PENGARUH BERMAIN PLAYSTATION TERHADAP PERILAKU KENAKALAN REMAJA

  • Khoridatul Bahiyah
  • Abdul Amin

Abstract

Penelitian ini meneliti apakah ada pengaruh bermain playstation terhadap perilaku kenakalan remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan  kuesioner bermain playstation dan skala kenakalan remaja. Hasil korelasi Product Moment dari Pearson menunjukkan bahwa pengaruh bermain Playstation tidak signifikan terhadap perilaku kenakalan remaja. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh bermain playstation terhadap perilaku kenakalan remaja di SMK AL-AZHAR Rembang Pasuruan. Artinya bermain playstation bukan sumber utama yang menjadi kenakalan remaja namun, ada beberapa faktor lain yang menjadi sebab terjadinya kenakalan remaja diantaranya: faktor keluarga, lingkungan, dan mileu-mileu

References

Ahmadi. 12 Mei, (2007). Razia Pelajar. Jawa Pos, hlm 3

Aprilia. P, dkk. (2001). Bermain Dunia Anak. Jakarta: Yayasan Aspirasi Pemuda

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta

Azwar, S. (2005). Sikap Manusia dan teori pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

. (2005). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi. (2009). Permainan Modern. Bandung: Grasindo

Dhani. (2010). Pengaruh Game Bagi Anak. Jakarta: Grafindo

Dimas. (2010). Dampak Playstation bagi anak. Bogor: Angkasa

Haditono, S. R. (2006). Psikologi perkembangan. Yogyakarta: UGM Press

Hasanudin. (2012). Permainan dan Kesehatan. Jakarta: Karya Nusantara

Hurlock, E. B. (2004). Psikologi perkembangan, suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Airlangga

Kartono, K. (2001). Patologi sosial 2, kenakalan remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Moleong. J. L. (2005). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya

Safiyudin. (2004). Beberapa Hal Tentang Kenakalan Remaja. Bandung: PT Karya Nusantara.

Santrock , J. W. (2007). Remaja. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama

Saputra. M. T. (2001). Bermain, mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo

Sarwono, S. W. (2001). Psikologi sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Sofyan. (2006). Problema Remaja Dan Pecahnya. Bandung: Angkasa

Suryabrata, S. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Walgito, B. (2006). Kenakalan Remaja (anak). Bandung: Yayasan Penerbitan Gajah Mada F. Psikologi PT Karya Nusantara

Bayu. (2007). Bermain Playstaion Baik Apa Buruk. (Online). http://eka- punk.blogspot.com, diakses 22 November 2011).

Maya. (2011). Dampak Positif dan Negatif Games.(Online).(http://missririn.blogspot.com. Diakses 03 Desember 2011).

Diana. (2010). Dampak playstation Bagi Anak.(online).(http://enjoy.student.umm.ac.id. diakses 02 November 2011).

Ilham. (2011). Kenakalan Remaja. (http://www.ilham.id.wordpress.com.diakses 21 Desember 2011).

Ummi. (2007). Bermain Mengembangkan Diri.(online)(http://www.ummigroup.co.id. diakses 21 Desember 2011)

Published
2013-09-02
Section
Articles