PENINGKATAN NILAI PERUSAHAAN MELALUI TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS PADA KONSTITUEN INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA

  • Evan Hamzah Muchtar STAI Asy-Syukriyyah Tangerang
  • Amiur Nuruddin UIN Sumatera Utara
  • Saparuddin Siregar UIN Sumatera Utara
Keywords: company value, governance, profitability, Islamic stock index

Abstract

This study aims to obtain empirical evidence about the effect of corporate governance on profitability and its impact on company value. To measure the level of implementation of corporate governance, an index that has been developed based on relevant regulations and previous research is used. This study uses a purposive sampling method from the constituents of the Indonesian Syariah Stock Index (ISSI) in 2017. There are 50 companies that meet the criteria for the study sample. Data analysis using the Structural Equation Model (SEM) approach with the GeSCA Version 1.5 Web analyzer. The results of this study indicate that corporate governance has a positive and significant effect on profitability, while corporate governance does not affect the value of the company. Profitability affects the value of the company. Corporate governance affect the value of the company mediated by profitability.

References

Abdalloh, Irwan, Pasar Modal Syariah, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2018

Atmaja, Lukas Setia, Manajemen Keuangan, Yogyakarta: Andi Offset, 2008

Ayuningrum, Niken dan Saputra, Rangga Dwi, “Pengaruh Penerapan GCG Terhadap Nilai Saham Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Perbankan Syariah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”,Jurnal Akuntanika Vol.3 No.2, Musi Banyuasis: Politeknik Sekayu, 2017

Brigham dan Ehrhardt.Financial Management Theory And Practice, Eleventh Edition. Ohio: South Western Cengage Learning, 2005

Brigham, Eugene F dan I.C. Gapenski, Intermediate Financial Management, Fifth Edition, New York: The Dryden Press, 2011

Feliciana, Angeline Cythia dan Devie, “Pengaruh Corporate Governance Terhadap Financial Performance dengan Earning Management sebagai Variabel Intervening Pad Perusahaan yang Terdaftar di LQ45”, Business Accounting Review Vol.5 No.2, 2017

Harahap, Sofyan Safri, Analisis Kritis dan Laporan Keuangan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007

Husnan, Suad. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapannya (Keputusan Jangka Panjang), Yogyakarta : BPFE, 2000

Jensen, Michael C dan Meckling, William H, “Theory of The Firm, ManagerialBehavior, Agency Cost, And Ownership Structure”, Journal of FinancialEconomics Vol.13, 1976

Lukviarman, Niki, Corpoate Governance, Solo: PT Era Adicitra Intermedia, 2016

Marchyta, Nony Kenzia dan Astuti, Dewi, “Pengaruh Struktur Modal danKarakteristik Perusahaan Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan”, FINESTA Vol. 3, No.1, 2015

Mardiyati, Umi., Ahmad ,Gatot Nazir., Putri ,Ria. “Pengaruh kebijakan dividen, kebijakan hutang dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2005-2010”, Jurnal Riset Manajemen SainsIndonesia (JRMSI), Jakarta.III(1), 2012

Morris, R. D. “Signaling, Agency Theory and Accounting Policy Choice”dalam Jurnal Accounting and Business Research , Volume 18, No. 69, 1987

Nur Mufidah dan Puji Endah Purnamasari, “Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR dan GCGSebagai Variabel Moderating”, El-Dinar Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah Vol.6 No.1, 2018

Otoritas Jasa Keuangan, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.21/POJK.04/2015 tentang Penerapan Pedoman Tata Kelola Perusahaan Terbuka jo. Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No.32/SEOJK.04/2015 tentang Pedoman Tata Kelola Perusahaan Terbuka, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan, 2015

Otoritas Jasa Keuangan, Roadmap Pasar Modal Syariah 2014-2019, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan, 2014

Rachman, Arief Nour, Sri Mangesti Rahayu & Topowijono, “Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Financial Leverage Terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.27 No.1, 2015

Safitri, Ruticha dan Asyik, Nur Fadjrih, “Dampak Leverage Terhadap Pengaruh GCG dan CSR Pada Nilai Perusahaan”, Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol.5 No.12, 2016

Scott, William R. Financial Accounting Theory, Sixth Edition, Toronto: Pearson Canada Inc, 2012

Soemitra, Andri, Bank & Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2013

Suharli, Michell, “Studi Empiris Terhadap Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Go Public di Indonesia”, Jurnal IMAKSI Vol.6, 2006

Susilo, Anindito, Sulastri dan Isnurhadi, “Good Corporate Governance, Risiko Bisnis dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan”, Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol. 16 No.1, 2018

Sutedi, Adrian, Good Corporate Governance, Jakarta: Sinar Grafika, 2012

Wibowo, Santoso. Yokhebed dan Tampubolon, Labok, “Pengaruh CSR Disclosure Dan GCG Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening Di Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI (2012-2014)”, Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin & Call Paper Unisbank Ke-2, Semarang: Unisbank, 2016

Wijaya, Anthony dan Nanik Linawati, “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Variabel Moderator CSR dan GCG”, FINESTA Vol.3 No.1, 2015.

Published
2019-05-16
Section
Artikel