MEREBUT KEMBALI KEJAYAAN ISLAM ANALISIS INTERNAL DAN EKSTERNAL PENYEBAB KEMUNDURAN ISLAM

  • Anang Sholikhudin Pascasarjana Universitas Yudharta Pasuruan

Abstract

Agama Islam merupakan agama yang paling banyak mengalami konflik internal.Sejak masa awal, sepeninggal Nabi Muhammad Saw, konflik dan kekerasan hampir tidak pernah mereda dan menjadi fenomena kesejarahan, serta berlangsung dalam seluruh kurun waktu peradaban.

Islam merupakan agama yang dipeluk mayoritas penduduk di Indonesia.Sebagai agama yang banyak dipeluk oleh penduduknya. Islam tentunya mempunyai peranan penting dalam perjalanan bangsa. Namun, Islam ternyata juga memiliki kemajemukannya sendiri, baik pada karakteristik ajaran, umat dan juga simbol keagamaan.

Sejak abad ke-19 M. Pemikiran modern dalam Islam muncul di kalangan para pemikir Islam yang menaruh perhatian pada kebangkitan Islam setelah mengalami masa kemunduran dalam segala bidang sejak jatuhnya kekhilafahan bani Abbasiyah di Baghdad pada 1258 M. akibat serangan Hulagu yang meluluhlantakan bangunan peradaban Islam yang pada waktu itu merupakan mercusuar peradaban dunia. Lahirnya pemikiran modern dalam Islam ini dilatar belakangi oleh 2 (dua) faktor, yaitu faktor eksternal dan faktor internal.

References

Bahar, M. Pemikiran Modern Islam Dalam Perspektif Sejarah. Vol.17 No.2, 2013.

Alfandi, M. PRASANGKA: Potensi Pemicu Konflik Internal Umat Islam. Vol.21, No.1, 2013.

Syekh Abu Zahrah, Muhammad. 1998. Sejarah Madzab Islam: Aliran Politik dan Aqidah. (Bangil: Al-Izzah).

Bashri, Yanto. Nalar Hassan Hanafi:Upaya mensejajarkan barat dan dunia islam. Vol.1 No.1, 2014.

Yatim, Badri. 2000. Sejarah Peradaban Islam: Dirasah Islamiyah II. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).

Syukur, Fatah. 2009. Sejarah Peradaban Islam. (Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra).

How to Cite
Sholikhudin, A. (1). MEREBUT KEMBALI KEJAYAAN ISLAM ANALISIS INTERNAL DAN EKSTERNAL PENYEBAB KEMUNDURAN ISLAM. AL MURABBI, 3(1), 135-148. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/898
Section
Artikel