Main Article Content

Arham Ihwaludin
Imam Fauji




Kurangnya inovasi metode pembelajaran khususnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis permainan dan proses pembelajaran masih dominan guru menjelaskan materi dan siswa hanya mendengarkan saja sehingga menyebabkan kurangnya interaksi dua arah antara guru dan siswa. Kahoot merupakan media pembelajaran berbasis internet dengan fitur kuis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design berupa One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah Bantul yang berjumlah 60 orang. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji N-gain. Pretest dan posttest berdistribusi normal. Hasil uji T terdapat perbedaan nilai setelah perlakuan dan sebelum perlakuan. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan aplikasi Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab. Nilai skor N-Gain termasuk kategori sedang dan nilai persen N-Gain sebesar g 52,6759 untuk kategori cukup efektif. Secara keseluruhan penerapan aplikasi Kahoot dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah Bantul memberikan manfaat positif yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan efektif.






Keywords: learning media, kahoot!, Digital Based Learning, Arabic language
Aflisia, Noza. “Al-Muktamar As-Sanawi Li Al-Lughah Al-Arabiyyah (MUSLA) | 1.” Jurnal Al-Mukatamar As-Sanawi li Al-Lughah Al-Arabiyyah (MUSLA) 1, no. 1 (2020): 1–17.
Atika, Nur Apriyanti, and Muassomah Muassomah. “Penggunaan Media Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kitabah (Imla’) Bahasa Arab Di Era Industri 4.0.” Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (2020): 277–297.
Baharizqi, Sindi Ladya, Sofyan Iskandar, Dede Trie Kurniawan, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl Setiabudi No, Kec Sukasari, Kota Bandung, and Jawa Barat. “Optimalisasi Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Dalam Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar Saat Ini Kita Sedang Berada Di Era Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Selalu Mengalami Perkembangan Teknologi Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan , Kh” 8 (2023): 9–16.
Christiani, Natalia, Hebert Adrianto, Lya Dewi Anggraini, and Amadeus Michel Goein. Modul Teknologi Pembelajaran Kahoot!, 2019.
Dwita. “, ‘Pengembangan Alat Evaluasi Pendidikan Bahasa Arab Berbasis Teknologi Menggunakan Program Kahoot Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Buleleng Bali.’” universitas islam negri maulana malik ibrahim, no. 3 (2019): 13–17.
Faturahhim, Agos. “Dampak Penggunaan Kahoot! Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Sekolah Dasar Peringkat 10 Di SMA Negeri Karang Asem Bali Untuk Tahun Ajaran” (n.d.).
Fiani, Irma Nur, Mohammad Ahsanuddin, and Romyi Morhi. “The Effectiveness of Using Kahoot! Application as An Evaluation Tool in Arabic Vocabulary Learning at Madrasah Ibtidaiyah.” Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature 4, no. 2 (2021): 243–256.
Firmansyah, Deri, and Dede. “Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian: Literature Review.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) 1, no. 2 (2022): 85–114.
Fitrianingsih, Rina, and Musdalifah. “Efektivitas Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Pembuatan Strapless Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Jambu.” Fashion and Fashion Education Journal 4, no. 1 (2015): 1–6.
Harahap, Putra Fadli, and Aulia Fitri. “Analisis Penggunaan Kahoot Dalam Evaluasi Pendidikan Bahasa Arab Di Era Industri 4.0” 4964 (n.d.): 33–44.
Inggriyani, Feby, Nurul Fazriyah, Acep Roni Hamdani, and Ayi Purbasari. “Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif Menggunakan Kahoot Sebagai Digital Game Based Learning Di KKG Sekolah Dasar.” Publikasi Pendidikan 10, no. 1 (2020): 59.
Khomsah, Ahmad Fadilah, and Muhammad Imron. “Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Kolaborasi Metode Questioning Dan Media Kahoot.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 5, no. 1 (2020): 99–118.
Mesi Erlinaini. “Persepsi Siswa Terhadap Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Kahoot Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI Studi Kasus SD 83 Bengkulu Tengah” 2 (2022): 163–172.
Muid, Abdul, Rosita Ilhami, Suci Ramadhanti Febriani, Universitas Jambi, Sekolah Tinggi, Agama Islam, and Ulum Jambi. “MBKM ( Merdeka Belajar Kampus Merdeka ) Under Jambi University ’ s Arabic Education Program during the Industrial Revolution : Implementation , Supporting and Inhibiting Factors ( Version 4 . 0 ) This Study Aims to Determine the Implementation , Supportin” 6, no. 1 (2022): 85–102.
Nuryana, Zalik. Kurikulum 2013 Dan Masa Depan Pendidikan Agama Islam Di Indonesia, 2019. https://doi.org/10.31219/osf.io/4j6ur.
Pratiwi, Inesa Tri Mahardika, and Rini Intansari Meilani. “Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3, no. 2 (2018): 33.
Prayoga, Afrilya Puji. “Tanya-Jawab Online Pilihan Pendidik Dalam Model Pembelajaran Game-.” ARS: Jurnal Seni Rupa dan Desain 24, no. 2 (2021): 109–122.
Rahmah, luluk arifah. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan ‘Kahoot’ Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Di Sekolah Menengah Islam Pertama Pemerintah Hulu Sunyi Tsinghua Kalimantan Selatan” (n.d.).
Safitri, Izza. “Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Digital Game-Based Learning Pada Mata Pelajaran Al-Qur ’ an Hadits Di Madrasah Aliyah Nu Maarif Assaadah Bungah Gresik” 4, no. 01 (2024): 1–8.
Sakdah, Maya Siti, Andi Prastowo, and Nirwana Anas. “Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2021): 487–497.
Septina Rahmawati1. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran Ipa Sd.” EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN IPA SD 6, no. 1 (2023): 30–34.
Sholihatul Atik Hikmawati. “Permainan Bahasa Menggunakan Kahoot Dalam Pengajaran Bahasa Arab.” Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (2021): 15–30.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfaberta, 2018.
Syamsuar, and Reflianto. “Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 6, no. 2 (2018): 1–13.
Usmadi, Usmadi. “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas).” Inovasi Pendidikan 7, no. 1 (2020): 50–62.