Template

INSTRUCTIONS FOR PREPARING MANUSCRIPT FOR

MULTICULTURAL of ISLAMIC EDUCATION JOURNAL TEMPLATE ←16 pt Garamond, bold

 Anang Sholikhudin ←12pt Garamond, bold

Universitas Yudharta Pasuruan, East Java, Indonesia ←12pt Garamond, regular

anangsholikhudin@yudharta.ac.id ←12pt, Garamond, italic

Abstrack

Abstrak di tulis dalam bahasa Inggris, yang berisikan isu-isu pokok, tujuan penelitian, metode/pendekatan dan hasil penelitian. Abstract ditulis dalam satu alinea, panjang maksimal 200 kata (font Garamond 11 spasi 1, dan cetak miring)

Keywords: 3-6 kata (font Garamond 11 spasi 1, dan cetak miring)

PENDAHULUAN/INTRODUCTION (Garamond size 12 bold, spasi 1,5)

Pendahuluan mencakup latar belakang atas suatu permasalahan serta urgensi penelitian, tujuan penelitian dan rencana pemecahan masalah, tinjauan pustaka yang relevan dan atau pengembangan hipotesis, dengan kutipan menggunakan footnote model turabian style. (Garamond size 12, spasi 1,5)

METODE/METHOD (Garamond size 12 bold, spasi 1,5)

Metode penelitian mencakup jenis penelitian, rancangan penelitian, ruang lingkup atau objek, waktu dan tempat penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis. (Garamond size 12, spasi 1,5)

HASIL DAN PEMBAHASAN/RESULT AND DISCUSSION (Garamond size 12 bold, spasi 1,5)

Bagian ini menyajikan hasil penelitian serta dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan.

Pembahasan biasanya dimulai dengan pernyataan temuan  (jangan diulang-ulang jika digabung antara hasil dan pembahasan). Contohnya: dari hasil penelitian/pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka ditemukan.... Hasil dan Pembahasan mencakup: (1) (What/How) apakah data yang disajikan telah diolah (bukan data mentah), bisa dijelaskan dalam bentuk tabel atau gambar, serta diberi keterangan yang mudah dipahami? Apakah temuannya? (2) (Why) pada bagian pembahasan terlihat adanya kaitan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar dan/atau hipotesis? Aspek saintifiknya di sini. (3) (What else) apakah ada kesesuaian atau pertentangan dengan hasil penelitian orang lain? (4) juga disarankan dituliskan tentang implikasi hasil penelitian baik teoretis maupun penerapan? (Garamond size 12, spasi 1,5)

KESIMPULAN/CONCLUSION (Garamond size 12 bold, spasi 1,5)

Kesimpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan. Kesimpulan mencakup: 1) Kesimpulan harus menjawab tujuan penelitian atau hipotesis. 2) Kesimpulan harus menggambarkan inovasi atau perbaikan  dari ilmu pengetahuan yang sudah ada saat ini. 3) Kesimpulan ditulis secara singkat dan jelas. Biasanya berisi satu paragraf kesimpulan dan/atau satu paragraf implikasi atau aplikasi praktis (jika ada). 4) Jangan mengulang abstrak, 5) Jangan menggunakan bullet/numbering, jika terpaksa ada dalam bentuk paragraf. (Garamond size 12, spasi 1,5)

DAFTAR PUSTAKA/REFERENCES (Garamond size 12 bold, spasi 1,5)

Daftar pustaka mencakup: 1) Rujuklah/sitasilah pustaka-pustaka utama yang dibaca. 2) Jika memungkinkan, perbandingan antara jumlah sumber acuan primer dan jumlah sumber  acuan sekunder sebaiknya lebih dari 80%. 3) Yang termasuk sumber acuan primer, antara lain:  artikel di jurnal ilmiah, artikel di buku dari hasil  penelitian, situs sejarah, artefak, dan lain - lain yang  bersifat karya asli. 4) Daftar Pustaka Acuan sebaiknya merupakan publikasi  ilmiah 10 tahun terakhir (kecuali jika tidak bisa dihindari pada bidang-bidang ilmu  tertentu).  Penulisan naskah dan sitasi yang diacu dalam naskah ini disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager) Mendeley dan Zotero. Disarankan juga merujuk pada artikel-artikel yang telah terbit di Jurnal Al Murabbi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam (Garamond size 12, spasi 1,5)

Abdurrahman bin Abdurrahman Syumailah al-Ahdal, Al-Inkihat al-Fasidah, Maktabah Riyadh, tt.

Abi Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhary, Shahih Bukhari, Juz III, Dar al-Makrifah, Beirut, Libanon, tt.

Ibnu Atsir, Nihayah fi Gharibi Hadits wa al-Atsar, Jilid III, Dar al-Fikr, 1979.

Ibnu Rusyd, Bidayatul Mujtahid, Juz II, Penerbit Semarang, tt,

Imam al-Zuhdi, Al-Muhadzab, al-Baby al-Halaby, Mesir.

Muhammad Abu Zahrah, Al-Akhwal al-Syakhsyiyah, Dar al-Fikr al-Araby, 1957.

Mustafa Sa’id Khan, Atsar al-Ikhtilaf fi al-Qawaid Ushuliyah, Muassasah ar-Risalah, Kairo, 1969.

Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, Jilid II, Dar al-Fikr, 1404.

Wahbah ar-Zuhaily, Fiqh al-Islam wa Adillatuhu, Juz VII, Dar al-Fikr, 1985.