PENERAPAN METODE READING ALOUD DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PELAJARAN BTQ KELAS X DI SMA MA’ARIF NU PANDAAN

  • Miftara Ainul Mufid Miftara Ainul Mufid

Abstract

Penerapan metode Reading aloud adalah suatu perbuatan mempraktekan suatu teori, metode, dan hal lain untuk mencapai tujuan tertentu yang membantu peserta didik dalam berkosentrasi.  Metode Reading aloud ini juga dapat memacu keaktifan peserta didik dan tekhnik pembelajarannya mengarahkan pada pemahaman materi dengan menggunakan kekuatan membaca dengan keras.  membaca harus mengetahui kaidah-kaidah bacaan yang disebut ilmu tajwid. Di samping itu membaca al-Qur’an juga harus fasih agar arti atau maknanya tidak berubah. Demikian pula agar al- Qur’an enak didengar, maka juga diharuskan dengan membaca secara jelas dan tartil. Untuk mempelajari bacaan al-Qur’an salah satu metode yang dapat diterapkan adalah metode reading aloud, yaitu membaca dengan suara yang keras( lantang). Metode reading aloud menuntut perhatian peserta didik dalam mempelajari Al-Qur’an.

       Jika hal Berangkat dari permasalahan di atas maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu (1)bagaimanakah penerapan metode Reading aloud di SMA Ma’arif NU Pandaan?(2)apasaja hambatan-hambatan penerapan metode Reading aloud(3)bagaimanakah solusinya penerapan metode Reading aloud dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an.

         Jenis penelitian adalah kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya adalah deskriptif kualitatif. Menetapakan keabsahan data dan penarikan kesimpuan.

Berdasarkan hasil penelitian yag telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Hal ini dilihat dari hasil evaluasi yang diperoleh dari siswa-siswi dalam pelajaran BTQ. Hambatan penerapan metode Reading aloud siswa kebanyakan belum mengerti bacaan al-Qur’an. Solusinya yaitu Siswa didrill dalam membaca Al-Qur’an agar siswa dapat meningkatkan daya ingatnya dan juga dapat memperoleh pemahaman dan kemampuan yang lebih dalam membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Reading aloud agar siswa semangat untuk  belajar mengajar Al-Qur’an dan juga membangun keterampilan membaca, mendengar dan melatih anak untuk berkosentrasi.

References

Abdul Rahman dan Sya’roni Mazmur.2006..Al-Quran Terjemah Bahasa Indonesia.Jakarta:Menara Kudus.

Ahmad Rohani dan Abu Ahmad.1991.Pengelolaan Pengajaran. Jakarta:Rineka cipta

Arikunto Suharsimi.2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta:PT Rineka Cipta

Basyirudin Usman. 2002. Metodelogi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat pers

Djamarah Saiful B.&Zain Aswan.2010.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:Rineka Cipta

Jawahir Mukhammad.2005.Tekhnik&Strategi Pembelajaran.Bandung: Cendika Press

Majid abdul.2013.Strategi Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moelong, lexy.j.2002.Metodologi Penelitian Kualitatif .Bandung:Remaja Rosdakarya

Muhaimin.2012. Studi Islam dalam Ragam Dimensi dan Pendekatan.Jakarta:Kencana

Muhammad Qurais Syihab.1992. Membumikan Al-Qur’an, Bandung: Mizan.

Ngatmini,dkk. 2010.Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia.Semarang:IKIP PGRI

Ramayulis.2002.Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta:Kalam Mulia

Said Agil Husin,Al Munawir.2002. Al Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Pres.

Sugiyono.2012.Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif dan R&D .Bandung:Alfabete

Surachman Winarno.1999.Pengantar Penelitian Ilmu Dasar Metodik.Bandung:Tarsito

Surakhman Winarno.1985. Pengantar Penelitian Ilmiah.bandung: Tarsito

Yunus Mahmud.1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama.Jakarta: Hida Karya Agung

Zaini Hisyam,dkk. 2008.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Zakiah Drajat dkk.2001. Metodik khusus Pembelajaran Agama Islam.Jakarta:Bumi Aksara

Zuhairini, dkk.1982. Metode Khusus Pendidkan Agama. Surabaya:Usaha Nasional.

Published
2017-01-27
Section
Artikel