METODE PERMAINAN BOLA TAJWID DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS DARUT TAQWA PURWOSARI PASURUAN

  • Siti Ainur Rohmah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Ali Mohtarom Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Metode Permainan Bola Tajwid, Prestasi Belajar, Ilmu Tajwid, Al-Qur’an Hadits

Abstract

Metode permainan bola tajwid adalah metode yang bertujuan agar siswa dapat membedakan dengan mudah bacaan–bacaan dalam al-Qur’an beserta menempatkan sifat- sifat huruf nya dan bisa memptaktikan dalam membaca al-Qur’an. Metode permainan bola tajwid diterapkan untuk meningkatkan prestasi belajar ilmu tajwid pada siswa.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis dilakukan dengan tiga cara, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan adalah triangulasi.

Hasil penelitian ini adalah: 1) implementasi metode permainan bola tajwid  dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits  dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. 2) metode permainan bola tajwid  dapat meningkatkan prestasi belajar ilmu Al-Qur’an Hadits, hal ini bisa dilihat dari nilai rata-rata kelas sebelum implementasi 74,95 menjadi 90,30 setelah implementasi. 3) kelebihan dari metode permainan bola tajwid adalah suasana belajar lebih menyenangkan, siswa berperan aktif, siswa bebas mengambil keputusan dan berekspresi secara utuh, dan siswa dilatih untuk dapat bekerjasama dengan siswa lain. Sedangkan kelemahan dari metode permainan bola tajwid adalah terkadang siswa lebih fokus pada permainan, siswa yang malas sulit untuk diarahkan, alat permainan tidak untuk jangka panjang, dan tidak semua mata pelajaran dapat diterapkan dengan metode ini.

References

Departemen Agama RI, 2002, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam
Djaali dkk, 2007, Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: Grasindo
Duwi Irmawati, (2012). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Al Qur’an Hadits Dengan Menggunakan Metode Snow Balling Pada Siswa Kelas III Mi Ma’arif Mangunsari Salatiga. Skripsi. STAIN. Salatiga
Mulyasa, 2005, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Fathul, Mujib dkk. 2013, Metode-Metode Permainan-Permainann Edukutif Dalam Belajar Bahasa Arab, Jogjakarta: Diva Press
Hakim, Thursan, 2005, Belajar Secara Efektif, Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadauya Nusantara
Shihab, M. Quraish, 2008, Sejarah dan Ulum al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Firdaus
Ismail, SM. 2008, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Paikem, Semarang: Rasail Media Group
Ismail, Abdul Mujib dkk. 1995, Pedoman Ilmu Tajwid, Surabaya: Karya Abditama
Koentjaraningrat, 1991, Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia
Lutfi Ahmad, 2009, Pembelajaran Al-Quran dan Hadits, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam departemen Agama Republik Indonesia
Nata, Abuddin. 2005, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Utama
Nizhan Abu, 2008, Buku Pintar Al-Qur’an, Jakarta: Kultum Media
Nursito, 2002, Peningkatan Prestasi Sekolah Menengah, Yogyakarta: Insan Cendekia
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2008, Tentang Standar
Pepen Supendi dkk, 2008, Fun Game, Jakarta: Penebar Swadaya
Rosyadi, Khoiron, 2014, Pendidikan Profetik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
R. Ibrahim dkk, 2010, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta
Sanjaya, Wina, 2009, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, cet. II, Jakarta : Prenada Media Group
Sukardi, Ismail, 2013, Model-Model Pembelajaran Modern. Jogjakarta: tunas gemilang press
Slameto, 2003, Belajar dan Faktor Mepengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
Sumbulah, Umi, 2010, kajian kritis ilmu hadits, Malang: UIN Maliki
Tafsir, Ahmad. 1998, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud), 2007, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, Ed. 3, cet. 4
Toha, Putra Ahmad. 108, Al-Qur’an dan Terjemahan, Semarang: CV. Asy Syifa
Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan, 2007, Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan, PT Impperial Bhakti Utama
Zaini, Syahminan, 1984, Diktatik Metodik dalam Pengajaran Islam, Surabaya: Institut Dagang Muchtar
Uzer Usman Mohamad, 2008, Menjadi Guru Profesional, cet. XX, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Published
2019-01-27
Section
Artikel