NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK DEWANTORO PURWOSARI

  • Nurul Ifa Universitas Yudharta Pasuruan
  • Wiwin Fachrudin Yusuf Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Numbered Head Together untuk Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Interpersonal

Abstract

Metode pembelajaran yang bervariasi dan menarik serta menyenangkan dengan menggunakan metode pembelajaran . Dalam kegiatan belajar model diskusi, biasanya setiap kelompok dibagi rata antara siwa yang bisa berkomunikasi interpersonal dan tidak. ketika ada pertanyaan dari kelompok lain atau guru biasanya cenderung siswa yang mampu berbicara yang menanggapi dan menjawabnya. Akibatnya siswa yang pasif dalam berbicara akan tetap  tidak pernah berkembang, karena tidak pernah melatih kemampuannya berbicara di depan umum. Dalam kenyataan yang ada karena setiap siswa memiliki kemampuan komunikasi interpersonal masing-masing.

Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian eksperimen. Jenis penelitian eksperimen adalah suatu prosedur yang digunakan untuk menyelidiki sebab akibat dengan menempatkan subyek secara acak kedalam kelompok-kelompok satu atau lebih.

Berdasarkan daftar nilai sebelum dan setelah eksperimen diatas, maka peneliti menggunakan pengujian  menghitung analisis paired samples dengan program SPSS. 16 for windows.Hasil pengujiannya, Berdasarkan nilai probabiilitas bila probabilitas > 0,05 maka diterima. Bila probabilitas < 0,05 maka ditolak. Keputusan dapat terlihat bahwa t hitung adalah -8.836 dengan nilai probalitas 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak, yang berarti sebelum dan setelah menggunakan metode NHT adalah tidak sama atau berbeda. Dengan demikian maka ada pengaruh sebelum dan setelah eksperimen.

References

Afandi, Muhammad dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah.
Semarang: Unissula Press
Akmal Hawi. 2009. Kompetensi Guru PAI. Palembang: Raden Fatah Press,
Aini,Nur. 2013. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam.
Volume. 13 Nomor 1.
Bacthtiar. 2010. Meyakinkan Validitas Data, Jurnal Teknlogi Pendidikan.
Vol. 10 No. 1 April.
Budyatna, Muhammad dan Leila Mona Ganiem. 2014. Teori Komunikasi
Antar pribadi.Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Bahruddin. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar Ruzz
Media
Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007.
De Vito. 2011. Antar Manusia. Tanggerang Selatan: Karisma Publishing Group
Djamarah. 2008. Strategi belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta
Gunawan,Heri. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: lfabeta
Hawi, Akmal.2009. Kompetensi Guru PAI. Palembang: Raden Fatah Press
Liliweri, Alo. 1997. Komunikasi Antar-pribadi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Made Dwi Andjani dan Mubarok. 2014. Komunikasi Antarpribadi dalam Masyarakat Majemuk. Jakarta : Dapur Buku
Rahman, Nazarudin. 2013. Managemen Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Felicha.
Safi’I, Asrof. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Elkaf.
Suwartono, Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset
Saputra dan Ridyanto. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdikbud
Skripsi Syarifah, Mailisi. 2015.Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Koopratif Tipe Numbered Head Together(NHT) Dengan menggunakan CD Interaktif dan Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X SMA Islam Sultan Fatah Wedung.
Skripsi Gunawan, Hendra. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Alat Ukur Di SMK Piri Sleman.
Skripsi, Rozali. 2013.Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Hukum Membaca Nun Sukun Atau Tanwin) Di Kelas XI SMAN 1 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Wirawan. 2007. Budaya dan Iklim Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Wiryanto. Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta: PT Gramedia.
Published
2019-01-27
Section
Artikel