Template

JUDUL DITULIS DENGAN HURUF TIMES NEW ROMAN,

Maksimal 14 Kata, Center ← 14 pt

Muhammad Tholib 1) *

Sodiq 2) ** ← 11 pt bold

* E-mail: 1ektrada@yudharta.ac.id, 2sodiq@yudharta.ac.id ←  Times New Roman, Italic, 11pt

1 Pogram Magister Pendidikan Agama Islam,

Universitas Yudharta Pasuruan.

2 Program Magister Pendidikan Agama Islam,

Universitas Yudharta Pasuruan. ←  Times New Roman, Italic, 11pt

 Abstrak: Abstrak berisi seluruh komponen artikel secara ringkas (pendahuluan, metode, hasil dan kesimpulan). Panjang tidak boleh lebih dari 200 kata. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dilengkapi dengan kata kunci sebanyak 3-5 kata. Abstrak Bahasa Indonesia ditulis tegak dan bahasa inggris ditulis miring. kata kunci ditulis miring. (times new roman 11, justified, 1 spasi, menjorok ke dalam 1 cm)

Kata Kunci: 1 atau lebih kata atau frase yang penting, spesifik, atau representatif bagi artikel ini (times new roman 11, justified, Italic)

PENDAHULUAN

Berisi latar belakang, rasional, dan atau urgensi penelitian. Referensi (pustaka atau penelitian relevan), perlu dicantumkan dalam bagian ini, hubungannya dengan justifikasi urgensi penelitian, pemunculan permasalahan penelitian, alternatif solusi, dan solusi yang dipilih. Cara penulisan sumber dalam teks perlu menunjukkan secara jelas nama author dan sitasi sumber, yang berupa tahun terbit dan halaman tempat naskah berada. Sebagai contoh adalah: ........ kurikulum inti merupakan isi dari pelajaran yang diajarkan atau dipelajari oleh peserta didik. Dalam realita yang ada kurikulum keberadaanya ....

Permasalahan dan tujuan, serta kegunaan penelitian ditulis secara naratif dalam paragraf-paragraf, tidak perlu diberi subjudul khusus. Demikian pula definisi operasional, apabila dirasa perlu, juga ditulis naratif.

Pendahuluan ditulis dengan Times New Roman-12 tegak, dengan spasi 1.15. Tiap paragraf diawali kata yang menjorok ke dalam sekitar 1 cm dari tepi kiri tiap kolom.

 KAJIAN TEORI

Kajian teori menguraikan tentang teori-teori yang digunakan dalam menunjang penelitian tersebut hingga penyusunan hipotesis dan model penelitian.

 METODE

Berisi jenis penelitian, waktu dan tempat penelitian, target/sasaran, subjek penelitian, prosedur, instrumen dan teknik analisis data serta hal-hal lain yang berkait dengan cara penelitiannya. target/sasaran, subjek penelitian, prosedur, data dan instrumen, dan teknik pengumpulan data, serta teknik analisis data serta hal-hal lain yang berkait dengan cara penelitiannya dapat ditulis dalam sub-subbab, dengan sub-subheading. Sub-subjudul tidak perlu diberi notasi, namun ditulis dengan huruf kecil berawalkan huruf kapital, Times New Roman-12 unbold, rata kiri. Namun bila metoed penelitian menggunakan literatur review, penulis tidak diharuskan untuk melengkapi unsur yang disebutkan diatas melainkan hanya mencantumkan jenis penelitian, target/subjek penelitian dan teknik analisis data.  Sebagai contoh dapat dilihat berikut.

Jenis Penelitian

Penelitian ini menggunakan pendekat-an kualitatif

Waktu dan Tempat Penelitian

Khususnya untuk penelitian kualitatif, waktu dan tempat penelitian perlu dituliskan secara jelas (untuk penelitian kuantitatif, juga perlu).

Target/Subjek Penelitian

Target/subjek penelitian (untuk penelitian kualitatif) atau populasi-sampel (untuk penelitian kuantitatif) perlu diurai dengan jelas dalam bagian ini. Perlu juga dituliskan teknik memperoleh subjek (penelitian kualitatif) dan atau teknik samplingnya (penelitian kuantitatif).

Prosedur

Prosedur perlu dijabarkan menurut tipe penelitiannya. Bagaimana penelitian dilakukan dan data akan diperoleh, perlu diuraikan dalam bagian ini.

Untuk penelitian eksperimental, jenis rancangan (experimental design) yang digunakan sebaiknya dituliskan di bagian in.

Data, Intrumen, dan Teknik Pengumpulan Data

Macam data, bagaimana data dikumpulkan, dengan instrumen yang mana data dikumpulkan, dan bagaimana teknis pengumpulannya, perlu diuraikan secara jelas dalam bagian ini.

Teknik Analisis Data

Bagaimana memaknakan data yang diperoleh, kaitannya dengan permasalahan dan tujuan penelitian, perlu dijabarkan dangan jelas.

