https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/issue/feed Mu'allim 2019-02-15T17:14:46+07:00 mu'allim muallimyudharta@gmail.com Open Journal Systems <p><strong><em>Jurnal Mu’allim</em></strong> merupakan jurnal ilmiah yang memuat materi keislaman, kebudayaan, sosiologi keagamaan, Filsafat, dan Ekonomi Syariah. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan.</p> <p>Terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juli. Redaksi menerima, menyeleksi, dan mengedit naskah tanpa merubah konteks masalah setiap kontribusi tulisan ilmiah yang berupa artikel, hasil penelitian, refrensi buku, dan belum pernah diterbitkan dimedia lain.Tulisan yang dimuat tidak mencerminkan pendapat redaksi.</p> https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1350 IMPLEMENTASI QIRAATUL KUTUB UNTUK MENINGKATKAN KELANCARAN MEMBACA KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH DARUT TAQWA SENGONAGUNG PURWOSARI PASURUAN 2019-02-15T16:19:06+07:00 Arifatul Chusna Arifatul@yahoo.com Ali Mohtarom rsilvi44@yahoo.com <p>Qiraatul Kutub merupakan suatu proses pembelajaran membaca kitab kuning. Yang mana Qiraah sendiri berasal dari Qaraa yang berarti membaca sedangkan kutub yakni kitab. Indonesia dalam pengembangan kitab kuning, mendirikan percetakan kitab kuning dan madrasah atau lembaga-lembaga pendidikan Islam, karena kitab kuning merupakan penopang utama tradisi keilmuan Islam, tradisi keilmuan Islam dan juga sebagai penunjang dalam pendidikan Islam. “Hampir tidak diragukan lagi kitab kuning mempunyai peran besar tidak hanya dalam transmisi ilmu pengetahuan Islam, bukan hanya dikalangan komunitas santri, tetapi juga ditengah masyarakat muslim Indonesia secara keseluruhan.</p> <p>Penelitian ini mengggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (<em>field research</em>) yaitu suatu penelitian yang sumber datanya di lapangan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif Deskriptif (Kualitatif lapangan). Maka dalam pengumpulan data menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data primer dapat diperoleh didapat dari keterangan langsung oleh guru pengajar Qiraatul Kutub. Sedangkan data sekunder , didapat dari beberapa informan yang meliputi kepala madrasah, staf TU dan siswa Madrasah Diniyah Darut Taqwa serta berbagai buku atau literatur yang secara konseptual/substansial terkait dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti.</p> <p>Implementasi Qiraatul Kutub untuk meningkatkan kelancaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Darut taqwa sudah 15% siswa sudah lancar membaca kitab dan sudah bisa menjelaskan isi dari kitab tersebut.</p> 2019-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1351 PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA MUALLAF PERSATUAN ISLAM TIONGHOA INDONESIA (PITI) SURABAYA JAWA TIMUR 2019-02-15T16:27:00+07:00 Qurrotun A’yun Qurrotun@gmail.com Asrul Anan asrulanan@yudharta.ac.id <p>Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Muallaf&nbsp; di Persatuan Islam Tionghoa (PITI) Surabaya sangat dibutuhkan untuk membantu Muallaf dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan beragama dengan cara melakukan pembinaan atau bimbingan kepada muallaf. Oleh karenanya, peneliti tertarik untuk mendalami probematika orang muallaf dalam penbinaan Pendidikan Agama Islam di Persatuan Islam Tionghoa Indonesia Surabaya.</p> <p>Dari hasil dari penelitian ada beberapa program kegiatan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam yaitu (a)Memperluas Islam kepada setiap WNI (khususnya dari kalangan etnis Tionghoa) yang secara sukarela ingin masuk Islam, (b)Memperdalam pengertian tentang Islam kepada anggota, (c)Memberikan pendidikan, pengajaran tentang persoalan-persoalan agama&nbsp;&nbsp; Islam sesuai dengan urgensinya, (d)Membina dan membimbing anggota dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban dalam berislam, (e)Menyelenggarakan tabligh-tabligh, pengajian, kursus, pertemuan dan kunjungan keluarga, (f)Membantu pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan mental, (g)Mengadakan kerjasama dengan organisasi dakwah lain dalam rangka pelaksanaan dakwah dan pendidikan,(h) Menyelenggarakan atau membantu usaha-usaha bagi kesejahteraan umum seperti, balai pengobatan, rumah sakit, dan usaha-usaha lain yang dapat membantu anggota pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.