UNDERSTANDING MULTICULTURALISM BASED ON QUR’AN PERSPECTIVE: Interpretation of Multicultural Verses and It’s Contextualization In The Present era

  • Setiamin IAIN Tulungagung
  • Muhammad Tamfidzul Azmi Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Multikultural, Intoleransi, Hermeneutika, Al-Qur’an, Al-Jabiri

Abstract

Indonesia saat ini sedang dihadapkan pada permasalahan krusial yang mengancam keutuhan NKRI. Politik identitas kerap menyebabkan aksi radikal dan intoleran yang menyebabkan disharmonisasi dalam kehidupan berbangsa. Fatalnya, generasi muda yang merupakan penerus bangsa tidak terlepas dari aksi tersebut. Hal ini bertentangan dengan tujuan pendidikan secara umum. Sehingga, dibutuhkan upaya preventif yang dapat menanggulangi krisis toleransi tersebut. Al-Qur’an memiliki ajaran dan konsep tersendiri kaitannya dengan konteks kehidupan yang multikutur. Upaya mengkaji pendidikan multikultural dalam Al-Qur’an menjadi penting sebagai upaya revolusi mental anak bangsa menuju harmonisasi dalam kehidupan di Indonesia. Kajian ini menggunakan hermeneutika Abid Al-Jabiri melalui 2 langkah metodologis berupa al-fasl dan al-waslyang ditawarkannya. Dengan metode al-fasl, ayat-ayat multikutural dalam Al-Qur’an akan dianalisis dari sisi struktural dan historisnya. Dan dengan metode al-wasl, pendidikan multikultural dalam Al-Qur’an tersebut akan dibawa kepada konteks Indonesia saat ini untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tulisan ini menghasilkan kesimpulan bahwa secara struktural dan historis, ayat mutikultural mengindikasikan bahwa Al-Qur’an mengakui keragaman supaya manusia saling mengenal dan menerapkan toleransi. Sedangkan dalam konteks saat ini, pendidikan multikultural dapat diimplementasikan dengan beberapa cara untuk mencapai kemajuan bangsa.

References

AL-Qur’an dan Terjemahnya

Abdullah, M. Amin, Pendidikan Agama Era Multikultural-Multireligius, Jakarta: PSAP, 2005.

Adonis, Arkeologi Sejarah-Pemikiran Islam, terj. Khoiron Nahdiyin, cet. ke-1 edisi khusus komunitas, Yogyakarta: LKiS, 2012.

Bagir, Zainal Abidin dkk, Laporan Tahunan Kehidupan beragama di Indonesia Tahun 2012, Yogyakarta: CRCS, 2013.

Echols, John M dan Hasan Shadily, An English-Indonesian Dictionary, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1988.

Fadlullah, Muhammad Husein, Min Wahyi Al-Qur’an, Beirut: Dar Al-Malak, 1997.

Ghozali, Abdul Moqsith, Argumen Pluralisme Agama: Membangun Toleransi Berbasis Al-Qur’an, Depok: Katakita, 2009.

Hanafi, “Multikulturalisme dalam Al-Qur’an, Hadis, dan Piagam Madinah”, Saintifika Islamica: Jurnal Kajian KeIslaman, Vol. 3, No. 2, Juli-Desember 2016.

Hasan, Fuad, Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Haryono,Dwi, Hermeneutika Al-Qur’an Muhammad Abid Al-Jabiri, Yogyakarta: ElSAQ Press, 2010.

Ibn Katsir, Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim, Juz II, Beirut: Dar al-Fikr, 1983.

Al-Jabiri Abid, Nahnu wa al-Turats: Qira’ah Mu’ashirah fi Turatsina al-Falsafi, cet. ke-6, Beirut: al-Markaz al-Tsaqafi al-‘Arabi, 1993.

Juergensmeyer, Marx,Teror Atas Nama Tuhan: Kebangkitan Global Kekerasan Agama, Jakarta: Nizam Press dan Anima Publishing, 2002.

Kamali, Mohammad Hasyim, Membumikan Syari’ah, Terj. Miki Salman, Jakarta: Mizan, 2008).

Maksum, Ali dan Luluk Yunan Ruhendi, Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Post-Modern, Yogyakarta: IRCiSod, 2004.

Mahfud, Choirul, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Misrawi, Zuhairi, Al-Qur’an Kitab Toleransi:Tafsir Tematik Islam Rahmatan Li Al-‘Alamin, Jakarta: Pustaka Oasis, 2010.

Mudlofir, Ali, “Tafsir Tarbawi sebagai Paradigma Qur’ani dalam Reformulasi Pendidikan Islam”, Jurnal Al-Tahrir, Vol. 11, No. 2, November 2011.

Muhammad,Wahyudi Akmaliyah dan Khelmi K. Pribadi, “Anak Muda, Radikalisme, dan Budaya Populer”. Ma’arif Institute, Vol. 8, No. 1 Juli 2013.

Rois, Ahmad, “Pendidikan Islam Multikultural: Telaah Pemikiran Muhammad Amin Abdullah”. Jurnal Episteme, Vol. 8, No. 2 Desember 2013.

Sa’dan, Masthuriyah, “Nilai-Nilai Multikulturalisme dalam Al-Qur’an dan Urgensi Sikap Keberagamaan Multikulturalis untuk Masyarakat Indonesia”,Toleransi: Media Komunikasi UmatBeragama, Vol. 7, No. 1, Januari-Juni 2015.

Suhendra, Ahmad dkk, Agama dan Perdamaian: Dari Potensi Menuju Aksi, Yogyakarta: CR-Peace, 2012.

Syahrur, Muhammad, TiraniIslam: Genealogi Masyarakat dan Negara, Terj. Saifuddin Zuhri Qudsy dan Badrus Syamsul Fata, Yogyakarta: LkIS, 2003.

Al-Tabari, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir, Jamiúl Bayan ‘an Takwili Ayil Quran, Juz II, Kairo: Darul Hijaz, 2001.

, Jamiúl Bayan ‘an Takwili Ayil Quran, Juz VIII, Kairo: Darul Hijaz, 2001.

, Jamiúl Bayan ‘an Takwili Ayil Quran, Juz XXI, Kairo: Darul Hijaz, 2001.

Al-Thabataba’I, Muhammad Husein, Al-Mizan Fi Tafsir Al-Qur’an, Beirut: Muassasah Al-A’la Al-Matbu’at, 1997.

The Wahid Institute, Laporan Sementara Pemantauan KBB DI Indonesia Tahun 2015, The Wahid Institute, 2015.

Al-Wahidi,Abu Al-Hasan Ali Bin Ahmad, Asbab Al-Nuzul wa Biha Masyah Al-Nasikh wa Al-Mansukh, Beirut: ‘Alam Al-Kutub.

Zuhaili, Wahbah, Tafsir Munir, Jilid XIII, Damaskus : Dar al -Fikr, 2009.

http://konfrontasi.com/content/ekbis/pemprov-jateng-17-juta-pemuda-jadi-pengangguran/diaksespada/27 mei 2017/ pukul 16.55

https://satuislam.org/nasional/wahid-foundation-86-persen-aktivis-islam-ingin-berjihad-ke-suriah/diaksespada/25mei2017/pukul11.23.

Published
2019-08-31
Section
Artikel