PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF TAFSIR AL MISBAH KARYA PROF. DR. MUHAMMAD QURAISH SHIHAB MA

  • Wiwin Ainis Rohti Wiwin Ainis Rohti

Abstract

Dalam dunia pendidikan, seorang pendidik memiliki peran penting terhadap perkembangan karakter peserta didik, karena seorang pendidik yang berinteraksi langsung dengan peserta didik. Dalam konteks Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab, pendidik yang sesungguhnya adalah Allah SWT yang mengajar manusia dan membuat manusia itu berilmu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiran Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab tentang sifat pendidik, tugas dan kewajiban pendidik, serta interaksi antara pendidik dan peserta didik.

Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan induktif dan deduktif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis konten. Tahap-tahap penelitiannya terdiri dari tiga tahap yaitu (1) tahap pra-penelitian (2) tahap pekerjaan penelitian (3) tahap analisis data.

Dalam konteks Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab MA, pendidik yang sesungguhnya adalah Allah SWT, yang telah memberikan keistimewaan akal bagi manusia sehingga menghasilkan ilmu. Menurut beliau seorang pendidik juga harus memiki sifat penyayang, jujur dan adil. Seorang pendidik juga harus mengetahui kadar kemampuan peserta didiknya.

Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa seorang pendidik itu harus bisa memahami peserta didiknya dan harus mengetahui kadar kemampuan peserta didiknya. Seorang pendidik harus memiki sifat yang baik agar tercipta suasana belajar mengajar yang menyenangkan.

References

Al Barry dan Pius A.Partanto. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola

Al-Qur’an dan terjemahnya. Menara Kudus.

Aly, Hery Noer. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu,1991

Arikunto, Prof. Dr. Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta,2010

Daradjat, dkk, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara 1996.

Darajat, dkk, Zakiyah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta : Bumi Aksara,1995

Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta,2011

Dra. Zuhairini,dkk. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara,2006.

Fathurrahman dan M Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama, 2010.

Fauzi, Imron. Manajemen Pendidikan ala Rasulullah. Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

J.Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2011

M. Yusuf, Kadar. Tafsir Tarbawi, Pesan-Pesan Al-Qur’an tentang Pendidikan. Jakarta: Amzah,2013.

M.Echols dan Hasan Shadily. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.1976

Muhammad Quraish Shihab_Wikipedia Bahasa Indonesia.

Nata, Abudin. Manajemen Pendidikan, mengatasi kelemahan pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada Media,2003.

Nur Uhbiyati dan Abu Ahmadi. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.1998.

Riduwan. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta,2011

Shihab, M. Quraish. Membumikan Al-Qur’an, fungsi dan peran wahyu dalam kehidupan masyarakat. Bandung: PT Mizan Pustaka, 2003

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Volume 1. Lentera Hati:2000

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Volume 2. Lentera Hati: 2000

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Volume 8. Lentera Hati: 2002

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Volume 13. Lentera Hati: 2002

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.

Published
2017-01-27
Section
Artikel