SINTESA PENDIDIKAN KARAKTER DAN MULTIKULTURAL BAGI LINGKUNGAN PENDIDIKAN TINGGI
Abstract
Kajian ini untuk menemukan sintesa antara pendidikan karakter dan pen-didikan multikultural bagi lingkungan pendidikan tinggi. Hasilnya adalah bagi pendidikan tinggi idealitasnya mewujudkan dan menguatkan kelembagaan mela-lui beragam aktifitas, diantaranya ada proses pengembangan seluruh potensi ma-nusia yang menghargai pluralitas dan heterogenitas sebagai konsekuensi keraga-man budaya, etnis, suku dan aliran (agama). Ada proses menghendaki penghor-matan dan penghargaan setinggi-tingginya terhadap harkat dan martabat manusia. Ada proses mengembangkan seluruh potensi manusia, yaitu pendidikan, intelek-tual, sosial, moral, religius, ekonomi, kesopanan, dan budaya. Ada proses mela-wan eksploitasi manusia atas manusia melalui transformasi nilai kehidupan sosial yang membawa manusia kepada koreksi dan rekonstruksi atas tatanan sosial yang tidak berkeadilan. Pendidikan tinggi harus mengarahkan manusia pada cara-cara yang egaliter dan bersahaja. Pendidikan tinggi harus mentransformasi cara pan-dang dari otoriter kepada kemanusiaan. Intinya semua proses transformasi itu ber-tujuan untuk mengeliminir manusia dari sistem yang tidak berperadaban dan tidak mencerahkan kehidupan dan kemanusiaan.References
Afidah, Titin Nur. 2006. Konsep dan Paradigma Pendidikan Multikultural. Jurnal Progresiva, Vol. 1 No. 2. Desember 2006 Dawam, Ainurrafiq. 2003. Menolak Komersialisasi Pendidikan dan Kanibalisme Intelektual Menuju Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Inspeal Ahisakarya Press
Huda, Miftachul. 2005. Meminima-lisasi Efek Negatif dengan Pendidikan Multikultural. Gerbang: Majalah Pendidikan, nomor 02 Edisi 2 Th.V-2005
Koesoema, Doni. 2007. Tiga Matra Pendidikan Karakter. Majalah Basis, No.07-08, Tahun ke 56, Juli-Agustus 2007
Lie, Anita. 2007. Wawasan Multikultural dalam Pendidikan Karakter. Majalah Basis, No.07-08, Tahun ke 56, Juli-Agustus 2007
Marianti, Francesco. 2007. Hard Skill and Soft Skill dalam Character Building. Majalah Basis, No.07-08, Tahun ke 56, Juli-Agustus 2007.
Tilaar, H.A.R. 2003. Kekuasaan dan Pendidikan. Magelang: Indo-nesia Tera. Tilaar, H.A.R. 2004. Multikulturalisme Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo Widia Sarana.
Yakin, M. Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural Crosscultural Understanding untuk Demo-krasi dan Keadilan. Bandung : Pilar Media.
The author sends the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the author and retains publishing rights without restriction.
Copyright includes the non-exclusive right to reproduce and submit articles in all forms and media, including reprints, photographs, microfilm, and other similar reproductions, as well as translations. Reproduction of any part of this journal, its storage in the database, and its transmission by all forms of media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopying, recording, magnetic media, etc.