</p> 2019-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1352 MODEL PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK TERLANTAR (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN METAL REJOSO PASURUAN JAWA TIMUR) 2019-02-15T16:34:01+07:00 Luk Ailik Mudrika Mudrika@gmail.com M Jamhuri jamhuri@yudharta.ac.id <p>Model menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah pola (contoh, acuan, ragam) dari suatu yang akan dibuat atau dihasilkan. Pendidikan Islam memiliki peran dan fungsi yanng sangat penting untuk pemenuhan iman seseorang khususnya bagi anak-anak. Pengaruh lingkungan dan perkembangan zaman yang mengakibatnya&nbsp; rawannya serta minimnya suatu pendidikan Islam bagi rohaninya. Adanya pendidikan Islam, anak akan mendapatkan suatu pegangan dan pedoman hidup serta bekal iman melalui pendidikan Islam yang didapatkan sejak dini. Melalui model pendidikan Islam yang benar akan menjadikan mereka menjadi anak yang memiliki rasa toleransi yang tinggi, dan memiliki ilmu agama yang cukup untuk bekal kehidupannya. Pondok Pesantren Metal Muslim al-Hidayah sebagai Yayasan LKS (Lembaga Kesejahteraan Sosial) Pondok Metal al-Hidayah menerapkan adanya model pendidikan Islam yang membentuk karakter kepribadian yang baik, dengan memiliki jiwa iman, Islam dan ihsan. Anak terlantar adalah anak yang karena alasan tertentu orang tuanya melalaikan kewajibannya, sehingga tidak terpenuhi kebutuhan dengan wajar baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosialnya.</p> <p>Berdasarkan hasil penelitian, Model Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Metal ialah sebagai usaha untuk menanamkan iman yang kuat kepada para santri seperti kegiatan shalat berjamaah, shalat sunnah, menghafal al-Qur’an,&nbsp; mengaji al-Qur’an dan kitab-kitab. Nilai-nilai pendidikan islam yang terdapat adalah iman, Islam dan ihsan. Dampak bagi santri dari model pendidikan ini yaitu santri menjadi faham agama, mempunyai jiwa toleransi, hafal al-Qur’an, dan memiliki jiwa mandiri.</p> 2019-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1353 PENGARUH PENERAPAN MEDIA EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK ANWARUL MALIKI SUKOREJO PASURUAN 2019-02-15T16:42:14+07:00 Nuril Wilda Maghfiroh Maghfiroh@gmail.com Askhabul Kirom askhabulkirom@yudharta.ac.id Munif . munif@yudharta.ac.id <p>Tingkat keberhasilan proses belajar di sekolah sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya : kemampuan guru, kemampuan siswa, metode mengajar, materi, sarana dan prasarana, motivasi, alat evaluasi, serta lingkungan, yang semuanya merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.</p> <p>Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yakni menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika. Pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu yaitu <em>pre-experimental design</em>&nbsp; dengan menggunakan pola <em>one group pretest–posttest</em> yaitu&nbsp;&nbsp; desain&nbsp;&nbsp; penelitian&nbsp;&nbsp; yang terdapat <em>pretest</em> sebelum&nbsp;&nbsp; diberi&nbsp;&nbsp; perlakuan&nbsp;&nbsp; dan&nbsp; <em>posttest</em> setelah&nbsp;&nbsp; diberi&nbsp;&nbsp; perlakuan. Dengan demikian dapat&nbsp; diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan diadakan sebelum diberi perlakuan.