PENERAPAN METODE READING ALOUD DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PELAJARAN BTQ KELAS X DI SMA MA’ARIF NU PANDAAN
Abstract
Penerapan metode Reading aloud adalah suatu perbuatan mempraktekan suatu teori, metode, dan hal lain untuk mencapai tujuan tertentu yang membantu peserta didik dalam berkosentrasi. Metode Reading aloud ini juga dapat memacu keaktifan peserta didik dan tekhnik pembelajarannya mengarahkan pada pemahaman materi dengan menggunakan kekuatan membaca dengan keras. membaca harus mengetahui kaidah-kaidah bacaan yang disebut ilmu tajwid. Di samping itu membaca al-Qur’an juga harus fasih agar arti atau maknanya tidak berubah. Demikian pula agar al- Qur’an enak didengar, maka juga diharuskan dengan membaca secara jelas dan tartil. Untuk mempelajari bacaan al-Qur’an salah satu metode yang dapat diterapkan adalah metode reading aloud, yaitu membaca dengan suara yang keras( lantang). Metode reading aloud menuntut perhatian peserta didik dalam mempelajari Al-Qur’an.
Jika hal Berangkat dari permasalahan di atas maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu (1)bagaimanakah penerapan metode Reading aloud di SMA Ma’arif NU Pandaan?(2)apasaja hambatan-hambatan penerapan metode Reading aloud(3)bagaimanakah solusinya penerapan metode Reading aloud dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an.
Jenis penelitian adalah kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya adalah deskriptif kualitatif. Menetapakan keabsahan data dan penarikan kesimpuan.
Berdasarkan hasil penelitian yag telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Hal ini dilihat dari hasil evaluasi yang diperoleh dari siswa-siswi dalam pelajaran BTQ. Hambatan penerapan metode Reading aloud siswa kebanyakan belum mengerti bacaan al-Qur’an. Solusinya yaitu Siswa didrill dalam membaca Al-Qur’an agar siswa dapat meningkatkan daya ingatnya dan juga dapat memperoleh pemahaman dan kemampuan yang lebih dalam membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Reading aloud agar siswa semangat untuk belajar mengajar Al-Qur’an dan juga membangun keterampilan membaca, mendengar dan melatih anak untuk berkosentrasi.
References
Abdul Rahman dan Sya’roni Mazmur.2006..Al-Quran Terjemah Bahasa Indonesia.Jakarta:Menara Kudus.
Ahmad Rohani dan Abu Ahmad.1991.Pengelolaan Pengajaran. Jakarta:Rineka cipta
Arikunto Suharsimi.2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta:PT Rineka Cipta
Basyirudin Usman. 2002. Metodelogi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat pers
Djamarah Saiful B.&Zain Aswan.2010.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:Rineka Cipta
Jawahir Mukhammad.2005.Tekhnik&Strategi Pembelajaran.Bandung: Cendika Press
Majid abdul.2013.Strategi Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Moelong, lexy.j.2002.Metodologi Penelitian Kualitatif .Bandung:Remaja Rosdakarya
Muhaimin.2012. Studi Islam dalam Ragam Dimensi dan Pendekatan.Jakarta:Kencana
Muhammad Qurais Syihab.1992. Membumikan Al-Qur’an, Bandung: Mizan.
Ngatmini,dkk. 2010.Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia.Semarang:IKIP PGRI
Ramayulis.2002.Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta:Kalam Mulia
Said Agil Husin,Al Munawir.2002. Al Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Pres.
Sugiyono.2012.Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif dan R&D .Bandung:Alfabete
Surachman Winarno.1999.Pengantar Penelitian Ilmu Dasar Metodik.Bandung:Tarsito
Surakhman Winarno.1985. Pengantar Penelitian Ilmiah.bandung: Tarsito
Yunus Mahmud.1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama.Jakarta: Hida Karya Agung
Zaini Hisyam,dkk. 2008.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Zakiah Drajat dkk.2001. Metodik khusus Pembelajaran Agama Islam.Jakarta:Bumi Aksara
Zuhairini, dkk.1982. Metode Khusus Pendidkan Agama. Surabaya:Usaha Nasional.