ANALISIS PREFERENSI MENJADI MAHASISWA PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG

  • Rokhmat Subagiyo IAIN Tulungagung
  • Ahmad Budiman IAIN Tulungagung
Keywords: Merek, Harga, Kualitas.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan memahami: (1) perbedaan pertimbangan terhadap Harga (UKT), Merek dan Kualitas  menurut kelompok jenis kelamin dalam memilih jurusan di FEBI IAIN Tulungagung; (2)  perbedaan pertimbangan terhadap Harga (UKT), Merek dan Kualitas  menurut kelompok jenis keluarga dalam memilih jurusan di FEBI IAIN Tulungagung; (3)  perbedaan pertimbangan terhadap Harga (UKT), Merek dan Kualitas  menurut kelompok status pernikahan dalam memilih jurusan di FEBI IAIN Tulungagung dan (4) perbedaan pertimbangan terhadap Harga (UKT), Merek dan Kualitas  menurut kelompok lokasi rumah dalam memilih jurusan di FEBI IAIN Tulungagung. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah factor-faktor yang mempengaruhi keputusan menjadi mahasiswa pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Tulungagung berdasarkan karakteristik konsumen.

65

 

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, bertipe eksplanatoris, dengan tipe komparatif pada variabel-variabel sesuai dengan hasil uji hipotesis.   Teknik yang dipakai adalah purposive sampling yaitu teknik menetapkan sampel berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang sudah ditetapkan, yaitu mahasiswa aktif pada jurusan ekonomi syariah, perbankan syariah, akuntansi syariah, manajemen zakat dan wakaf, manajemen keuangan syariah dan manajemen bisnis syariah. Berdasarkan tabel Isaac dan Michael penentuan jumlah sampel,  jumlah populasi 4.921 mendekati angka 5.000, dengan nilai tingkat kesalahan α 5%, maka jumlah sampelnya 326 orang responden dengan sebaran bebas. Penelitian ini ada 342 orang mahasiswa. Teknik analisis yang dipakai Uji Kruskal-Wallis merupakan uji non-parametrik dipakai untuk membandingkan tiga atau lebih kelompok data sampel. Teknik ini dipergunakan saat asumsi normalitas tidak memenuhi atau dengan kata lain nilai varians berbeda.

Hasil perhitungan kruskal-wallis hanya hipotesis kesatu yang diterima, yaitu:  terdapat perbedaan pertimbangan terhadap Harga (UKT), Merek dan Kualitas menurut kelompok jenis kelamin dalam memilih jurusan di FEBI IAIN Tulungagung. Sedangkan hipotesis kedua,  tidak ada perbedaan pertimbangan terhadap Harga (UKT), Merek dan Kualitas  menurut kelompok jenis keluarga dalam memilih jurusan di FEBI IAIN Tulungagung. Hipotesis ketiga, tidak ada perbedaan pertimbangan terhadap Harga (UKT), Merek dan Kualitas  menurut kelompok status pernikahan dalam memilih jurusan di FEBI IAIN Tulungagung dan hipotesis keempat, tidak terdapat perbedaan pertimbangan terhadap Harga (UKT), Merek dan Kualitas  menurut kelompok lokasi rumah dalam memilih jurusan di FEBI IAIN Tulungagung

Berdasarkan pembahasan, maka saran yang diberikan: tetap mempertahankan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) supaya tetap terjangkau; memperkuat merek dalam persaingan bisnis, senantiasa membangun citra mereknya dengan baik di pasar dan terus melakukan upaya peningkatan pada masing-masing atribut kualitas pelayanan yang ditawarkannya.