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan media Edmodo dalam Pembelajaran PAI di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan terlaksana dengan melalui beberapa tahap yaitu pembuatan akun guru dan siswa, pembuatan group class, dan disertai dengan panduan cara penggunaan serta praktek penugasan. (2) media Edmodo berpengaruh terhadap hasil belajar PAI di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan Uji T <em>Paired Test</em> yang menunjukkan nilai signifikan 0.000, karena signifikan &lt; 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Yang artinya rata-rata nilai sebelum dan sesudah penerapan media edmodo adalah ada pengaruh.</p> 2019-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1354 PENGARUH PENERAPAN MEDIA LEGO HIJAIYAH DARI LIMBAH TUTUP BOTOL UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN HURUF HIJAIYAH DI RA MIFTAHUL HUDA KERTOSARI PASURUAN 2019-02-15T16:47:30+07:00 Nur Holifah Holifah@gmail.com Ahmad Ma’ruf makruf@yudharta.ac.id <p>Media Lego Hijaiyah merupakan modifikasi dari permainan lego, dalam proses permainannya menggunakan sistem bongkar dan dipasangkan kembali dengan memasukkan atau menjodohkan bentuk, gambar, huruf, dan bilangan yang sama. Media permainan ini menggunakan objek konstruktif menyusun dan menempatkan lego bersimbol huruf hijaiyah pada kolom huruf yang tersedia.</p> <p>Untuk mengetahui konsep tersebut peneliti merumuskan masalah penelitian, sebagai berikut: Pertama, Bagaimana pengaruh penerapan Media Lego Hijaiyah Dari Limbah Tutup Botol Untuk Meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiyah? Kedua, Bagaimana hasil penerapan Media Lego Hijaiyah Dari Limbah Tutup Botol Untuk Meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiyah? Untuk menjawab pertanyaan diatas peneliti menggunakan pendekatan jenis penelitian kuantitatif, dimana data penelitian dikumpulkan melalui metode observasi, angket, dan dokumentasi.<br>Populasi pada penelitian ini adalah 16 responden. Kisi-kisi pencapaian data dibagi menjadi 2&nbsp; item indikator pencapaian yang tersebar menjadi 11 (variabel X) dan 9 untuk (variabel Y) item pertanyaan. Dengan hasil kegiatan belajar pada kemampuan bermain Media Lego Hijaiyah (X=499) dan Peningkatan Pengenalan Huruf Hijaiyah (Y=389). Maka, dari data tersebut dikorelasikan dengan bantuan hitungan SPSS Uji Reliabilitas 0,985 dan hasil Korelasi <em>Split-half </em>&nbsp;0,954 <u>&gt;</u> t<sub>tabel</sub> 0,506 dengan signifikansi 0,00 <u>&lt;</u> 0,05 dalam interpretasi berkategori Korelasi Sangat Kuat. Berdasarkan hasil tersebut, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga, Penerapan Media Lego Hijaiyah sangat berpengaruh pada Peningkatan Pengenalan Huruf Hijaiyah di RA Miftahul Huda Kertosari</p> 2019-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1355 PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN ENTERPRENEUR DI SMK NEGERI REMBANG PASURUAN 2019-02-15T16:52:25+07:00 Muyidin . Muyidin@gmail.com Amang Fathurrohman amang@yudharta.ac.id Sukamto . sukamto@yudharta.ac.id <p>Peranan lembaga pendidikan sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai kemandirian pada anak sejak dini agar mereka nantinya mampu bersaing menjadi tunas bangsa yang baik. Dari masalah-masalah tersebut peneliti mempunyai tujuan untuk mengetahui seberapa besar upaya menumbuh kembangkan sikap dan nilai-nilai karakter siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Rembang Pasuruan yang diperoleh dalam pembelajaran entrepreneur dan menjelaskan bagaimana bentuk implementasi pembelajaran entrepreneur di SMKN Rembang Pasuruan. Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisis data dengan menggunakan kualitatif. Dimana penelitian dengan menelaah data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu observasi, wawancara, dan dokumen resmi. Dengan mengelompokkan data yang ada sehingga menghasilkan gambaran nyata terfadap responden.