasil prediksi variabel dependennya tetap berada di rentang nilai antara 0 hingga 1. Dengan tingkat signifikansinya sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan Harga dan Kualitas berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen. Dengan Variabel Harga sebesar 3.912 Exp (B) dan Variabel Kualitas sebesar 3.136 Exp (B) ini berarti Harga lebih dominan dalam menentukan Kepuasan Konsumen.

 

Published
2018-08-22
Section
Artikel