KORELASI ANTARA PEMBELAJARAN TAMAN PENDIDIKAN ALQUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI NURUL JADID DESA KEMIRI KECAMATAN PUSPOKABUPATEN PASURUAN

  • Asrul Anan Asrul Anan

Abstract

Pendidikan pada hakekatnya merupakan usaha manusia untuk melestarikan hidupnya. Karena itulah sering dinyatakan pendidikan telah ada sepanjang peradaban umat manusia. Demikian juga mengenai pendidikan al-Qur’an, bahwa selama ini sistem pendidikan yang berlaku mengalami kegagalan karena memang belum menggunakan al-Qur’ansebagai landasannya. Strategi yang diambil adalah memfungsikan al-Qur’andan Sunnah secara benar yaitu bagaimana menerapkan al-Qur’andan Sunnah sebagai pedoman untuk mencapai tujuan pendidikan secara umum yaitu membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa yang intelek, terampil dan berakhlak mulia. Setelah semuanya itu tercapai baru  disusun program-program pendidikan yang diawali dengan mempelajari al-Qur’ansecara utuh dan benar

Setelah mengkaji secara teoritis berbagai referensi yang ada tentang ekonomi orang tua dan penulis teliti realita di lapangan dengan cara sesuai yang ditentukan para ahli penelitian, maka penulis menganalisa data tersebut dengan kuantitatif.

Berdasarkan analisi data yang diukur dengan menggunakan rumus product moment, korelasi pembelajaran Taman Pendidikan al-Qur’an dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MI Nurul Jadid Kemiri Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan, menunjukkan adanya pengaruh atau hubungan yang signifikan. Ini karena rxy yang diperoleh adalah 0,99 (dan lebih besar daripada “r”), dengan demikian berarti adanya korelasi antara pembelajaran Taman Pendidikan al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MI Nurul Jadid Kemiri Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan.

References

Ali. Mohammad, Penelitian Kependidikan, Prosedur dan Strategi, Bandung: Angkasa, 2003.

Arikunto, Suharsimi Penelitian Pendidikan (Suatu Pendekatan Praktek), Jakarta: Rineka Cipta, 1996

As-suyuthi, Imam, Apa Itu Al-Qur’an,Jakarta: Gema Insani Press, 2002.

Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia, Pedoman Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Qur’an, Jakarta. Cet-III, 1993

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Semarang: Toha Putra, 1999.

Departemen Agama Republik Indonesia, Kurikulum 2004,Jakarta: Depag RI, 2003.

Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineksa Cipta, 2002.

El-harakah, Tabloid UIN Malang edisi XVIII, UIN Press, 2004.

Faishal, Sanapiah, Metodologi Penelitian Pendidikan,Surabaya: Usaha Nasional. 2003.

Gunawan, Ary. Pendidikan Karakter Berbasis Taman Pendidikan Al-Qur’an

Idris, Chairani dan Tasrifin Karim, Pedoman Pembinaan Pemgembangan TK Al-Qur’an, Masjid Istiqlal Kamar 13 Jakarta Pusat, cet. III.

Koentjaraningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2003.

LPPTKA-BKPMI, Laporan Silaturahmi Kerja Nasional, Di Pusat Pendidikan dan Latihan Pramuka Cibubur Jakarta pada tanggal 24-28 Oktober 1992.

Mustofa, H.A. Hadits-hadits Pilihan, Surabaya: Media Aksara, 1999

PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Surabaya: Usaha Nasional, 2005.

Prawiladilaga, Dewi Salma, Prinsip Disain Pembelajaran (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.

Purwanto, Ngalim Evaluasi Pendidikan Jakarta: Rajawali, 1994.

Roestiyah N. K, Strategi pembelajaran, Jakarta: Rajawali, 2004.

Rusyan, A. Tabrani, dkk, Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Karya, 1989.

Said, M. 101 Hadits Pilihan Surabaya: Apollo, 1990.

Sami’uddin, Materi Proposal Skripsi Bangil: STAIPANA, 2012.

Semiawan, Conny R., Perkembangan dan Belajar Peserta Didik.Jakarta: Depdikbud,1999.

Sudjana, Nana, Metode Statistik, Bandung: Tarsito. 2006.

Suharsimi Arikunto, Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: PT Bina Aksara, 2008.

Sunoto, dkk, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MI. Nurul Jadid Desa Kemiri , 2014

Syah. Muhibbin. Psikologi Belajar (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Delphi Publishing House, 2003.

Yusup, Tayar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: PT Raja Gafindo Persada, 1997.

Zuhdi, Masjfuk Pengantar Ulumul Qur’an, Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1982.

Published
2017-01-27
Section
Artikel