</p> <p>Dalam penelitian ini diketahui bahwa: Pertama, SMK Negeri Rembang menggunakan model klasikal dalam implementasi kurikulumnya, Pelaksanaannya berupa pengembangan program <em>Enterpreneur</em> yang di kemas dengan sebutan kewirausahaan dan keterampilan. Kedua, konsep program pendidikan <em>karakter</em> yang dikembangkan di SMK Negeri Rembang adalah kecakapan vokasional berarti kecakapan yang berkaitan dengan bidang kejurusan keterampilan yang meliputi keterampilan fungsional, keterampilan bermata pencaharian seperti: menjahit dan berwirausaha serta menguasai keterampilan menguasai teknologi informasi dan komunikasi. Ketiga, terdapat nilai-nilai islam dalam pendidikan karakter siswa yaitu jujur dan amanah, dinamis, kreatif, inovatif, profesional, kerjasama, tanggungjawab, kerja keras, tekun dan ulet.</p> 2019-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1356 PENDIDIKAN TOLERANSI DALAM KELUARGA BEDA AGAMA DI DESA KAYUKEBEK KECAMATAN TUTUR KABUPATEN PASURUAN 2019-02-15T16:58:49+07:00 M Islahuddin Misbah Misbah12@gmail.com Achmad Yusuf achyusuf@yudharta.ac.id Yusuf Wijaya yusufwijaya@yudharta.ac.id <p>Keragaman agama di Indonesia merupakan <em>sunnatullah </em>yang harus disyukuri. Selain itu keragaman agama terkadang menjadi sebuah permasalahan, seperti yang terjadi pada saat bom Gereja di Surabaya yang menimbulkan korban banyak. Masyarakat Indonesia perlu ditanamkan pendidikan toleransi beragama sejak dini. Pendidikan toleransi beragama sendiri adalah proses usaha seseorang dalam membangun kesadaran untuk menerima, menghormati, menghargai pandangan, keyakinan, perilaku dan praktik keagamaan orang lain yang berbeda dengan pendirian sendiri dalam rangka membangun kehidupan bersama dan hubungan sosial yang lebih baik.&nbsp; Dalam keluarga beda agama di Desa Kayukebek Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan, pendidikan toleransi beragama merupakan solusi terbaik untuk menyelamatkan konflik yang terjadi karena perbedaan pandangan, keyakinan, perilaku dan praktik keagamaan dengan anggota keluarga ataupun orang lain.</p> <p>Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Nilai-nilai pendidikan toleransi dalam keluarga beda agama di Desa Kayukebek Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan itu meliputi menghormati, menghargai, tolong-menolong, bekerjasama, persamaan, keadilan, kebebasan dan tanggung jawab. 2) Pelaksanaan pendidikan toleransi dalam keluarga beda agama di Desa Kayukebek Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan itu menggunakan metode nasehat, keteladanan, pembiasaan, latihan, dan hukuman. Semua pelaksanaan pendidikan toleransi di keluarga beda agama tersebut di dalamnya sudah ada beberapa nilai pendidikan toleransi beragama seperti di atas.</p> 2019-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1357 IMPLEMENTASI GERAKAN SHALAT FARDLU SEBAGAI MOTIVASI ASPEK KESEHATAN 2019-02-15T17:04:36+07:00 Nur Kosim Kosim11@gmail.com Muhammad Nur Hadi nurhadi@yudharta.ac.id <p>Shalat fardu adalah salah satu bentuk ibadah utama yang diperintah oleh agama yang harus dilaksanakan secara kontinyu (istqomah) oleh seorang hambah. Selain itu shalat tidak hanya menjadi amalan utama di akhirat nanti, tetapi ternyata gerakan-gerakan shalat adalah gerakan paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia.</p> <p>Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis melakukan penelitian dengan hasil analisis data yang di pakai di lapangan, penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut. (1) Perencanaan implemenasi gerakan shalat Fardlu sebagai aspek motivasi kesehatan siswa telah dilakukan oleh kepala sekolah dan dewan guru. Mereka melakukan musyawarah sebelum ajaran baru dimulai. Hasil musyawarah adalah kegiatan shalat Dhuhur&nbsp; di laksanakan pagi hari shalat dhuha dan sebelum pulang anak-anak melakukan shalat dhuhur dengan berjamaah. (2) Implementasi gerakan shalat Fardlu sebagai motivasi aspek kesehatan siswa diaksanakan seelah kegiatan belajar mengajar di kelas. Saat waktunya shalat Dhuhur, baik guru maupun siswa melaksanakan shalah Dhuhur berjamaah. Selain itu, saat menjelaskan materi kurikulum Fikih tentang shalat, guru juga memaparkan pentingnya gerakan shalat bagi kesehatan manusia. Hal ini memberikan semangat siswa untuk rajin melaksanakan shalat Dhuhur berjamaah di Madrasah. (3) Faktor pendukung implementasi gerakan shalat sebagai motivasi aspek kesehatan adalah sumber daya manusia baik guru maupun siswa semangat dalam melaksanakan shalat Dhuhur berjamaah. Sarana dan prasana berupa mushallah sangat mendukung kegiatan tersebut.