Pengaruh Efektivitas Media Sosial, Daya Tarik, Harga Tiket, dan Fasilitas Pelayanan Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung di Curug Goa Jalmo Kabupaten Pasuruan

  • Tina Rahmadayanti Universitas Yudharta Pasuruan
  • Kholid Murtadlo Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Effectiveness of Social Media, Attractiveness, Ticket Prices, Tourist Service Facilities, Visiting Decisions, Efektivitas Media Sosial, Daya tarik, Harga tiket, Fasilitas Pelayanan Wisatawan, Keputusan Kunjungan

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of social media effectiveness, attractiveness, ticket prices, and tourist service facilities in making someone decide to visit Curug Goa Jalmo, Pasuruan Regency. The samples taken were 133 respondents. Samples taken are visitors to the jalmo cave tour. This research uses quantitative research methods with multiple linear regression analysis. The type of data in this study is primary data. The results of this study indicate that: the effectiveness of social media has no significant effect on visiting decisions, tourist attraction has a significant effect on visitor decisions, ticket prices have a significant effect on visiting decisions, and tourist service facilities have a significant effect on the decision to visit Curug Goa Jalmo, Pasuruan Regency.

_________________________________________________________________

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari efektivitas media sosial, daya tarik, harga tiket, dan fasilitas pelayanan wisata dalam membuat seseorang memtuskan untuk berkunjung ke Curug Goa Jalmo Kabupaten Pasuruan. Sampel yang diambil berjumlah 133 responden. Sampel yang diambil adalah pengunjung wisata curug goa jalmo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : efektivitas media sosial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, daya tarik wisata memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pengunjung, harga tiket berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, dan fasilitas pelayanan wisata berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung di Curug Goa Jalmo Kabupaten Pasuruan.

References

Adriel Jordan Anggono Sunarti. (2018). Pengaruh Harga dan Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjung ( Survei pada Pengunjung Wisata Paralayang , Kota Batu ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(3), 190–197.

Arum W.P. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212–231.

Fitrian, D., Arifin, R., & Rachmat, A. (2017). Pengaruh Persepsi Nilai, Persepsi Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Berkunjung (Studi Kasus pada Pariwisata Alam Omah Kayu di Batu). E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma Website : Www.fe.unisma.ac.id (email : E.jrm.feunisma@gmail.com) Pengaruh, 51–66.

Ilhami, M., Nugraha, A., & Firdaus, H. (2017). Visualisasi Peta Fasilitas Penunjang Wisata Religi Kabupaten Demak Menggunakan Aplikasi Carrymap (Studi Kasus Masjid Agung Demak Dan Makam Kadilangu). Jurnal Geodesi Undip, 6(4), 219–225.

Istiqomah, E. M., & Istiqomah, I. (2020). Daya Tarik Wisata, Fasilitas Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Di Umbul Ponggok Kabupaten Klaten. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(02).

Karimah, S., & Hastuti, H. (2019). The Development Strategy Of Lake Kelimutu Tourist Attraction In Ende Regency. Geosfera Indonesia, 4(2), 188.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran (1 dan 2). PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. (2012). Kotler On Marketing. In Kotler On Marketing (p. 272).

Kristiutami, Y. P. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Museum Geologi Bandung. Pariwisata, II(2), 77–88.

Muhammad Nizar, A. R. (2020). Tinjauan Wisata Halal Prespektif Maqosidus Syariah Terkait Fatwa Dsn Mui Dsn-Mui No. 08 Tahun 2016. Jurnal Istiqro, 6(1), 95–113.

Mulae, S. O., & Said, R. M. (2019). Strategi Penilaian Objek Wisata Cengkeh Afo Sebagai Upaya Penguatan Sektor Pariwisata Di Ternate. Humano: Jurnal Penelitian, 10(1), 364.

Mulyati, Y., & Masruri. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Ditinjau dari Perspektif Daya Tarik Destinasi Wisata Kota Bukitinggi. Menara Ilmu LPPM UMSB, XIII(1), 190–205.

Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43.

Nizar, M. (2017). Strategi Promosi Dalam Pengembangan Pariwisata Halal Di Taman Wisata Religy Gunung Mujur Karangploso Malang. Al-Ghazwah, 1(1), 87–102.

Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13–27.

Puspa, I. A. T. (2019). Ngaben sebagai Daya Tarik Pariwisata. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 4(1), 37.

Renanita, T. (2017). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Intensi dan Perilaku Berwisata Masyarakat serta Implikasinya bagi Entrepreneurship Bidang Pariwisata. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 4(1, 2), 49–58.

Rheza, A. (2014). Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Wisatawan Asing Berkunjung Kembali Ke Aloita Resort di Kab. KEP. Mentawai. Jurnal Pelangi, 7(1).

S, A. (2016). Metodologi Penelitian: Pendekatan Penelitian. Artikel, 33–40.

Saladin, D. (2006). Manajemen Pemasaran. In Edisi Keempat, Bandung : Linda Karya.

Sevilla, C.G., Ochave, J.A., Punsalan, T. G., & Regala, B.P. & Uriarte, G. . (1993). Pengantar Metode Penelitian. UI Press.

Shinta, A. (2020). Manajemen Pemasaran : Manajemen Pemasaran Modern. In Management Pemasaran (Vol. 9, Issue 2).

Sondang, P. S. (2009). Organisasi, kepemimpinan dan Perilaku administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Sudarwati, S., Kustiyah, E., & Tsani, A. F. (2017). Pengaruh Lokasi, Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung di Taman Satwa Taru Jurug Solo. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 238–249.

Sulistiyana, R. T, Hamid. D, A. D. F. (2015). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Museum Satwa). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 25(2), 86214.

Suratman, J. P. M., Wilopo, & Sunarti. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis, 57(2), 12–20.

Wahyudi, I. (2018). Pengembangan Sarana dan Prasarana Daya Tarik Wisata. Ceo Inspire Group, 1.

Wardhani, U. E., Viverawati, & Mustafa. (2008). Usaha Jasa Pariwisata Jilid 1. In Usaha Jasa Pariwisata Jilid 1.

Wiratini M, N. N. A., Setiawan, N. D., & Yuliarmi, N. N. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Pada Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 279.

Zebua, F. N. (2018). Persepsi Wisatawan Terhadap Fasilitas Objek Wisata Dataran Tinggi Dieng Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Planologi Unpas, 5(1), 897.

Published
2020-12-26
Section
Artikel