Analisis optimasi pada 3 desain model winglet motoGP menggunakan computational fluida dynamics (CFD)

  • Rifky Zaidani Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Angle Of Attack, Computational Fluida Dynamics, Downforce, Velocity, Pressure, Turbulence

Abstract

Winglet pada MotoGP memiliki kontribusi yg cukup krusial dalam membantu Rider mencapai kecepatan puncak (top speed). pemanfaatan Winglet digunakan dari berbagai macam karakteristik bentuk, seperti angle of attack (AoA), desain model, dsb, pada penelitian kali ini simulasi menggunakan Computational Fluida Dynamics digunakan untuk membandingkan 3 desain model Winglet. metode yg digunakan adalah membandingkan langsung 3 desain  model Winglet, dengan AoA 12, 15, & 18 pada kecepatan 320, untuk menentukan angka Downforce, Velocity, Pressure, serta Turbulence dari 3 model tersebut menggunakan uji simulasi Computational Fluida Dynamics yg ada didalam software Solidworks. Hasil analisis simulasi digital menunjukkan terdapat perbedaan yg cukup signifikan dari ke 3 model baik itu Downforce, Velocity, Pressure, serta Turbulence yg terjadi, dimana pada model dengan angle of attack 12 dapat menciptakan Average Downforce hingga 3.40967 , sedangkan model dengan AoA 15, 5.25496 , dan model dengan AoA 18 dpat menciptakan Average Downforce hingga 6.45177 .

Published
2022-03-22
How to Cite
Zaidani, R. (2022). Analisis optimasi pada 3 desain model winglet motoGP menggunakan computational fluida dynamics (CFD). Journal Mechanical and Manufacture Technology (JMMT), 3(1), 48-60. https://doi.org/10.35891/jmmt.v3i1.2999
Section
Articles