Faktor Pengetahuan dan Religiusitas Generasi Z Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah

  • Muchamad Bagus Satrio Wibowo Perbanas Institute
  • Muhammad Iqbal Perbanas Institute
Keywords: Knowledge, Religiosity, Customer Interest, Pengetahuan, Religiusitas, Pelanggan

Abstract

This study aims to determine the knowledge and religiosity of Generation Z on interest in saving in Islamic banks. The data used are primary data using purposive sampling technique. The results of the multiple linear analysis test show that knowledge and religiosity variables can affect customer interest in saving in Islamic banks by 80.4%. These results provide opportunities for Islamic banks to increase knowledge by way of socializing about Islamic banks to the public. then by participating in religious activities, it can increase religiosity, so that people's interest in saving in Islamic banks is increasing.


Keywords: Knowledge, Religiosity, Customer

_______________________________________

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan religiusitas Generasi Z tentang minat menabung di bank syariah. Data yang digunakan adalah data primer dengan teknik purposive sampling. Hasil uji analisis linier berganda menunjukkan bahwa variabel pengetahuan dan religiusitas dapat mempengaruhi minat nasabah menabung di bank syariah sebesar 80,4%. Hasil tersebut memberikan peluang bagi bank syariah untuk menambah pengetahuan dengan cara mensosialisasikan tentang bank syariah kepada masyarakat. kemudian dengan mengikuti kegiatan keagamaan dapat meningkatkan religiusitas, sehingga minat masyarakat untuk menabung di bank syariah semakin meningkat.

Kata Kunci: Pengetahuan, Religiusitas, Pelanggan

References

Abhimantra, A., Maulina, A. R., & Agustianingsih, E. (2013). Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah (Mahasiswa) Dalam Memilih Menabung Pada Bank Syariah. 5, 8.

Abrori, S. (2020). Diajukan Kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi. 134.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Darmawan, A., Dewi Indahsari, N., Rejeki, S., Rizqie Aris, M., Yasin, R., Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto, P., & Studi Ekonomi Syariah Pasca Sarjana IAIN Purwokerto, P. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Jateng Syariah. In Jurnal Fokus Bisnis (Vol. 18, Issue 01).

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang :Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indarti, Nurul. 2014. Manajemen Pengetahuan : Teori dan Praktik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Khatimah, Nurul. 2018. Pengaruh Religius, Kepercayaan, Citra Perusahaan, dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung dan Loyalitas di Bank Syariah Mandiri (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Gresik). Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, Vol. 5, No. 1, h. 40.

Maghfiroh, S. (n.d.). Diajukan kepada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. 163.

Mujaddid, F., & Nugroho, P. T. A. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Reputasi, Lingkungan Dan Religiusitas Terhadap Minat Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Prodi Perbankan Syariah Dalam Menabung Di Bank Syariah. 10, 24.

Parastika, P., Hartini, T., & Amri, U. (2021). Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 10(1), 177–187.

Perdana, Eko K. Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22. Bangka Belitung: Lab Kom Manajemen FE UBB. 2016.

Pramono, Sri Sukmawati, Suyono. 2012. Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Jakarta: Intidayu Press

Purnomo, Aldy, Rohmat. 2016. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Fadilatama

Sumarwan, Ujang. 2011 Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Wahyudin, Dwiwiyati, A., Siti, Z. 2011. Aspek Religiusitas dalam Keputusan Pembelian Produk Halal (Studi Tentang Labelisasi Halal pada Produk Makanan dan Minuman Kemasan). JEBA, Vol. 13, No. 1, hal. 1-2.

Published
2022-01-13
Section
Artikel