PENGARUH SYARIAH MARKETING TERHADAP MOTIVASI MENABUNG NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH DI BMT MASLAHAH CAPEM SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN

  • Abdillah Mundir Nur Muhammad Zamroni Pusat Penerbitan dan Kajian Ekonomi Syari'ah Prodi Ekonomi Syariah-Universitas Yudharta Pasuruan

Abstract

Pemahaman karakteristik syariah marketing dan prinsip-prinsip syariah marketing menjadi pedoman bagi BMT Maslahah untuk menciptakan hubungan kemitraan antara BMT dengan nasabah yang dijalin secara terus menerus dalam usaha untuk meningkatan, menciptakan kepuasan, motivasi serta kepercayaan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bagaimana hubungan penerapan teori syariah marketing di BMT Maslahah Sidogiri Cabang pembantu Sukorejo dengan motivasi nasabah dalam memilih tabungan mudharabah.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan deskriptif, Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dan dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa secara umum variable independen (teistis, etis, realistis, dan humanistis) berpengaruh cukup signifikan sebesar 47,5%, hal ini menunjukan adanya pengaruh yang cukup berarti antara variabel independent (teistis, etis, realistis, dan humanistis) terhadap variable dependent (motivasi nasabah menabung pada tabungan mudharabah). Berdasarkan koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa 22,6% motivasi nasabah menabung pada tabungan mudharabah dipengaruhi oleh strategi syari'ah marketing, sedangkan sisanya 77,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dan tidak termasuk dalam analisa regresi ini.

Dari data yang ada, terlihat motivasi nasabah menabung pada tabungan mudharabah BMT Maslahah cukup baik, oleh karena itu pihak BMT Maslahah harus terus mengadakan evaluasi terhadap tingkat kepentingan nasabah,dan juga harus selalu meningkatkan kemampuannya dalam menyediakan jasa yang dimilikinya sehingga nasabah memiliki loyalitas yang tinggi.

Author Biography

Abdillah Mundir Nur Muhammad Zamroni, Pusat Penerbitan dan Kajian Ekonomi Syari'ah Prodi Ekonomi Syariah-Universitas Yudharta Pasuruan
DOSEN EKONOMI SYARIAH UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN

References

Ali, H. Zainudin. Hukum Perbankan Syariah. Jakarta: Sinar Grafika. 2008.

Antonio, Muhammad Syafi’i. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani. 2001.

Arifa, Anif Ni’matin. Implementasi Syariah Marketing Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) Ambarukmo Yogyakarta, Yogyakarta: Jurusan Manajemen Dakwah. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2015.

Arrasjid, Prof. Chainur S.H. Hukum Pidana Perbankan. Jakarta: Sinar Grafika. 2011.

Asrori,H. Mohammad. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima. 2007.

B.N. Marbun, SH. Kamus Manajemen. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. 2005.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Surabaya: Mekar Surabaya. 2004.

Dinas Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. PN. Balai Pustaka. 2003.

Djali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2011.

Fistylia, Citra. Analisis Pengaruh Karakteristik Marketing Syari’ah dan Etika Pemasaran Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Muamalat Semarang. Semarang: Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Islam Sultan Agung Semarang. 2008.

Ghazali, Imam. Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan penerbit UNDIP. 2006.

Gujarati, Demodar. Ekonometrika Dasar, Penerjemah Sumarno Zain. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama. 1999.

Handoko, T.Hani. Manajemen. Yogyakarta: BPFE. 2003.

Hasan, Iqbal. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia. 2002.

Husein, Umar. Riset pemasaran dan perilaku konsumen. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama. 2005.

Ismaya, Sujana. Kamus Perbankan. Bandung: CV Pustaka Grafika. 2006.

Kartajaya, Hermawan dan Muhammad Syakir Sula. Syariah Marketing. Bandung: PT Mizan Pustaka. 2006.

Nugraha, Rifki Candra. Makalah Menabung dalam Perspektif Islam, Bandung: Program Studi Pendidikan Manajemen Bisnis Fakultas Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia. 2016.

Ridwan, Muhammad. Manajemen BMT. Yogyakarta: Uii Pres. 2004.

Robbbins dan Judge. Perilaku Organisasi, Buku 1 dan 2. Jakarta: Salemba Empat. 2007.

Sadili Samsudin. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia. 2005.

Santoso, Singgih. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo. 2000.

Sholeh, Abdul Rahman dan Muhbib Abdul Wahab. Psikologi suatu Pengantar (dalam Perspektif Islam). Jakarta: Kencana. 2004.

Sulistyowati. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Buana Raya. 2013.

Wiroso. Penghimpunan Dana dan Distribusi Hasil Usaha Bank Syariah. Jakarta: IKAPI. 2005.

Published
2017-03-25
Section
Articles