PENGARUH PENERAPAN MEDIA EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK ANWARUL MALIKI SUKOREJO PASURUAN

  • Nuril Wilda Maghfiroh Universitas Yudharta Pasuruan
  • Askhabul Kirom Universitas Yudharta Pasuruan
  • Munif . Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Media Edmodo, Hasil Belajar

Abstract

Tingkat keberhasilan proses belajar di sekolah sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya : kemampuan guru, kemampuan siswa, metode mengajar, materi, sarana dan prasarana, motivasi, alat evaluasi, serta lingkungan, yang semuanya merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yakni menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika. Pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu yaitu pre-experimental design  dengan menggunakan pola one group pretest–posttest yaitu   desain   penelitian   yang terdapat pretest sebelum   diberi   perlakuan   dan  posttest setelah   diberi   perlakuan. Dengan demikian dapat  diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan diadakan sebelum diberi perlakuan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan media Edmodo dalam Pembelajaran PAI di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan terlaksana dengan melalui beberapa tahap yaitu pembuatan akun guru dan siswa, pembuatan group class, dan disertai dengan panduan cara penggunaan serta praktek penugasan. (2) media Edmodo berpengaruh terhadap hasil belajar PAI di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan Uji T Paired Test yang menunjukkan nilai signifikan 0.000, karena signifikan < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Yang artinya rata-rata nilai sebelum dan sesudah penerapan media edmodo adalah ada pengaruh.

References

Abdul Majid & Andayani Dian. Psendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi . Bandung: Remaja Rosdakarya, T.T.
Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar . Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
Amar, Mufhidin. 2013. Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Sebagai Kegiatan Penunjang Pembelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Di SMK Negeri Majalengka. Skripsi. Majalengka: Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia.
Amiri, Tatang. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1998.
Anni, Catharina Tri. Psikologi Belajar . Semarang: IKIP Semarang Press, 2004.
Arif Rohman. 2015. Implementasi Media Edmodo Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Arif Sadiman, S. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
Aswan, Djarmah Saiful Bahri Dan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Jakarta, 2010.
Azhar, Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2006.
—. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
Bahasa, Tim Penyusun Kamus Pusat. Kamus Besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
BSNP. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan. Jakarta : BSNP Indonesia, 2013.
Daulay, Utami Alam. "Pengaruh Blended Learning Berbasis Edmodo Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Dan Retensi Siswa Pada Sistem Peredaran Darah Manusia Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Medan." Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 6, No. 1, 2016: 261.
Degeng, Nyoman Sudana. Belajar Dan Pembelajaran. Malang: Departemen Pendidikan Nasional UM Fak. Ilmu Pendidikan, 2004.
Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka, 2001.
Derajat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.
Fitri Trisnawati. 2015. Kefektifan Penggunaan Media Edmodo Sebagai Penunjang Pembelajaran Mata Pelajaran Tik SMP Negeri 25 Semarang. Skirpsi. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Hidayati, D. T., & Kirom, A. (2018). PENGGUNAAN MEDIA POHON PISANG DALAM PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DIPOS PAUD RESTU BUNDA SUKORAME DURENSEWU PANDAAN. Mafhum, 3(2), 165-178.
Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2003.
Hasan, Chalijah. Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya: Al-Ikhlas, 1994.
Ibrahim, Nana Sudjana Dan. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan . Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2009.
kemendikbud, 2016. Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan TIK, (Online), (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/06/kemdikbud-fasilitasi75-guru-dari-sekolah-garis-depan-untuk-belajar-teknologi-informasi) Di akses pada tanggal 8 april 2017 pukul 8: 27 WIB
Latuheru, John D. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini. Malang: Ikip Press, T.T.
Mardianto. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing, 2012.
Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Mudjiono, Dimyati Dan. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta , 2006.
Musfiqon, M. Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012.
Novia Btari Krishnamuty. 2015. Pengaruh Metode Penugasan Melalui Kelas Virtual Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Jaringan Tumbuhan Di SMA Negeri 32 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarifhidayatullah Jakarta.
Oktaviani Faizatul Khasanah. 2015. Efektivitas Penggunaan Jejaring Sosial Edmodo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Instalasi Sistem Operasi Gui Cli Kelas X Tkj SMKN 1 Pundong. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Nazarudin. Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep, Karakteristik, Dan Metodologi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum. Yogyakarta: Teras, 2007.
Priowirjanto, Gatot. Buku Sumber Simulasi Digital Versi September 2013. Cikarang: SEAMOLEC, 2013.
Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Raphael, Ginger Carlson And. Let’s Get Social Thw Educator’s Guide To Edmodo. United States Of America : ISTE, 2015.
Rismayanti, Anti. Materi Simulasi Digital: Where Learning Happens. South Asian: South Asian Ministers Of Education Organization Regional Open Learning Centre, 2013.
Rivai, Nana Sudjana Dan Ahmad. Media Pengajaran . Bandung: Sinar Baru, 2001.
Rooijakkers, Ad. Mengajar Dengan Sukses. Jakarta: PT. Grasindo, 1991.
Sabri, M. Alisuf. Psikologi Pendidikan . Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2010.
Saifuddin, Azwar. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Setyono, Evin Yudhi. "Pengaruh Penggunaan Media Jejaring Sosial Edmodo Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Topik Pembuatan Kurva-S Menggunakan Microsoft Excell." Soshum Jurnal Sosial Dan Humaniora, Vol. 5, No.1, 2015: 44.
Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Soebani, Beni Ahmad. Metode Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia, 2008.
Subiyantoro, Eko. Simulasi Digital Jilid 1. Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik&Tenaga Kependidikan, 2013.
Subrata, Sumadi Surya. Psikologi Pendidikan . Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar . Bandung : Sinar Baru Algensido Offset, 2004.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2001.
Sugiyono. Perilaku Pembelian Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Rosda, 2001.
Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.
—. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.
Suriadi, Gedhe. "Pengembangan E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Viii di SMP Negeri 2 Singaraja." Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan Volume: 2 No. 1 , 2014.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar . Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Thoha, Chabib. PBM-PAI Di Sekolah Eksistensi Dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kaledra, 2003.
Usman, Basyirudin. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Usman, Muhammad Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Wahyuni, H. Baharuddin Dan Esa Nur. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
—. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
Winataputra., Udin S. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka, 2007.
System Kelas Xi Teknik Audio Video Di SMKN 1 Kinali." Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, Vol. 2, No. 2, 2014: 113.
Published
2019-01-25
How to Cite
Maghfiroh, N. W., Kirom, A., & ., M. (2019). PENGARUH PENERAPAN MEDIA EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK ANWARUL MALIKI SUKOREJO PASURUAN. Mu’allim, 1(1), 57-76. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1353