History

MALIA: Jurnal Ekonomi Islam merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun baik dicetak maupun online oleh Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Yudharta Pasuruan. Penerbitannya pada bulan Desember dan Juni. Malia mulai terbit sejak 2011 yang dikelola langsung oleh Kaprodi ekonomi syariah Universitas Yudharta Pasuruan bapak Fahmul Iltiham. Awal mula penerbitan jurnal ini hanya sebagai kumpulan artikel ilmiah untuk keperluan pelaporan Beban Kerja Dosen (BKD), tanpa ada proses yang begitu detail.

Tahun 2015 jurnal ini mulai di kembangkan oleh dosen-dosen muda, yang berawal dari pelatihan pengelolaan jurnal daring atau Open Jurnal System (OJS) yang di adakan oleh IAI Syarifudin Lumajang. Followup dari pelatihan itulah Malia mulai beroperasi di dunia online dengan legalitas E-ISSN 2549-2578, penulis yang tergabung dalam tulisan ini juga sangat variatif, 60% dari luar kampus dan 40% dari kampus sendiri, ini menunjukkan bahwa nama Malia sudah dipercaya oleh para penulis di beberapa perguruan tinggi.

Dengan semangat dan kerja keras, serta keterbatasan keilmuan terkait sistem OJS, satu persatu jurnal yang telah diterbitkan secara cetak, mulai diterbitkan secara daring. Sampai pada bulan Agustus 2018, Malia mendapat akreditasi peringkat 6 (S6). Namun struktur editorial jurnal terus berbenar, seperti mengupgrade versi OJS 2 ke 3, memberikan pelatihan-pelatihan kepada jurnal binaan di Universitas agar nantinya bisa segera menyusul akreditasi.