ANALISIS PENGARUH CAMPURAN BAHAN BAKAR PERTALITE DENGAN BIOADITIF MINYAK CENGKEH TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR 4 LANGKAH

  • Aditya Wahyu Pratama Program Studi Mesin Otomotif, Jurusan Teknik , Politeknik Negeri Jember
  • Abdul Aziz Program Studi Mesin Otomotif, Jurusan Teknik , Politeknik Negeri Jember
Keywords: Clove Oil, Pertalite, Octane Value, Exhaust Emissions, Fuel Consumption

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang muncul pada   kombinasi minyak cengkeh dengan bahan bakar pertalite terhadap nilai oktan, emisi gas buang, serta konsumsi bahan bakar motor 4 langkah sistem karburator dan injeksi dengan CC (Cubical Centimeter) yang sama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pencampuran minyak cengkeh dengan bahan bakar pertalite yang dilakukan dengan beberapa perbandingan. Perbandingan minyak cengkeh dengan pertalite antara lain 0% (100% pertalite), 5% (95% pertalite + 5% minyak cengkeh), 10% (90% pertalite + 10% minyak cengkeh), 15% (85% pertalite + 15% minyak cengkeh), 20% (80% pertalite + 20% minyak  cengkeh),  25% (75%  pertalite +  25% minyak  cengkeh).  Hasil  dari penelitian ini adalah penambahan bioaditif minyak cengkeh kedalam bahan bakar dapat menaikkan nilai oktan sebesar 9,5% pada persentase campuran 10%. Hasil pengujian emisi gas buang pada motor 4 langkah sistem karburator dapat menurunkan kadar HC sebesar 88,8%, CO sebesar 73,1%, CO2 sebesar 42% pada persentase campuran 25%. Hasil pengujian emisi gas buang pada motor 4 langkah sistem injeksi dapat menurunkan kadar HC sebesar 7,7%, CO sebesar 10,2% pada persentase campuran 25%. Hasil pengujian konsumsi bahan bakar dapat menurunkan konsumsi bahan bakar sebesar 9,1% pada motor sistem karburator dan 3,8% pada motor sistem injeksi dengan persentase campuran 25%.

Published
2021-09-04
How to Cite
Pratama, A. W., & Aziz, A. (2021). ANALISIS PENGARUH CAMPURAN BAHAN BAKAR PERTALITE DENGAN BIOADITIF MINYAK CENGKEH TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR 4 LANGKAH. Journal Mechanical and Manufacture Technology (JMMT), 2(2), 74-81. https://doi.org/10.35891/jmmt.v2i2.2703
Section
Articles