PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WRITING IN THE HERE AND NOW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS X DI SMA 45 PURWODADI
Main Article Content
Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru pada pembelajaran PAI masih terlihat konvensional. Masih dapat dijumpai cara menyampaikan bahan pelajaran semata. Model pembelajaran seperti ini, guru biasanya berdiri di depan kelas, menghadapi sejumlah siswa dan menjelaskan isi pelajaran. Siswa pada umumnya duduk dengan rapi mendengarkan penjelasan guru dan mencatat jika perlu. Perilaku siswa adalah duduk, dengar, catat, dan hafalan. Situasi kelas pada proses pembelajaran seperti ini bersifat pasif dan verbalistis. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan sebagai solusi adalah model pembelajaran writing in the here and now. Dengan model pembelajaran Writing in the here and now siswa akan melihat, mendengar dan merasakan, mengamati dan mempraktekkan sendiri, sehingga siswa akan lebih mudah dalam memahami materi pengajaran PAI.
Bahri, Syaiful. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono, (2010). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdayana, Jumanta, (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hamalik, Omar. (2004). Proses Belajar Mengajar.Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. (2009). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Majid, Abdul, (2005). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosda Karya
Moleong, Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Mulyasa, E. (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Silberman, Melvin L. (2017). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Slameto, (2015). Belajar: Faktor-faktor yang mempengaruhi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.