IMPLEMENTASI METODE GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB DAN INGGRIS (di Taman Kanak-kanak PesantrenAnak Sholeh Al-Ihlas Capang)
Abstract
Metode gerak dan lagu adalah cara yang dilakukan guru untuk menyampaikan materi pelajaran Bahasa Arab dan Inggris dengan bernyanyi dan bergerak sesuai dengan gaya kosakata yang disebutkan dalam lirik. Anak mengikuti pembelajaran dengan aktif dan semangat serta membuatnya lebih kreatif, karena ia dapat mengekspresikan permainan tersebut dengan caranya sendiri.Melalui permainan yang dirancang guru dalam pembelajaran bertujuan untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki anak, seperti nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional dan seni.Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah mengenai metode gerak dan lagu untuk meningkatkan kosakata Bahasa Arab dan Inggris serta implementasinya di Taman Kanak-kanak Pesantren Anak Sholeh Al-Ihlas.Pendekatan yang digunakan kualitatif dan jenis dalam penelitian ini adalah studi kasus. Prosedur dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik dalam pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan kehadiran peneliti dilapangan, observasi dan triangulasi di TK Pesantren Anak Sholeh Al-Ihlas.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kosakata Bahasa Arab dan Inggris yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya jumlah anak yang menguasai kosa kata Bahasa Arab dan Inggris setelah mengimplementasikan metode gerak dan lagu dalam proses pembelajaran.
References
Asriana,:“PengaruhMetodeGerakdanLaguterhadapKemampuanMenyimakAnakUsia 5-6 Tahun”. Riau: Program StudiPendidikan Guru AnakUsiaDini FKIP, Universitas Riau.
Bachri, Bachtiar S. 2010. “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif”. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 10 No. 1, April 2010.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016, https://kbbi.kemendikbud.go.id/entri/Implementasi, (5 April 2019).
Bayu, Gede Wira. 2016. “Implementasi Pendekatan Music and Movement untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Aktivitas Motorik Kasar Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Trisula Singaraja”. Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura. Vol. 1 No. 1, Januari 2016.
Dewan Guru TK Pesantrean Anak Sholeh Al-Ihlas. 2016. “Tepuk Hewan”. Pasuruan: TK Pesantrean Anak Sholeh Al-Ihlas.
Hastiti, Siti Atik. Darmawan, Lizza Susanti. 2016. “Pengaruh Metode Pembelajaran Gerak dan Lagu Trhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini pada Kelompok A di TK Khalifah 2 Kota Serang Tahun Ajaran 2015/2016”, invantia. Vol. 4 No. 2, Agustus 2016
Jalaluddin. 2001. Teologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Cet. 1.
Maisaro, Siti. 2018. Implementasi Metode KUBACA dalam Pembelajaran Membaca Huruf Hijaiyah di RA. Darul Mukmin Wedoro Pandaan”. Jurnal Ilmu al-Qur’an dan Tafsir. Vol. 3 No. 2, November 2018.
Mawanti, Dwi. 2014. “Pengembangan Kamus Visual Multi Bahasa (Arab-Inggris-Indonesia-Jawa) untuk PAUD Berbasis Kearifan Lokal”. Semarang: IAIN Walisongo Semarang.
Muslim, Ristek. “Kamus Arab Indonesia”. Karangpinang, Surabaya.
Paspiani, Ni Kadek Nelly. 2015. “Kegiatan Latihan Gerak dan Lagu (Jeruk Bali) untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini”, Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 4, Edisi 1, Juni 2015.
Rahmat, Aceng. 2010. “Implementasi Kurikulum Bahasa Asing di Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) DKI Jakarta”. Kajian Linguistik dan Sastra. Vol. 22 No. 1, Juni 2010.
Saifudin. 2014. Tesis: “Problematika Pembelajaran Keterampilan Berbicara dalam Bidang Bahasa Arab pada SMP IT Al-Fityan School Gowa”. Makassar: Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.
Santori, Jam’an dan Aan Komarian. 2009. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Cet. I; Bandung: Alvabeta.
Struktur Kurikulum PAUD 2013. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan (STTP).https://www.paud.id/2015/04/mengenal-struktur-kurikulum-paud-2013.html, (21 Mei 2019).
Sudjono, Elisabeth Tri Kurnianti. 2017. “Proses Pembelajaran Gerak dan Lagu yang Kreatif Berdasarkan Kurikulum 2013 di TK Miryam Semarang”, Jurnal Seni Tari, Vol. 6 No. 2, 2017.
Widhianawati, Nana. 2011. “Pengaruh Pembelajaran Gerak dan Lagu dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini (Studi Eksperimen Kuasai pada Anak Kelompok Bermain Mandiri SKB Sumedang)”, Edisi Khusus No. 2, Agustus 2011.
Zulaikha, Siti. 2009. : “Problematika Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak Usia Dini di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Sapen Yogyakarta”. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Copyright (c) 2019 Mafhum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.