References

Adisaputro, Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2010.
Alma, Buchari. Pemasaran Strategik. Cetakan Kesatu, Penerbit Alfabeta, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2000.
Engel, J.F., B. Roger., dan P. Miniard. Perilaku Konsumen. Alih bahasa Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara, 2010.
Frank, Robert H. Microeconomics and Behavior. Eighth edition, Mc.Graw:Hill International Edition, 2011.
Hover, Robert H. Microeconomics and behavior. Eight Edition. Mc. Graw: Hill International Edition, 2011.
Kotler, Philiip dan Kevin Lane Keller. Marketing Management (14ed). New Jersey: Pearson Education, 2012.
-----------------------, Alih Bahasa Benyamin Molan, Manajemen Pemasaran, Edisi Keduabelas, Jilid 1. Jakarta, PT. Indeks, 2007.
--------, dan G. Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Alih Bahasa Oleh Damos Sihombing, MBA., Jakarta: Penerbit Erlangga. Kotler Philip, Edisi (2000). Manajemen Pemasaran, Milenium, Jilid 1 Revisi, 2012.
-------- dan G.Amstrong, Principle of Marketing, 14th edition. New Jersey: Prentice Hall, 2012.
Kumalasari, Tri; Sutoro; Djunaidy Santoso. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa/I Dalam Pemilihan Jurusan Dengan Metode Analisis Komponen Utama Berbasiskan Komputer, Jurnal Ilmiah Matematika Statistik, Volume 10, Nomor 1, Januari Tahun 2010,.//
http://eprints2.binus.ac.id/id/eprint/13681 , yang diakses pada 4 maret 2018, pada 21.00 WIB.
Kuncoro, Mudrajad. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2003.
Mulyati, Yofina, Mailinarti dan Masruri, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Padang, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, Vol. 20 No. 1, 2016. http://ojs.unidha.ac.id/index.php/edb_dharmaandalas/article/view/22, yang diakses pada 3 Maret 2018 pukul 20.00 WIB. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/.../pengaruh-customer-value-terhadap-loyali... yang diakses pada 11 April 2017, pada 24.00 WIB
Nitisemito, Alex S. Marketing. Jakarta Penerbit Ghalia Indonesia, 1999.
Nitisusastro, Mulyadi. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta, 2012.
Pepadri, Isman. Pricing Is The Moment Of Truth All Marketing To Focus In The Pricing Decision. Usahawan No. 10 TH XXXI Oktober (2002), hal.17.
Putri, Noventi Ersa dan Dadang Iskandar. Analisis Preferensi Konsumen Dalam Penggunaan Social Messenger Di Kota Bandung Tahun 2014 (Studi Kasus : Line, Kakaotalk, Wechat, Whatsapp), Jurnal Manajemen Indonesia, Volume 14 no 2, Agustus 2014, hal. 118-119.
Purwanto, Endang. Analisis Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Stie “AMA” Salatiga, Jurnal Ilmiah Among Makarti, Vol. 8 No. 16, http://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/120 yang diakses pada 4 Maret 2018 pukul 21.00 WIB.pp. 44-54.
Riduwan. Dasar-Dasar Statistika. cetakan 10. Bandung: Alfabeta, 2012.
Rismiati, E.Catur dan Ig. Bondan Suratno. Pemasaran Barang dan Jasa. Yogyakarta: Kanisius, 2001.
Ruhiyat, Endang. Analisis Faktor Yang Menjadi Penentu Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, Universitas Pamulang, Volumenopenjournal.unpam.ac.id/index.php/Inovasi/article/download/293/222, diakses pada 13 maret 2018 jam 11.00 wib.
Schiffman, Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk, Consumer Behavior, Edition, 9. (New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2007.
-----------------.Perilaku Konsumen. Edisi ketujuh. Jakarta: Erlangga, 2009.
Subagiyo, Rokhmat. Metode Penelitian Ekonomi Islam: Konsep dan Penerapan. Jakarta: Alim’s Publishing, 2017.
Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfa Beta. 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta. 2015.
Sumarwan, Ujang. Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia. 2011.
Susanta, Analisis Preferensi Calon Mahasiswa Terhadap Program Studi dengan Menggunakan Cochran Q Test dan Analytical Hierarchy Process (AHP), Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 6 No. 2, http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jiab/article/view/158 yang diakses pada 10 Februari 2018 pada pukul 20.00 wib.
Swastha DH, Basu dan Irawan, Manajemen Penjualan, Edisi Ketiga, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Penerbit BPFE, 2000.
Umar, Husein. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama, 2002
Vania, Jennie dan Yuanita Kuntardjo, analisa perbedaan persepsi konsumen terhadap lingkungan fisik di restoran platimnum grill surabaya, Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol. 6 no 1, tahun 2018, hal. 255. Jurnal mahasiswa Program Studi Manajemen Perhotelan, Universitas Kristen Petra Surabaya. Yang di akses dari http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/index, pada 19 Agustus 2018 pada 08.35 WIB.
Published
2018-11-30
Section
Artikel