PERAN PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MAPEL al-QUR’AN HADITS DI MA DARUT TAQWA SENGONAGUNG PASURUAN

  • Nyoko Adi Kuswoyo Nyoko Adi Kuswoyo

Abstract

Pembelajaran mata pelajaran al-Qur’an Hadits yang diajarkan dimadrasah aliyah dapat berjalan maksimal salah satunya dengan cara madrasah memperhatikan sarana dan prasarana anak didik dalam belajar sehingga akan meningkatkan mutu pendidikan dimadrasah tersebut, yaitu dengan cara upaya mengembangkan perpustakaan sekolah. Pengembangan perpustakaan disekolah dilakukan guna untuk memenuhi anak didik selama belajar untuk mencari sumber informasi/ refrensi mata pelajaran yang diperlukan khususnya mata pelajaran al-Qur’an Hadits sehingga anak didik diharapkan mempunyai keilmuan yang luas dan berjiwa religi.

Tujuan penelitian untuk mengetahui untuk mengetahui pengelolaan perpustakaan MA Darut Taqwa,untuk mengetahui sejauh mana peran pengembangan yang sudah dilakukan madrasah aliyah MA Darut Taqwadalam meningkatkan mata pelajaran al-Qur’an Hadits, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan kendalanya.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara dan teknik observasi sehingga data yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan kenyataan yang ada.

Hasil dari penelitian secara garis besarmenjelaskan bahwa pengelolaan perpustakaan MA Darut Taqwa sudah berjalan dengan baik sebab perpustakaan MA Darut Taqwa telah berupaya untuk mengembangkannya sehingga peran keberadaannya dapat dirasakan manfaatnya seperti menjadikan sumber informasi pada mata pelajaran khususnya mata pelajaran al-Qur’an Hadits, dapat menumbuhkan minat baca dan motivasi siswa dengan cara menambahkan koleksi buku terbaru terkait mapel al-Qur’an Hadits.

References

Abdul Majid, S.Ag., M.Pd., 2010. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ali Maksum. 2011. Pluralisme dan Multikulturalisme Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam di Indonesia, Malang: Aditya Media Publishing.

Arif Surachman. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jurnal Perpustakaan.

Darmono, 2013. Manajemen Perpustakaan Sekolah, Malang: Bayu Media Publishing.

Dr Rusman, M.Pd. 2010. Model-Model Pembelajaran dalam mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dr. Ahmad Tafsir. 2004. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dr. H. Mahmud, M.Si. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV. Pustaka Setia.

Dr. Rusman, M.Pd., 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dr. Sutarno NS, 2006. Perpustakaan dan Masyarakat, Jakarta: CV. Sagung Seto.

Dr. Sutarno NS, 2008. Satu Abad Kebangkitan Nasional 1908-2008 dan Kebangkitan Perpustakaan, Jakarta: CV. Sagung Seto.

Dr. Uhar Suharsaputra, M.Pd. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: P.T. Rafika Aditama.

Dr. Zakiah Dradjat, dkk. 2011. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Askara.

Dra. Liliek Channa AW., M.Ag. dan H. Syaiful Hidayat, Lc., M.HI. 2010. Ulum Al-Qur’an dan pembelajarannya, Surabaya: Kopertais IV Press.

Dra. Ny Noerhayati Soedibyo. 1987. Pengelolaan Perpustakaan, Bandung: PT. Alumni.

Dra. Zurni Zaharia, 2003. Pengantar Perpustakaan Sekolah. Jurnal Perpustakaan.

Drs. Darmono, 2007. Pengembangan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Perpustakaan Sekolah.

Drs. Muljani A. Nurhadi, M. Ed., 1983. Sejarah Perpustakaan dan Perkembangannya di Indonesia, Yogyakarta: Andi Offset.

Drs. Purwono, M.Si. 2013. Profesi Pustakawan Menghadapi Tantangan Perubahan, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Drs. Qowaid, MA., dkk. 2007. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (SMP), Jakarta: PT. Pena Citasatria.

Laksmi Dewi dan Asep Dudi Suhardini, 2014. Peran Perpustakaan dan Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah/Madrasah. Jurnal Perpustakaan.

Lexy J. Moleog. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

M. Djunaidi Ghorry dan Fauzan Almanshur. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Moh. Haitami Salim dan Syamsul Kurniawan. 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Pawit M. Yususf, Yaya Suhendar, 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Kencana Group.

Prof. Dr. H. Abuddin Nata, M.A. 2009. Prepektif islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Group.

Prof. Dr. H. Muhaimin, MA. 2009. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M.Pd. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Group.

Prof. Dr. Mastuhu, M.Ed. 1999. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Ciputat: Logos Wacana Ilmu.

Prof. Dr. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sanapiah Faisal. 1989. Penelitian Sederhana, Malang: Yayasan Asih Assah Asuh.

Published
2017-01-27
Section
Artikel