ANALISIS IMPLEMENTASI ALTERNATIF MODEL JUAL BELI PADA PRODUK JUAL BELI TANAH DENGAN HAK MEMBELI KEMBALI PADA PT AKUISINDO ASSETAMA JAKARTA DITINJAU DARI HUKUM POSITIF DAN SYARIAH

  • Bahori Ahoen TAZKIA
Keywords: Jual beli tanah dengan hak membeli kembali, Repo, Properti

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Jual beli Pada Produk Jual Beli tanah dengan Hak Membeli Kembali di PT. Akuisindo Assetama Jakarta, ditinjau dari Hukum Positif yang berlaku di Indonesia dan Hukum Syariah, Penelitian ini menggunakan pendekatan ANP, Data yang didapatkan adalah data primer berupa isian kuesioner, transkrip wawancara dengan berbagai responden dan data sekunder dari telaah literature yang kemudian data tersebut digunakan untuk proses pengolahan dengan metode ANP, Hasil Penelitian Mengungkapkan bahwa dari Empat Jenis Produk jual beli dengan Hak membeli Kembali yaitu Jual Beli Sewa dimana jual-beli dengan hak membeli kembali dengan adanya tambahan akad sewa menyewa, Jual Beli yang merupakan jual-beli dengan hak membeli kembali dengan terlepasnya antara jual-beli pertama dan kedua, Ba’i Al-Wafa’ yang menggunakan bai’wafa, dan Rahn yang menggunakan akad rahn. dari Keempat  Jenis Produk tersebut Jual Beli Sewa dimana jual-beli dengan hak membeli kembali dengan adanya tambahan akad sewa menyewa adalah Jual beli yang paling bersesuaian dengan Syariah.

 

References

Abdul Rasyid Saliman. et al. (2008). Hukum Bisnis Untuk Perusahaan: Teori dan Contoh Kasus, Kencana Prenada Media Group, cet. Ke 4.

Abdurrahman al-Jaziri. (1990). Kitab al-Fiqh Ala Madzahib al-Arbaah, Juz I, Beirut: Daaral-Kutb al-Ilmiyyah,.

Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung

Ahmad Azhar Basyir, (1993). Asas-asas Hukum Muamalah(Hukum Perdata Islam). Yogyakarta: Perputakaan FH UII.

Algifari. (2003). Statistik Induktif untuk Ekonomi dan Bisnis, Yogyakarta: Akademi.

Ali Muhammad Daud. (2002).Hukum Islam: Pengantar Ilmu Hukum dan Tata HukumIslamdi Indonesia. Ed 6. Cet 10. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Almaarif Sayyid Sabiq. (1987). Fiqh al-Sunnah,Terj. Kamaluddin dan Marzuki. Bandung: Al-Ma’arif.

Amir, M. Taufiq. (2005) Dinamika Pemasaran; Jelajahi dan Rasakan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Antonio,Syafi’i, Muhammad. (2001). Bank Syariah: Dari Teori Ke Praktik, Jakarta: Gema Insani.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, edisi Revisi.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ascarya. (2008). Akad & Produk Bank Syariah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ayub, Muhammad. (2009).Understanding Islamic Finance, Jakarta: Gramedia Pustaka.

Buchari Alma. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Departemen Agama RI. (1998). Al-Qur'an dan Terjemahannya. Semarang: PT. Karya Toha Putra.

Efendi, Yazid, M., (2012). Fiqh Muamalah dan Implementasinya dalam Lembaga Keuangan Syari’ah. Yogjakarta: Logung Pustaka.

Haris Herdiansyah. (2015). Wawancara, Observasi, dan Focus Groups: Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Hasan, Ali, M. (2004). Berbagai Macam Transaksi dalam Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hasan, Iqbal. (2006). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta: Kalam Mulia.

Karim, Adiwarman, (2003). Bank Islam (Analisis Fiqih dan Keuangan). Jakarta: IIIT Indonesia.

Kasmir. (2002). Manajemen Perbankan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Khallaf, Wahab. (1994). Abdul, Ilmu Ushul Fiqh. Semarang: Dina Utama.

M. Ali Hasan.(2003). Berbagai Macam Transaksi dalam Islam (Fiqh Muamalah). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

M. Hasbi Ash Shiddieqy. (1997). Hukum-hukum Fiqh Islam, Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Masadi, A., Ghufron. (2002). Fiqih Muamalah Kontekstual, Jakarta: PT Raja Grafindon Persada.

Mukhamad Saekan. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Kudus: Nora Media Enterprise.

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: PT Tarsito Bandung.

Nasution. (2006). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nazir, Mohamad. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Noeng Muhajir. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi IV. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Ramulya, Idris, Moh. (1995). Asas-Asas Hukum Islam. Jakarta: Sinar Grafika.

Sabiq, Sayyid. (2000). Fikih Sunnah. Jakarta: Cakrawala Publishing.

Sayyid as-Sabiq. (1987). Fiqih Sunnah, cet. Ke-1, alih bahasa. Khamaluddin dan A. Marzuk Bandung.

Sayyid, Al-Imam, Muhammad, Ibn Ismail, Al-Kahlani, Al-Sun’ani.Subul Al-Salam Sarh Bulugh Al-Maram Minjami’ Adilati Al Ahkam. Kairo: Juz 3, Dar Ikhya’ Al-Turas Al-Islami. Shofwan, Ahmad.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suhendi, Hendi. (2002). Fiqh Muamalah: Membahas Ekonomi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syaifudin Azwa. (2001). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syalibi, Ahmad. (1988). Sejarah dan Kebudayaan Islam; Imperium Turki Usmani.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Taqiyuddin Abi Bakar al-Husaini. (1990) Kifayat al-Akhyar, Juz I. Semarang: Toha Putra.

Tony Wijaya. (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis: Teori dan Praktik. Utama.V, Jakarta: Rineka Cipta.

Veithzal Rivai dan Andria Permata Veithzal. (2008). Islamic Financial Management : Teori, Konsep, dan Aplikasi Panduan Praktis Untuk Lembaga Keuangan, Nasabah, Praktisi, Dan Mahasiswa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yahya, Muhtar dan Rohman, Fatchur. (2006). Dasar-Dasar Pembinaan Hukum Fiqh Islam. Bandung: Al-Ma’arif.

Yanggo, Tahido, Huzaemah. (1997). Pengantar Perbandingan Madzhab. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Yatim, Badri. (2003). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Published
2020-06-06
Section
Artikel