(Catatan: Sub-subbab bisa berbeda, menurut jenis atau pendekatan penelitian yang digunakan. Jika ada prosedur atau langkah yang sifatnya sekuensial, dapat diberi notasi (angka atau huruf) sesuai posisinya).

 PEMBAHASAN

Hasil penelitian disajikan dalam bentuk grafik, tabel, atau deskriptif. Analisis dan interpretasi hasil ini diperlukan sebelum dibahas.

Tabel dituliskan di tengah atau di akhir setiap teks deskripsi hasil/perolehan penelitian. Bila lebar Tabel tidak cukup ditulis dalam setengah halaman, maka dapat ditulis satu halaman penuh. Judul Tabel ditulis dari kiri rata tengah, semua kata diawali huruf besar, kecuali kata sambung. Kalau lebih dari satu baris dituliskan dalam spasi tunggal (at least 12). 

Hasil berupa gambar, atau data yang dibuat gambar/skema/grafik/diagram/sejenis-nya, pemaparannya juga mengikuti aturan yang ada; judul atau nama gambar ditaruh di bawah gambar, dari kiri, dan diberi jarak 1 spasi (at least 12) dari gambar. Bila lebih dari 1 baris, antarbaris diberi spasi tunggal, atau at least 12.

Pembahasan difokuskan pada mengaitkan data dan hasil analisisnya dengan permasalahan atau tujuan penelitian dan konteks teoretis yang lebih luas. Dapat juga pembahasan merupakan jawaban pertanyaan mengapa ditemukan fakta seperti pada data?

Pembahasan ditulis melekat dengan data yang dibahas. Pembahasab diusahakan tidak terpisah dengan data yang dibahas,

SIMPULAN DAN SARAN

Simpulan

Simpulan dapat bersifat generalisasi temuan sesuai permasalahan penelitian, dapat pula berupa rekomendatif untuk langkah selanjutnya.

Saran

Saran dapat berupa masukan bagi peneliti berikutnya, dapat pula rekomendasi implikatif dari temuan penelitian.

DAFTAR PUSTAKA

 Ditulis di belakang Simpulan dan Saran, dengan mengikuti gaya selingkung E-Journal, Jumlah daftar pustaka/referensi dalam artikel minimal 5 sumber dituliskan dengan menggunakan format APA dengan baris kedua menjorok ke dalam sebesar 1cm.

Buku

Yamin, H.M. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: GaungPersada Press.

Marzuki, M.S. 2009. Permainan Simulasi di Indonesia. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Margono. 2007. Manajemen Jurnal  ilmiah. Dalam M.G. Waseso & A. Saukah (Eds.), Menerbitkan Jurnal Ilmiah (hlm.41-59). Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya), 15.

Masnur Muslich, 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.

Rujukan dari buku yang berasal dari Perpustakaan Elektronik

Dealey, C. 1999. The Care of Wounds: A Guide for Nurses. Oxford: Blackwell Sciences.  Dari NetLibrary, (Online). (http://www.netlibrary.com), diakses 24 Agustus 2007.

Jurnal

Wiyono, M. 2009. Profesionalisme Dosen dalam Program Penjaminan Mutu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16 (1): 51-58.

Koran

Catur, S. 14 Juli 2010. HKTI dalam Sandra Parpol. Jawa Pos, hlm.4.

Skripsi/Tesis

Meter, G.I. 2003. Hubungan antara Perilaku Kepemimpinan, Iklim Sekolah dan Profesionalisme Guru dengan Motivasi Kerja Guru pada SMU Negeri di Provinsi Bali. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Internet

Noor, I.H.M. 2006. Model Pelatihan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Bahasa Inggris, (Online), (http://www.depdiknas.go.id/ jurnal/30/modelpelatihangurudalammenara.html), diakses 14 Mei 2019

Footnote

Footnote ditulis dengan huruf Times New Roman 10 pt. sebagai berikut;

[1]Ameer Ali, The Spirit of Islam (Delhi: Santosh Offset, 1995), 73

2C. Snouck Hurgronje, Islam di Hindia Belanda, terj. S. Gunawan (Jakarta: Bhatara Aksara, 1983), 34.

3Ibid., 51

4Ali, The Spirit, 60

5Abdus Subhan, “Social and Religious Reform Movements in the 19th Century Among the Muslims,” dalam Social and Religious Movements, ed. S. P. Sen (Calcutta: Institute of Historical Studies, 1979), 34.

6Abdul Wahid, “Belajar Strategi Pengembangan Kecerdasan Spritual pada Muhammad SAW,” Millah, Vol. III, No.2, Januari 2014, 189

7Abd.Warits, “Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Islam Pesantren (Studi atas Perkembangan Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren di Madura),” (Tesis UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2015), 73.

8Muhammad Faiz, "Khazanah Tasawuf Nusantara: Tarekat Naqsyabandiyyah Khalidiyyah di Malaysia" 'Anil Islam: Jurnal Kebudayaan dan Ilmu Keislaman [Online], Volume 9 Nomor 2 (Desember 2016): 185, diakses 2 Maret 2017,