Hubungan Kualitas Pelayanan Islami dan Citra Biro Perjalanan (Travel) Terhadap Keputusan Jamaah dalam Menggunakan Biro Perjalanan (Travel) Haji dan Umrah

  • Indah Shoifuro Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya
  • Clarashinta Canggih Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Islamic Service Quality, Image, Incustomer Decision, Hajj and Umrah Travel Agency

Abstract

This research aimed to examine the relationship between Islamic service quality and the image of travel agency toward customer decision to use Hajj and Umrah travel agency. The method used in this research was quantitative through multiple correlation analysis, with total sample of 94 person. Data collected through questionnaire used likert scale. The results of this study indicated that Islamic service quality did not show a significant relationship to the customer decision of using Hajj and Umrah travel agency, while image of the travel agency had a significant relation on the decision. However, simultaneously, quality of Islamic services and the image of travel agency had a significant relationship to the customer decision of using Hajj and Umrah travel agency.

_________________________________________________________________

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan kualitas layanan Islami dan citra biro perjalanan terhadap keputusan pelanggan menggunakan biro perjalanan haji dan umrah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif melalui analisis korelasi ganda, dengan jumlah sampel 94 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan syariah tidak menunjukkan hubungan yang signifikan terhadap keputusan pelanggan menggunakan biro perjalanan haji dan umrah, sedangkan citra biro perjalanan memiliki hubungan yang signifikan terhadap keputusan tersebut. Namun secara simultan, kualitas layanan Islami dan citra biro perjalanan memiliki hubungan yang signifikan dengan keputusan pelanggan dalam menggunakan biro perjalanan haji dan umrah.

References

AMPHURI, A. M. P. H. dan U. R. I. (2020). Jumlah Jamaah Umrah Indonesia dari Tahun ke Tahun.

Hartono, B. D., & Nikijuluw, J. E. P. (2017). Creating Consumer Purchase Decision : Analysis Of Brand Image, Service Quality And Marketing Communication. (A Case Study On Mal Artha Gading/Mag Jakarta). International Journal Of Advanced Research (IJAR), 5(3), 946–956.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2016). Waiting List Ibadah Haji.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Pencarian PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah).

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran (1 dan 2). PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler Philip, 2002. (2002). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan dan Implementasi dan Kontrol. In Manajemen Pemasaran.

Kurniawan, H. D. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Jasa JNE Jl. Glagahsari No. 62 Yogyakarta). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(4), 72–82.

Kusnandar, V. B. (2019). Indonesia, Negara dengan Penduduk Muslim Terbesar Dunia.

Muhammad Nizar, A. R. (2020). Tinjauan Wisata Halal Prespektif Maqosidus Syariah Terkait Fatwa Dsn Mui Dsn-Mui No. 08 Tahun 2016. Jurnal Istiqro, 6(1), 95–113.

Nizar, M. (2017). Strategi Promosi Dalam Pengembangan Pariwisata Halal Di Taman Wisata Religy Gunung Mujur Karangploso Malang. Al-ghazwah, 1(1), 87–102.

Othman, A., & Owen, L. (2001). Adopting and Measuring Customer Service Quality (SQ) in Islamic Banks : A Case Study in Kuwait Finance House. International Journal of Islamic Financial Services, 3, 1.

Pontoh, M., & Dkk. (2014). Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI Cabang Manado. Jurnal EMBA, 2, 3.

Rafidah. (2014). Kualitas Pelayanan Islami pada Perbankan Syariah. Nalar Fiqh, 10, 2.

Ria, R., & Yuliawati. (2018). Hubungan Harga, Lokasi, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Susu Segar Di Kecamatan Sidorejo, Salatiga, Jawa Tengah. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(3), 195–209.

Rohman, A., & Andhita, A. (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Pengiriman (Study Kasus Pada Pengguna Jasa JNE Express Across Nations Cabang Nganjuk). Jurnal CAPITAL, 1, 1.

Roisah, R., & Riana, D. (2016). Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ecodomica, 4(1).

Salatun, S. W., & Layoo, N. (2017). Hubungan Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Outdoor Di Kota Luwuk. Jurnal Emor, 2(2), 116–130.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Prenada Media Group.

Sholihah, N. W. (2019). Pengaruh Marketing Mix 4p (Product, Price, Place Dan Promotion) Terhadap Keputusan Konsumen Yang Menjadi Jama’ah Umroh Di PT. Shafira Lintas Semesta. Skripsi, 8(5), 55.

Suryana, P. (2013). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Implikasinya pada Minat Beli Ulang. Jurnal Trikonomika, 12(2), 190–200.

Suwandi, I. M. D. (2010). Citra Perusahaan, Seri Manajemen Pemasaran.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset.

Widarjono, A. (2018). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya Disertai Panduan Eviews. UPP Shendry TIM YKPN.

Published
2020-12-11
Section
Artikel