KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL BERDASARKAN AL-QUR’AN SURAT AL-ANBIYAA’ AYAT 107

  • M. Mukhid Mashuri M. Mukhid Mashuri

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara multikultural terbesar di dunia sehingga Indonesia mempunyai keanekaragaman budaya dan agama, maka untuk menciptakan sikap toleran, damai dalam tatanan masyarakat yang multikultural sangat dibutuhkan konsep pendidikan Islam multikultural berdasarkan dalil-dalil Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dalam bermasyarakat. Berangkat dari situlah peneliti ingin meneliti tentang konsep pendidikan Islam multikultural berdasarkan Al-Qur’an surat Al-Anbiyaa’ ayat 107.

Adapun fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep multikultural berdasarkan Al-Qur’an surat Al-Anbiyaa’ ayat 107?, (2) Bagaimana konsep pendidikan Islam multikultural berdasarkan Al-Qur’an surat Al-Anbiyaa’ ayat 107?.

Metode penelitian ini menggunakan kajian pustaka (Library Research). maka sumber data dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri atas beberapa sumber data primer dan sumber data skunder.

Hasil penelitian dapat dipaparkan bahwa: (1) konsep multikultural berdasarkan Al-Qur’an surat Al-Anbiyaa’ ayat 107 bahwasanya mencakup nilai-nilai kemanusiaan, persamaan hak, keadilan, demokrasi, nilai-nilai budaya dan etos, kebersamaan dalam perbedaan yang sederajat, kebudayaan suku bangsa, keyakinan keagamaan, ungkapan-ungkapan budaya, HAM. (2) adapun konsep pendidikan Islam multikultural berdasarkan Al-Qur’an surat Al-Anbiyaa’ ayat 107 yaitu (a) Penunjang pendidikan Islam multikultural yaitu terdapat pada kurikulum, guru dan strategi pembelajaran, sehingga dapat menciptakan kehidupan yang damai dan toleran. Maka pendidikan Islam multikultural harus diorientasikan pada nilai toleransi, nilai moralitas, nilai perdamaian, nilai humanisme dan nilai kearifan, (b) Konsep pendidikan Islam multikultural yaitu diorientasikan persoalan yang sedang dihadapi oleh bangsa dan umat manusia keseluruhan yang digagas dengan semangat besar untuk memberikan sebuah model pendidikan yang mampu menjawab tantangan masyarakat pasca modernisme.

References

Al-Maraghi, Ahmad Mushthafa. 1974. Terjemahan Tafsir Al-Maraghi. Terjemahan Heru Noer Aly, Anshori Umar Sitanggal & Bahrun Abu Bakar. 1989. Semarang: Tohaputra.

Amirin, Tatang M. 2012. Implementasi Pendekatan Pendidikan Multikultural Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 1 (1): 6.

Arifin, M. 2008. Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

As-Suyuthi, Imam Jalaluddin. 2011. Jami’ as Shoghir, Juz I. Beirut: Daar al Kutub.

Baidi. 2010. Agama dan Multikulturalisme: Pengembangan Kerukunan Masyarakat Melalui Pendekatan Agama. Surakarta: Millah

Dawam, Ainurrofik. 2003. Emoh Sekolah Menolak Komersialisasi Pendidikan dan Kanibalisme Intelektual Menuju Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Inspeal Ahimsakarya.

Departemen Agama Republik Indonesia. 1971. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Surabaya: Al-Hidayah.

Fuad, Ismail. 2009. Konsep Pendidikan Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Syarif Hidayatullah.

Ghofir, Jamal. 2012. Piagam Madinah Nilai Toleransi dalam Dakwah Nabi Muhammad SAW. Yogyakarta: Aura Pustaka.

Hadi, Sutrisno. 1989. Metode Research I. Yogyakarta: Andi Offset.

Luth, Thohir. 2007. Pendidikan Agama Islam di Universitas Brawijaya. Malang: Pusat Pembinaan Agama (PPA) Universitas Brawijaya.

Mahfud, Choirul. 2013. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maksum, Ali. 2011. Pluralisme dan Multikulturalisme Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Malang: Aditya Media Publishing.

Maslikhah. 2007. Quo Vadis Pendidikan Multikultural; Rekonstruksi Sistem Pendidikan berbasis Kebangsaan. Surabaya: JP Books.

Moesa, Ali Maschan. 2007. Nasionalisme Kyai Konstruksi Sosial Berbasis Agama. Yogyakarta: LKIS.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Muzzaki, Akh. & Kholilah. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Surabaya: Kopertais IV Press.

Naim, Ngainun & Syauqi, Ahmad. 2010. Pendidikan Multikultural: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Pidarta, M. 1999. Studi tentang Landasan Kependidikan. Jakarta: Jurnal, Filsafat, Teori dan Prakti Kependidikan.

Purnama, Yulian. Islam Rahmatan Lil ‘Alamin, (Online), (www.muslim.or.id/http://muslim.or.id/al-quran/islam-rahmatan-lil-alamin.html), diakses 5 April 2014.

diterbitkan. Pasuruan: Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan.

Safi’i, Asrop. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: eL-KAF

Shaleh, Abd. Rachman. 2000. Pendidikan Agama dan Keagamaan. Jakarta: Gema Windu Panca Perkasa.

Shihab, M. Qurasy. 2007. Membumikan Al-Qur’an; fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.

Sulalah. 2012. Pendidikan Multikultural Didaktika Nilai-nilai Universalitas Kebangsaan. Malang: UIN-Maliki Press.

Sutjipto. 2005. Konsep Pendidikan Formal dengan Muatan Budaya Multikultural. Jurnal Pendidikan Penabur, (4)/Th.IV: 53.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. 2003. Jakarta: Cemerlang.

Yahya, Muhammad. 2010. Pendidikan Islam Pluralis dan Multikultural. Jurnal Lentera Pendidikan, 13 (2): 175-178.

Zuhairini. 2008. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2017-01-27
Section
Artikel