Analisis Penerapan Business Model Canvas pada Koperasi Syariah

  • Intan Nurrachmi Universitas Islam Bandung
  • Setiawan Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Business Models, Sharia Cooperatives, Business Models Canvas, Model bisnis, Koperasi Syariah, Model Bisnis Kanvas

Abstract

The use of the canvas business model method in Islamic cooperative institutions is considered important to correct the possibility of errors or the need for improvement in the process of running a business model, also to determine the strengths and weaknesses in the cooperative. Islamic cooperatives are business entities that have the purpose of profit and social benefits, it is necessary to support all parties, both directly and indirectly, so that the role of Islamic cooperatives in improving the economic welfare of the community can be realized with financing products that are very beneficial for the Islamic cooperative as well as for the customers. This study aims to analyze the Sharia Cooperative business model using Business Model Canvas. The research method used is descriptive method with a case study approach. While the stages are data collection, data processing and making conclusions. Koperasi Syariah KSBM tries its best to provide various product services to consumers. How to socialize products and establish friendships made a form of whatsapp groups. The profit gained by KSBM is from product sales, profit sharing from savings and loans as well as from services. The KSBM partnership was established with BRI Syariah, Post Office and Samsat.

__________________________________________________________________

Penggunaan metode model bisnis canvas pada lembaga koperasi syariah dinilai penting untuk mengoreksi kemungkinan terjadinya kesalahan atau perlu adanya perbaikan dalam proses menjalankan model bisnis, juga untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada pada koperasi. Koperasi syariah merupakan badan usaha yang mempunyai tujuan mencari keuntungan dan manfaat sosial, perlu adanya dukungan semua pihak baik secara langsung maupun tidak langsung, agar peran koperasi syariah dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dapat terwujud dengan produk pembiayaan yang sangat bermanfaat bagi koperasi syariah serta bagi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model bisnis Koperasi Syariah dengan menggunakan Business Model Canvas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan tahapannya adalah pengumpulan data, pengolahan data dan pengambilan kesimpulan. Koperasi Syariah KSBM berusaha sebaik mungkin untuk menyediakan berbagai layanan produk kepada konsumen. Cara mensosialisasikan produk dan menjalin pertemanan dilakukan dalam bentuk grup whatsapp. Keuntungan yang diperoleh KSBM berasal dari penjualan produk, bagi hasil dari simpan pinjam serta dari jasa. Kerja sama KSBM terjalin dengan BRI Syariah, Kantor Pos dan Samsat.

References

Adil, U. 2017. Bisnis Syariah di Indonesia, Hukum dan Aplikasinya. Jakarta : Mitra Wacana Media

Alma, Buchari dan Donni Priansa. 2009. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta

Anoraga dan Soegiastuti. 1996. Pengantar Bisnis Modern-kajian dasar manajemen perusahaan, Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Buchori, Nur S. 2012. Koperasi Syariah. Tangerang: Penerbit Pustaka Aufa Media (PAM Press)

DEPKOP. 2019. Data Koperasi 2019. Tersesdua: http://www.depkop.go.id, Diakses tanggal 29 Februari 2020

Dewobroto, Wisnu Sakti. 2013. Penggunaan Business Model Canvas Sebagai Dasar Untuk Menciptakan Alternatif Strategi Bisnis dan Kelayakan Usaha. Jurnal Teknik Industri Universitas Trisakti. 215-230

Dusuki, A.W. and N.I. Abdullah. 2007. Maqasid al-Shariah, Maslahah, and corporate social responsibility. American Journal of Islamic Social Sciences.

Globalnews.id, Kemenkop dan UKM Minta BMT Kembangkan Inovasi Layanan Keuangan, (7 November 2019, diakses tanggal 28 Februari 2020)

Gumelar Ardiansyah, Pengertian Koperasi Syariah, https://guruakuntansi.co.id/koperasi-syariah/23/2/2020

Laurentius Evan Wijaya dan Ratih Indriyani. 2016. Analisis Business Model Canvas Pada Cv. Kayu Murni Surabaya, AGORA Vol. 4, No. 2, Program Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya

Mohammad, R. Khairizza. 2015. Business Model Canvas Pada BMT Kanindo Syariah Malang, (Skripsi, 6 Februari 2015)

Muslich, Muhammad. 2007. Bisnis Syariah Perspektif Mu’amalah dan Manajemen. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Nielsen, A.C. (2005). Asia Pasific Retail and Shopper Trends 2005. http://www.acnielsen.de/pubs/documents/RetailandShopperTrendsAsia2005.pdf (diakses pada tanggal 15 Pebruari 2020).

Osterwalder, A., Pigneur, Y. 2010. Business Model Generation. Canada: John Wiley dan Sons, inc.

Rajafi, Ahmad, 2013, Masa Depan Bisnis Islam di Indonesia, Yogyakarta: LKIS, 2013.

Rajiv Mehta et.al. 2010. Managing International Distribution Channel Partners: A Cross Cultural Approach.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soemitra, Andri. 2010. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta : Prenada Media

Suhendi, Hendi. 2002. Fiqih Muamalah, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Wibowo (2011). Manejemen Kinerja. Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Widjajakusuma, Muhammad Karebet dan Muhammad Ismail Yusanto. 2002. Menggagas Bisnis Islami, Jakarta: Gema Insani Press.

Zott, Christoph and Raphael Amit. 2009. Business Model Design: An Activity System Perspective. Long Run Planning (LRP).

Published
2020-12-11
Section
Artikel