STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

  • Nurul Anam IAI Al-Qodiri Jember
  • Zairotul Malikkhah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini difokuskan untuk mendiskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di MI Muhammadiyah 03 Wonoasri Tempurejo Jember. Metode penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru pada: 1) aspek pedagogik dilakukan dengan cara mengadakan pembinaan dan pengawasan kepada guru terkait dengan proses pembelajaran di kelas; 2) aspek kepribadian dilakukan dengan cara memberikan motivasi dan contoh yang baik pada guru untuk selalu berbuat yang terbaik untuk peserta didik dan kemajuan lembaga; 3) aspek sosial dilakukan dengan cara menciptakan nuansa kebersamaan dan keharmonisan dengan meningkatkan komunikasi antar dewan guru sehingga tercipta suasana yang guyub rukun dalam lingkungan sekolah; dan 4) dilakukan dengan cara mengadakan pembinaan disiplin guru, mengikut sertakan guru dalam kegiatan pelatihan, lokakarya, diklat, seminar, KKG, MGMP untuk memperluas pengetahuan guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi peserta didik. Mengadakan supervisi kinerja guru untuk mengevaluasi kinerja guru dan meningkatkan kompetensinya.

Keyword: Strategi Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, MI

Published
2020-09-16
How to Cite
Anam, N., & Malikkhah, Z. (2020). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI). Jurnal Mu’allim, 2(2), 104-121. https://doi.org/10.35891/muallim.v2i2.2263
Section
Articles