IMPLEMENTASI METODE KUBACA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DI RA. DARUL MUKMIN WEDORO PANDAAN

  • Siti Maisaro Universitas Yudharta Pasuruan
  • Ahmad Ma’ruf Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Metode KUBACA, membaca huruf hijaiyah, anak usia dini.

Abstract

Metode KUBACA merupakan teknik yang digunakan guru dalam proses pembelajaran membaca huruf hijaiyah. Metode tersebut dilaksanakan setiap hari sesudah istirahat.Metode ini mampu mengasah kemampuan membaca huruf hijaiyah peserta didik. Maka dari itu peneliti akan mengungkap adanya implementasi metode KUBACA dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah peserta didik.

Berdasarkan rumusan masalah di atas, rancangan penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Adapun sumber data dan pengumpulan data akan diperoleh dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi serta data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.

Implementasi metode KUBACA dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah di RA.Darul Mukmin Wedoro sangat baik dan memuaskan, yang mengajarkan anak untuk membaca huruf hijaiyah dari kata hingga menjadi kalimat yang padu.Dari hasil tersebut ada kendala yang dalam pelaksanaannya diantaranya memerlukan waktu yang lama dan persiapan yang lebih dari segi pelafalan masih ada yang belum mampu untuk membedakan antara pelafalan huruf satu dengan huruf yang lain yang hampir sama.

References

Abdurohim, A. L. (2003). Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung: Diponegoro.
Agus Kurnia, “Implementasi Metode al-Hidayah dalam Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an”, Jurnal TATSQIF: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol.15 No.1 (Juni, 2017) diakses 12 Juni 2018
Andriani, D. (2017). Metode Penelitian. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Asrori, Ma'ruf. (1996). Etika Bermasyarakat. Surabaya: al-Miftah.
Azzet, A. M. (2014). Pendidikan yang Membebaskan. Jogjakarta: ar-Ruzz media.
Badar, T. I. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini dan Anak Usia Kelas Awal. Jakarta: Prenadamedia Group.
Barnawi, N. A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Dede Supriyanto Mustaqim. .Majalah Parents Guide, E. J. (2009).
Dwilestari, N. P. (2016). Penelitian Kualitati PAUD:Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Eprilia, S. P. (2010). Implementasi Pembelajaran Dengan Metode “Kubaca” Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Gestama, F. P. (2015). Aplikasi Pengenalan Karakter Huruf Hijaiyah untuk Pendidikan Anak Usia Dini (paud). Kediri: Fakultas Teknik Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Hasyim Masykur. (2003). Merakit Negeri Berserakat: Arah Pemikiran di Tengah Perubahan. Surabaya: Yayasan 95.
Herdiansyah, H. (2015). Wawancara, Observasi, dan Focus Groups: Sebagai Instrumen Penggalian. Jakarta: Rajawali Pers.
Ilahi, M. T. (2016). Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Islam, U. N. (2003). Mendidik Anak dalam Kandungan: Optimalisasi Potensi Anak Usia Dini. Jakarta: Insani Press.
Shoimin Aris. (2014). 68 Model Pe,mbelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ar-Ruzz Media
Siswanti, D. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Vakt Dengan Media Plastisin Bagi Anak Tunagrahita Ringan. 1, 131.
Sulthoni, R. R. (2014). Pengaruh Metode “Kubaca” Dengan Gambar Terhadap Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunarungu Kelas I SDLB. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Din. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Syah Muhibbin. (2009). Psikologi Belajar. Surabaya: Rajawali Pers.
Syah Muhibbin. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Syarifah Hidayati, d. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Macromedia Flash Player pada Anak Tunagrahita Ringan. 2, 308.
Zakiyah Daradjat, d. (1995). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2019-01-27
Section
Artikel