MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI

  • Umar Manshur Universitas Nurul Jadid
  • Maghfur Ramdlani Universitas Nurul Jadid
Keywords: Pendidikan Agama Islam, Media Audio Visual

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berpengaruh terhadap penyusunan dan implementasi strategi pembelajaran. Melalui kemajuan tersebut para guru dapat menggunakan berbagai media sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan media komunikasi tidak hanya mempermudah dan mengefektifkan proses pembelajaran, akan tetapi juga bisa membuat proses pembelajaran lebih menarik. Menurut Sanjay proses pembelajaran merupakan proses komunikasi. Dalam proses komunikasi selalu melibatkan tiga komponen pokok, yaitu komponen pengirim pesan (guru), komponen penerima pesan (siswa), dan komponen pesan itulah yang biasanya berupa materi pelajaran. Terkadang dalam proses pembelajaran terjadi kegagalan komunikasi. Artinya, materi pelajaran yang disampaikan guru tidak dapat diterima oleh siswa dengan optimal, artinya tidak semua materi yang dipelajari dapat dipahami dengan baik oleh siswa, lebih parah lagi siswa sebagai penerima pesan salah menangkap isi pesan yang disampaikan. Untuk menghindari hal tersebut, guru ditunut untuk dapat menyusun strategi pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai media dan sumber pelajaran

References

Arsyad, A. (2010). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Drajat, Z. (2020). Ilmu Pendidikan Islam,. Jakarta: Bumi Aksara.
Ely, G. d. (1980). Teaching & Media A Systematic Approach. second edition, By V.S Gerlach dan Ely. Person Education.
Ermawati. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI pada siswa Kelas V SDN kalianget Timur X.(Online). PEDAGOGIA Vol. 3, No.2.
Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi GP Press Group.
Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia.
Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana .
Zain, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayati, Ani Nur. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2017 Pada Pendidikan Agama Islam. (Online). (https://bdksemarang.kemenag.go.id/implementasi-kurikulum-2013 revisi- 2017-pada-pendidikan-agama-islam/, diakses 16 Februari 2019)
Nofiana, Mufida. (2016). ‘Pengembangan Instrumen Evaluasi Higher Order Thinking Skills Pada Materi Kingdom Plantae’, Pedagogi Hayati, 1 (2016) Prastya, Agus.2016. Strategi Pemilihan Media Pembelajaran Bagi Seorang Guru. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) Viii. (Online). (http://Repository.Ut.Ac.Id/6518/1/Ting2016st2 03.Pdf, Diakses 16 Februari 2019)
Wina, Demi Roma, dkk. 2017. Studi Kasus Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri 5 Semarang. Journal of Innovative Science Education. (Online), Vol 6 (1), 2017. (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise, diakses 16 Februari 2019)
Published
2020-05-12
How to Cite
Manshur, Umar, and Maghfur Ramdlani. “MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI”. AL MURABBI 5, no. 1 (May 12, 2020): 1-8. Accessed June 2, 2020. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1854.
Section
Artikel