</p> 2019-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1358 PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH8 DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QURAN DI KELAS X MM SMK AL HIDAYAH WONOREJO PASURUAN 2019-02-15T17:10:00+07:00 Abdul Khobir Al-Muqtafa Abdul22@gmail.com Muhammada . Muhammada@yudharta.ac.id <p>Dalam kegiatan pembelajaran Baca Tulis Al-Quran diperlukan berbagai strategi maupun media untuk meningkatkan belajar siswa dan mengurarangi rasa bosan siswa dalam proses belajar mengajar, dengan media menggunakan media yang menarik dan menyenangkan siswa akan lebih termotivasi dan semangat dalam belajar. Maka dari itu peneliti memberikan judul Penggunaan Media Macromedia Flash8 dalam Pembelajaran Baca Tulis dengan fokus penelitian sebagai berikut : 1). Bagaimana penggunaan Penggunaan Media Macromedia Flash8 2). Bagaimana respon dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah terhadap Penggunaan Media Macromedia Flash8 Dalam pembelaaran BTQ? 3). Bagaimana kelebihan dan kekurangan Penggunaan Media Macromedia Flash8 dalam Pembelajaran Baca Tuli al-quran ?</p> <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media Macromedia Flash8 dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Quran di Kelas X MM SMK Al-Hidayah Wonorejo Pasuruan</p> <p>Dalam penelitian ini menggunakan penelitian Studi kasus. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.</p> <p>Penggunaan media Macromedia mampu mningkatkan hasil proses belajar siswa hal ini dapat dilihat dari respon dan hasil belajar siswa .Nilai respon siswa rata-rata 77%, dan hasil belajar siswa rata-rata 78,8%. Hal tersebut menunjukkan bahwa respon dan hasil nilai belajar siswa menggunakan media macromedia Flash8 lebih baik.</p> 2019-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1359 FIQH INDUSTRI LINGKUNGAN ( STUDI : MAQHASID AL-SYARI’AH BAROKAH) 2019-02-15T17:14:46+07:00 Ifdlolul Maghfur ifdlolulmaghfur@yudharta.ac.id <p>Tujuan penelitian ini dimaksudkan sebagai upaya pengembangan wawasan keilmuan Fiqh Industri Lingkungan dalam konstruksi Maslahah perkembangan dan membangkitkan perekonomi bisnis melalui cara Syariah didaerah Indonesia yang terformulasi atau sebuah konsep dalam maqa&gt;shid al-syari&gt;’ah untuk meferivikasi atau memberikan solusi konservasi dan restorasi di daerah Indonesia dengan Fiqh Industri Lingkungan.</p> <p>Adapun penelitian ini bersifat lapangan (<em>Field and Library Research</em>) Penelitian ini memakai penelitian kualitatif adalah penelitian yang obyeknya berupa non-angka. Untuk itu, tidak lepas dari berbagai data yang diperoleh berdasarkan penelitian lapangan dan teori, metode maupun pendekatan penelitian&nbsp; ini yaitu tentang Konservasi dan restorasi Industri lingkungan melalui Maqhosi&gt;d al- Syari&gt;’ah ) melalui analisis kontens deduksi dan induksi akan terformulasikan dalam konsep al-dharuri&gt;yat al-khamsah yang merupakan lima kemaslahatan dasar yang menjadi pondasi tegaknya kehidupan manusia adalah al- Ghazali yang termaktub dalam kitab al- Mustasfa&gt; min ilmi al-Ushu&gt;l yang mengulas berbagai macam teori kepentingan Publik ( Maslahah Mursalah ), yang kemudian dikembangkan oleh Izzuddin bin Abdissalam melalui risalah Qawa&gt;id al-Ahka&gt;m fi Mashalih al-Ana&gt;m (Kaidah-kaidah hukum bagi kemaslahatan manusia).</p> 2019-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c)