IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MI. ROUDLOTUL MUSTARSYIDIN KEPUTRAN BAKALAN PURWOSARI PASURUAN

  • Siti Aisa Universitas Yudharta Pasuruan
  • Muhammada . Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Media gambar, pembelajaran SKI

Abstract

Sejarah kebudayaan Islam merupakan salah satu bagian dari pendidikn Agama Islam yang mempelajari sejaraha yang ada di Islam. Sehubungan itu, materi sejarah kebudayaan Islam ini memiliki peran yang sangat mendukung dalam mencapai tujuan pendidikan Agama Islam. Ditingkat Madrasah Ibtidaiyah ini mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam diberikan mulai dari kelas III sampai kelas VI.  Dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam ini materi yang disampaikan, masih menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Hal ini dapat diketahui atau ditunjukkan dengan banyak siswa yang belum paham tentang sejarah kebudayaan Islam. Berdasarkan kenyataan yang ada ini, maka kami selaku peneliti mencoba untuk menerapkan media gambar dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Tujuannya untuk mengetahui penerapan media gambar dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI. Rodlotul Mustarsyidin Keputran Bakalan Purwosari Pasuruan. Selain itu juga untuk mengetahui keungguan dari penerapan media gambar dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI. Rodlotul Mustarsyidin Keputran Bakalan Purwosari Pasuruan dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari  penerapan media gambar dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI. Rodlotul Mustarsyidin Keputran Bakalan Purwosari Pasuruan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas 6 MI. Roudlotul Mustrasyidin dapat menambah semangat dalam belajar karena dengan adanya media gambar pembelajaran tidak membosankan lagi. Sehingga mereka lebih cepat memahami materi yang disampaikan.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem pembelajaran . Bandung: PT refika Aditama.
Achsin, A. (1986). Media pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang.
Arif S, S. (2011). media pendidikan. Jakarta: Raja wali pers.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada .
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Degeng, I. N. (1993). Media Pendidikan. Malang: FIP IKIP Malang.
Degeng, N. S. (2004). Belajar dan pembelajaran. Malang: Universita Negri.
Djamarah, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka cipta.
Hamalik. (1994). Media Pendidikan cetakan ke-7. Bandung: PT. Citra.
Hamalik. (1994). Media Pendidikan cetakan ke-7. Bandung: PT. Citra.
Kusnadi, C. ( 2013). media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Galia Indonesia.
Mayer, R. E. (2009). multimedia prinsip – prinsip dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Munawaroh, T. (2014). Penggunaan Media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III mata pelajaran SKI materi pasukan gaja . Yogyakarta: UIN Sunan Kali jaga.
Nasution, S. (2013). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara .
Riduwan. (2004). metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta.
S, M. (2007). Metologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sanjaya, W. (2011). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Group.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Fajar Interpratama.
Saodah, S. (2014). Media pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam . Semarang: Institut Agama Islam Negeri Wali Songo.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara .
Zain, A. (2010). Strategi Belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Published
2019-01-27
Section
Artikel